Weekend yuk! Mengagumi Kesejukan Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang

Taman Wisata Alam Punti Kayu merupakan tempat wisata yang seru untuk mengisi akhir pekan Pengunjung dapat berkeliling di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang.

Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan rasa berkeliling dunia dengan replika Landmark dari berbagai negara sehingga meluncur seru di wahana flying fox.

Jika ingin menghabiskan akhir pekan di tempat yang sejuk Taman Wisata Alam Punti Kayu merupakan pilihan yang tepat karena tidak perlu berkendara jauh keluar kota Palembang.

Taman Wisata Alam Punti Kayu ini berada di tengah-tengah kota Palembang, tepatnya di Jl. Kol. H. Burlian sekitar 7 km dari pusat Kota Palembang.

Taman Wisata Alam Punti Kayu ini dikembangkan sejak pemerintahan kolonial Belanda tahun 1937. Sebelum bernama Punti Kayu tempat ini pernah memiliki nama Taman Sari dan Taman Sailendra.

Hutan Wisata Punti Kayu memiliki luas 39,9 hektar sejak diresmikan pada 1985, Punti Kayu berfungsi sebagai hutan wisata dan sebagai paru-paru kota Palembang.

Dan setelah tahun 2002 fungsinya meluas sebagai hutan konservasi tanpa meninggalkan fungsi aslinya sebagai hutan wisata.

Sebagai Hutan Konservasi, Taman Wisata Alam Punti Kayu ini cocok sebagai wahana pendidikan dan penelitian sekaligus menunjang aktifitas budaya.

Apalagi udara di sini sangat sejuk sehingga menjadi tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai bersama keluarga.

Pengunjung akan merasakan nikmatnya berwisata alam dengan berbagai macam pertunjukan unik yang disajikan di Taman Wisata Kunti Kayu ini.

1.    Menunggani Kuda dan Gajah

Khusus pada hari Minggu para pengunjung diberikan kesempatan untuk menunggani kuda dan gajah sambil berkeliling bebearapa spot di Taman Wisata Alam Punti Kayu.

Untuk menunggangi kuda atau gajah setidaknya pengunjung harus membayar Rp 25.000,00. Per orang. Kesempatan sekali naik gajah adalah untuk 3 orang dan untuk kuda adalah 2 orang.

2.    Wahana Bermain

Di bagian ini para pengunjung dapat melakukan banyak permainan, karena penyelenggara telah menyiapkan wahana seperti komidi putar, ayunan, dan bianglala.

Tidak hanya itu, bagi anak-anak telah disediakan wahana air “Kid Water Park”. Sebuah waterboom yang yang dilengkapi dengan sebuah seluncur air putar.

Pada seluncur air tersebut anak-anak akan diajak menikmati sensasi berputar dalam pipa seluncur yang akan mendarat di permukaan kolam dengan kedalam 1,5 meter.

Anak-anak akan mendapatkan pengalaman dengan permainan outbond yang menantang keberanian dan mental di tempat ketinggian.

3.    Mini Zoo

Kebun Binatang Mini atau Mini Zoo menampilkan beberapa hewan langka seperti siamang, elang, buaya, kuda, dan lain sebagainya.

Di sini para pengunjung juga dapat menyaksikan lebih dekat kelincahan kera ekor panjang. Selain itu untuk menambah wawasan mengenai satwa, di Taman Wisata Alam Punti Kayu ini dibangun Museum Fauna.

4.    Bersantai di Bawah Pohon Pinus

Hamparan pohon pinus membuat angin berhembus sepoi-sepoi sehingga udara terasa sejuk. Pengunjung dapat bersantai bersama keluarga dengan menggelar tikar di bawah hamparan pohon pinus tersebut.

Tidak perlu khawati akan udara panas, karena ratusan pohon pinus dengan dedaunan yang hijau akan menutupi hawa panas di tempat ini.

5.    Berselfie di Spot-Spot Yang Menarik

Berjalan di atas jembatan gantung akan memberikan sensasi yang berbeda. Pasalnya jembatan ini berada di atas danau yang digunakan untuk bermain sepeda air dan perahu bebek.

Para pengunjung dapat berselfie ria di atas jembatan ini. Selain itu berselfi dengan latar belakang replika markland juga tidak kalah instagramable.

Penyelenggara telah menyediakan tema-tema seperti replika Patung Liberty, Sidney Oper House, Piramida, Kincir Angin Belanda dan Menara Eiffel.

Selain itu terdapat miniatur Bigben Londn, Red Telephone Box, Candi Borobudur, dan Pantai Punka. Spot-spot ini menjadi favorit para pengunjung untuk berswafoto bersama keluarga.

baca juga:

5 Destinasi Wisata Alam Thailand Untuk Travelling Rame-rame Bareng Teman Kuliah

 

6.    Fasilitas Umum

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Alam Punti Kayu telah didesain sedemikian rupa sehingga dapat mendukung kenyamanan para penungunjung.

Para penyelenggara telah membuat banyak kursi kayu di berbagai titik taman ini agar para pengunjung mudah untuk melakukan relaksasi.

Toilet, musola, dan area parkir telah tersedia di taman ini. Pengunjung tidak perlu merasa khawatir bila lapar atau karena tidak membawa bekal makanan.

Berbagai macam warung dan resto sudah ada di sini dengan menyuguhkan makanan khas tersendiri.

7.    Jam Buka dan Tiket Masuk

Taman Wisata Alam Punti Kayu ini memiliki jam operasional dari pukul 09.00 sampai Pukul 16.00, namun bagi para pengunjung yang ingin melakukan camping dapat menghubungi petugas penyelenggara di taman ini.

Pada hari biasa, tiket masuk adalah Rp 10.000,00 per orang dewasa dan Rp 5.000,00 untuk anak-anak. Namun harga berubah pada hari Minggu dan hari Libur.

Yaitu Rp 12.500,00 per orang dewasa dan Rp 5.000,00 untuk anak-anak (di bawah 6 tahun).

Bagi para pengunjung yang membawa kendara pribadi dikenakan biaya parkir Rp 12.000,00 per mobil dan Rp 6.000,00 per motor.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.