Ketep Pass, Tempat Wisata Di Magelang Ini Tawarkan Keindahan Merapi-Merbabu Dari Atas Bukit

Pegunungan merupakan salah satu tempat yang banyak diburu ketika libur menjelang. Pemandangan yang indah beserta suasana yang tenang, sejuk dan damai dapat menentramkan hati siapa saja yang menikmatinya.

Apalagi setelah sekian lamanya berkutat dengan deadline kerjaaan ataupun tugas-tugas sekolah yang memicu stress. Hawa pegunungan yang segar dan pemandangan hijau yang membentang di pegunungan tentu dengan mudah membuat Anda merasa rileks dan stress pun akan berangsur-angsur hilang.

Namun mencari pemandangan gunung yang indah dan benar-benar sesuai dengan keinginan bukan perkara mudah bukan? Nah, bagi Anda yang berada di Jawa Tengah ada satu alternatif pilihan tempat wisata yang menawarkan pemandangan pegunungan yang indah yang patut dicoba lho.

Ya, Ketep Pass namanya. Bagi Anda yang bermukim di Magelang, tempat wisata yang satu mungkin sudah tidak asing lagi. Tak hanya pemandangan indah, tempat  wisata ini juga menawarkan aneka kuliner yang menggoda selera serta beragam fasilitas unik untuk pengunjung.

Sebagai bahan referensi, berikut sedikit ulasan tentang tempat wisata Ketep Pass di Magelang Jawa Tengah.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Ketep Pass, tempat wisata Ketep Pass ini tepatnya berada di Puncak bukit Sawangan di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, yang berdekatan dengan dua gunung besar yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Lokasi  tempat wisata Ketep Pass ini berada di tepi jalur Solo-Selo-Borobudur. Jika ditempuh dari Solo maka Anda harus melewati jalur arah Kota Boyolali kemudian kearah Magelang melalui Selo. Sebelum mencapai Magelang, Anda akan menemukan papan petunjuk jalan ke arah  tempat wisata Ketep Pass ini.

Tak hanya melihat pemandangan gunung yang indah, Anda bisa juga berkunjung ke wisata petik strawberry yang terdapat di seputaran  tempat wisata Ketep Pass.  Keberadaan wisata petik stroberry yang tak jauh dari  tempat wisata Ketep Pass ini semakin melengkapi suasana pedesaan di kawasan ini.

 

Baca Juga : Travel Wisata Dieng – Spot-spot Menarik di Dieng

 

Berkunjung ke  tempat wisata Ketep Pass bakal menjadi agenda wisata yang seru pasalnya Anda dapat menikmati beragam fasilitas yang ditawarkan.

Fasilitas pertama yang bisa dinikmati adalah Meseum Vulkanologi. Anda bisa menemukan miniatur Gunung Merapi serta contoh batuan hasil letusan Gunung Merapi yang terdahulu di bangunan seluas 550 meter persegi ini.

Untuk memasuki area museum, Anda tak perlu lagi membayar tiket karena fasilitas ini sudah termasuk dalam tarif masuk area Ketep Pass sebesar 7000 rupiah per orang ditambah dengan biaya asuransi sebesar 500 rupiah per orang unutk wisatawan domestik.

Anda bisa mengetahui seluk beluk Gunung Merapi lebih detail dengan mengunjungi bioskop mini Ketep Volcano Theater.

Fasilitas ini tergolong unik sebab sesuai namanya bioskop ini hanya berukuran mini meski fungsinya tak beda jauh dengan bioskop pada umumnya.  

Bioskop ini hanya berkapasitas 78 kursi. Di sini, Anda bisa menyaksikan film tentang meletusnya Gunung Merapi, jalur pendakian gunung Merapi, penelitian Gunung Merapi dan lain  sebagainya. Harga tiket masuk Ketep Volcano Theatre sebesar  7.000 rupiah per kepala.

Tak hanya melihat film atau miniaturnya saja, Anda juga bisa menyaksikan puncak Gunung Merapi secara langsung dengan bantuan teropong yang disediakan di  tempat wisata Ketep Pass ini.

Jika cuaca cerah, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang indah dari kedua lensa teropong yang Anda gunakan. Anda cukup merogoh kocek 3000 rupiah saja untuk bisa merasakan pengalaman yang seru ini.

Selain fasilitas berbayar diatas, Anda juga bisa menikmati beberapa faslitas di  tempat wisata Ketep Pass secara gratis namun tak kalah menarik. Sebut saja, Pelataran Pancaarga. Sesuai dengan namanya, di pelataran ini Anda bisa menikmati keindahan pemandangan lima gunung sekaligus, yaitu gunung Merapi, Slamet, Sindoro, Sumbing dan Merbabu.

Ada juga gardu pandang. Bangunan ini berbentuk gasebo yang dapat digunakan untuk melihat keindahan Gunung Merapi dan Merbabu serta hamparan lahan pertanian yang hijau subur.

Tak hanya itu, tempat wisata Ketep Pass juga menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap seperti toilet, mushola, tempat parkir serta warung-warung yang menyajika makanan dan jajanan khas Magelang. 

Ternyata, Magelang tak hanya punya Candi Borobudur sebagai tujuan utama wisata. Tempat wisata Ketep Pass juga bisa Anda jadikan pilihan liburan karena  tempat wisata Ketep Pass ini amat sangat terkenal dengan pemandangan keindahan Merapi-Merbabu dari atas bukit.

Fasilitas yang ditawarkan pun cukup seru untuk dicoba. Selamat menikmati liburan di  tempat wisata Ketep Pass! (Jari Adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *