Keripik Keladi dan Sarang Semut, 8 Oleh oleh khas Papua yang Bisa Dibeli

Hal apa yang tercetak di benak Anda saat mendengar kata Papua? Tentu saja alamnya yang menawan. Papua memang terkenal dengan alamnya yang sangat eksotis hingga terdengar ke mancanegara.

Provinsi terluas di Indonesia ini dianugerahi alam yang sangat indah, entah itu lautnya hingga dataran tingginya.

Tak hanya itu, Papua memiliki banyak sekali tradisi yang tetap diestarikan dari zaman nenek moyang. Budayanya yang menarik inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Kulinernya juga tak kalah uniknya. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan jika Anda berkunjung tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya.

Inilah beberapa oleh-oleh yang harus Anda coba dan bawa pulang saat berkunjung ke Papua. Mulai dari makanan, bahkan kerajinan tangan. Check this out!

1.    Keripik Keladi

Keripik memang menjadi jajanan yang sudah sangat menjamur di pasaran. Namun, keripik yang satu ini lebih khas dari yang lainnya. Sesuai Namanya, keripik ini berbahan dasar talas atau biasa disebut dengan keladi.

Keripik ini memiliki tekstur yang renyah serta bercita rasa bumbu rempah yang nikmat. Keripik ini bisa Anda temukan di kota-kota besar di Papua seperti Sorong atau Jayapura. Jangan lupa bawa pulang dan bagikan ke sanak saudara saat kembali ke kota asal Anda.

2.    Abon Gulung

Oleh-oleh yang satu ini wajib untuk Anda coba. Abon gulung termasuk salah satu oleh-oleh khas Papua yang banyak dicari oleh wisatawan. Dari bentuknya, abon gulung terlihat seperti roti gulung namun berisi abon.

Rasanya gurih dengan aroma yang khas. Tekstur empuknya membuat banyak orang jatuh cinta dengan makanan ini. Abon gulung disukai banyak orang karena tahan lama dan rasanya yang lezat.

3.    Sarang Semut

Yang satu ini tentu tidak seperti apa yang Anda pikirkan, kok. Sarang semut merupakan tanaman obat yang banyak ditemukan di Wamena.

Tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan dipercaya ampuh mengobati banyak penyakit seperti diabetes, kista, hingga kanker. Penelitian membuktikan bahwa sarang semut kaya akan kandungan flavonoid, polifenol, serta tanin.

4.    Sagu Lempeng

Papua terkenal sebagai kawasan penghasil sagu. Sagu tak hanya diolah menjadi makanan pokok, melainkan juga diolah menjadi berbagai macam makanan yang sangat khas. Salah satunya adalah sagu lempeng.

Sagu lempeng meggunakan tepung sagu yang melalui proses pembakaran agar menjadi padat. Sagu biasanya dicampur dengan gula merah dan kelapa parut sehingga rasanya gurih dan manis. Makanan ini cocok sebagai teman ngopi atau ngeteh.

5.    Kue Bagea

Tak hanya sagu lempeng, makanan yang satu ini juga terbuat dari sagu. Kue ini memiliki tekstur yang keras karena berasal dari perpaduan tepung sagu juga kenari. Kue bagea dikemas dalam daun kering dan cocok menjadi teman minum teh serta kopi.

baca juga:

Indahnya Menghipnotis! 8 Tempat Wisata di Kabupaten Bombana yang Mempesona

 

6.    Noken

Berbeda dari yang sebelumnya, oleh-oleh yang satu ini merupakan tas rajut buatan Papua. Tas ini dirajut dengan benang dan kerap digunakan oleh masyarakat Papua sebagai wadah kala membawa umbi-umbian.

Bahkan, UNESCO telah mengakui tas ini sebagai oleh-oleh khas Papua dan menetapkannya menjadi warisan dunia.

7.    Tifa

Pernah mendengar alat musik yang satu ini? Tifa bentuknya menyerupai kendang. Dibagian bawahnya terbuat dari kayu, sedangkan atasnya terbuat dari kulit.

Tifa memiliki beragam ukuran. Biasanya, setiap suku di Papua memiliki tifa dengan ciri khasnya masing-masing.

8.    Batik Papua

Setiap daerah di Indonesia tentu saja memiliki batik khasnya sendiri, termasuk Papua. Motif batik Papua sangat khas dengan keragaman hewani sekitar serta budaya.

Ada banyak motif batik yang bisa Anda jumpai mulai dari motif khas Suku Asmat, motif patung khas Papua, serta motif burung Cenderawasih. Soal warna, batik Papua biasanya didominasi dengan warna merah tanah atau terakota.

Itulah beberapa oleh-oleh yang harus Anda bawa pulang setelah berkunjung ke Papua. Berikan pula untuk sanak saudara yang berada di rumah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.