Surga Snorkeling Paling Kekinian, Yuk ke Pulau Abang Batam

Nama Pulau Abang mungkin masih belum begitu familiar alias di bawah deteksi radar wisata para turis di Indonesia.

Padahal, sebagai salah satu obyek wisata yang menakjubkan di kota Batam dan sekitarnya, Pulau Abang sudah moncer hingga ke negeri jiran seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Maklum saja, lokasinya memang agak terpencil dan lebih lebih “dekat” dari Singapura. Lokasi Pulau Abang sendiri masuk ke wilayah kecamatan Galang, kota Batam. Pulau yang berairan tenang dan jernih ini memancarkan warna kebiruan seperti gradasi lukisan alam yang memukau.

Bahkan, keindahannya menjadikan potensi ekonomi masyarakat lokal meningkat. Dengan sekitar populasi penduduk setempat mencapai hanya 1.500 jiwa, mereka mengandalkan wisata alam Pulau Abang sebagai mata pencaharian. Sebagian besar merupakan agen travel dan wisata untuk kegiatan snorkeling atau menyewakan peralatan menyelam dan perahu.

Rute menuju lokasi

amazingindonesia.info

Perjalanan menuju Pulau Abang bisa dimulai dari berangkat melalui kota Batam. Perjalanan menempuh waktu sekitar 2 jam dengan perahu. Sekadar info, pulau Batam dihubungkan oleh sebuah jembatan Barelang (Batam Rempang Galang) untuk menuju kecamatan Galang.

Usai melewati jembatan 6 ada beberapa dermaga kecil dan kapal – kapal yang mengangkut wisatawan menuju ke Pulau Abang. Di sana juga tersedia home stay atau penginapan – penginapan sederhana yang juga merupakan tempat tinggal bagi warga masyarakat lokal.

Paket wisata dibanderol harga sekitar Rp 350 ribu per orang. Sudah meliputi harga untuk makan siang, camilan, sewa peralatan snorkeling, dan transportasi pulang pergi Pulau Batam.

Menempuh 30 – 45 menit

blogspot.com

 

Dari jembatan 6 menuju lokasi spot snorkeling membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Tergantung pada kondisi cuaca. Bila keadaan cuaca bagus ombak pun cukup tenang. Sementara itu, jika sedang berangin, jantungmu bakal serasa copot karena terombang – ambing ombak besar di tengah laut. Tidak perlu cemas, penumpang selalu dibekali dengan pelampung dan kapal baru berani melaut jika memang kondisi cuaca bagus.

Cocok buat pemula snorkel

 

blogspot.com

 

Bagi yang masih pemula dalam snorkeling tak perlu malu atau ragu – ragu menceburkan diri. Kamu sudah dibekali jaket pelampung sehingga akan tetap mengapung selama di dalam air. Para pemandu juga senang hati akan menemani selama menyaksikan keindahan terumbu karang di perairan yang tenang.

Bawa flashdisk

 

Sebelum berangkat, sebaiknya bawa juga flashdisk untuk menyalin foto – foto yang mungkin diambil oleh pemandu atau agen tour and travel sebagai kenang- kenangan dan souvenir dari tempat liburan.

 

Hati – hati saat berenang

beritafsatu.files.wordpress

Wisatawan yang melakukan snorkeling di Pulau Abang dihimbau untuk tetap berhati – hati saat menyelam karena tanpa sengaja mungkin kaki bisa saja menginjak – injak terumbu karang yang sangat dijaga kelestariannya. Sekali rusak, terumbu karang membutuhkan waktu hingga puluhan tahun bisa tumbuh lagi.

Baca juga:

Spot Selfie dan Wisata Kekinian di Magelang, Relaksasi Hutan Pinus

 

Ikan – ikan hias beraneka jenis

Selain terumbu karang yang menakjubkan, kamu juga akan menjumpai aneka ikan – ikan kecil yang berwarna – warni. Jangan lupa abadikan diri bersama kumpulan ikan – ikan indah ini. Yang patut diwaspadai adalah bulu babi. Yaitu sejenis landak laut berwarna hitam yang permukaan tubuhnya terdapat duri – duri tajam dan beracun. Jika kulit terkena duri ini akan terjadi reaksi alergi kulit hingga demam.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum menyelam para pengunjung direkomendasikan memakai busana menyelam yang tertutup dan aman dari sengatan ubur- ubur ataupun bulu babi.

Tips memilih Agen tour and travel

Di sekitar Pulau Abang, kamu akan menjumpai deretan kantor – kantor agen tour and travel yang siap mengakomodir kebutuhan wisatamu. Mereka menyediakan beraneka paket wisata snorkeling, keliling kota dan atraksi wisata serta akomodasi dan transportasi.

Jari Adventure , agen travel dan wisata berpengalaman selama puluhan tahun menawarkan beragam jenis paket wisata petualangan ke seluruh destinasi di Indonesia.

Snorkeling di Pulau Abang, hingga akomodasi dan antar jemput dari Bandara Hang Nadim, Batam merupakan salah satu keunggulan yang bisa kamu dapatkan. Semua harga yang ditawarkan juga kompetitif dan bisa disesuaikan dengan budget liburanmu. Asyik, kan!

Yuk, tunggu apalagi. Hubungi nomor kontak Jari Adventure di website ini untuk mempersiapkan liburanmu ke Pulau Abang…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *