Kelezatan Nempel di Lidah! 4 Kuliner Enak di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat Liburan

Liburan ke kepri atau kepulauan Riau, jangan sampai lupa menikmati aneka sajian kuliner khas Melayu yang menggugah selera.

Paling mudah dijumpai di kepulauan Riau adalah olahan Mie. Bahkan, Mie yang terkenal berasal dari Aceh dengan cita rasa pedas menggoda.

Akan tetapi, di kepulauan Riau sendiri, ada begitu banyak jenis variasi mie yang tak kalah nikmat dan sedap. Cocok untuk segala kalangan umur. Mulai dari anak – anak sampai orang dewasa. Yuk, kita coba kupas satu per satu kuliner mie khas kepulauan Riau:

Makanan Mie Lendir

loveindonesia.com

 

Tunggu dulu, dengar namanya mungkin pikiran akan melayang ke hal – hal yang tidak – tidak. Tapi, mie lendir ini malah sebaliknya. Kelezatannya begitu menempel di lidah. Terbuat dari olahan mie tepung yang disajikan dengan kuah dari kacang. Bisa dipastikan rasanya segar dan gurih.

Selain itu, ada telur rebus, cabe rawit cincang dan tambahan kecap yang bisa disesuaikan pembeli sendiri. Kamu tak akan bisa menjumpai mie lendir di tempat mana pun, selain kepulauan Riau.

Baca juga:

4 Hutan Pinus di Jawa Timur Untuk Hasilkan Foto Liburan Kece

 

Mie Tarempa

kompasiana.com

 

Sesuai namanya, mie tarempa merupakan olahan mie yang berasal dari Pulau Tarempa. Yaitu sebuah pulau yang berada di kepulauan Riau. Mie tarempa juga menjadi ikon kuliner di kepulauan Riau yang wajib dicoba. Cita rasanya berkuah pedas yang membuat segar dan mata melek setelah bersantap.

Dalam prosesnya, mie diolah dengan tepung dan telur. Berbagai pedagang mie tarempa sangat mudah dijumpai di sepanjang tepi jalan atau pusat kota. Karena menjadi kuliner kebanggaan warga Kepulauan Riau.

Citarasanya juga tak jauh berbeda dengan mie tarempa asli dari Pulau Tarempa. Jika mampi ke kota Batam, ada satu kios mie tarempa yang cukup populer. Yaitu di cabang Citywalk Nagoya, Sei panas dan cabang simpang dekat Sincom Batam Center.

Bila kamu datang ke cabang yang ada di Sincom Batam Center. Maka, kamu bakal menjumpai sang pedagang sekaligus pembuat mie tarempa yang berasal asli kelahiran Pulau Tarempa. Sehingga cita rasanya akan lebih nendang di lidah!

Jenis penyajian mie tarempa biasanya akan terbagi 3 yaitu mie kering, mie lembap dan mie basah. Dua – duanya sama – sama enak. Tekstur mie tarempa lembut dan kenyal serta pipih.

Menurut para pedagang mie tarempa, soal isian mie tarempa sebenarnya sama. Tetapi, dari segi pengolahan memang ada perbedaan.

Misalnya, jika ada yang ingin mie tarempa dengan isian siput atau mie tarempa isi daging sapi. Maka cara mengolah mie pun berbeda untuk menjaga cita rasa seafood atau daging tetap enak.

  • Harga mie tarempa

Soal harga, satu porsi mie tarempo dibanderol harga sekitar Rp 13 ribu. Sementara untuk mie tarempa daging sapi atau mie tarempa isi siput harganya sekitar Rp 17 ribuan.

Melengkapi sajian mie tarempa, masyarakat bisa memesan secangkir teh obeng atau teh tarik. Minuman tersebut  sudah lumrah di jual di kedai atau warung tepi jalan yang ada di Batam dan Kepulauan Riau.

Teh obeng sendiri merupakan minuman yang diprakarsai masyarakat etnis Cina. Yang sudah berkembang di Kepulauan Riau. Mereka dahulu menyebutnya dengan teh openg atau es teh manis. Rata – rata dibanderol Rp 4 ribu.

Selain teh openg atau teh obeng, ada juga teh tarik yang sudah moncer di kalangan warga Melayu. Yaitu minuman yang digagas oleh masyarakat dari India dan Gujarat. Minuman ini terbuat dari campuran susu dan teh yang penyajiannya sebelumnya akan ditarik – ulur dengan cara menuangkan teh susu ini dari satu gelas ke gelas yang lain agar bisa larut hingga berbuih  dan tercampur rata. Harganya sekitar Rp 6 ribuan.

Satu lagi menu penutup yaitu kue luti gendang. Roti ini terbuat dari tepung yang diberi isian berupa abon. Perpaduan rasa roti yang tidak terlalu manis, gurih abon dan sedap sangat pas dijadikan peneman saat minum teh tarik atau teh openg.

Di berbagai daerah sekitar Anambas dan Kepulauan Riau, ada berbagai jenis mie tarempa yang bisa dipilih sesuai kreasi dan inovasi masing – masing pedagang.

Lakse dengan kuah

blogspot.com

 

Jika ingin makan yang hangat – hangat dan berkuah, coba juga menu Lakse dengan kuah sedap dan gurih. Tambahkan sedikit sambal untuk menambah selera makan.

Mi Pangsit

sjafood.co.id

 

Kalau di Jawa ada mie ayam, maka di sekitar Kepulauan Riau  wajib coba mie pangsit khas Kepulauan Riau. Dahulunya dipopulerkan oleh etnis China perantauan yang berlabuh di sekitar Kepulauan Riau. Kemudian semakin lama berkembang hingga ke seluruh pelosok tanah air.

Nah, kamu jadi punya deretan kuliner baru yang wajib dicoba saat liburan ke Kepulauan Riau. Met liburan di Riau bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *