Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda di tanjung pinang

Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda  – Tempat ini biasa dikenal dengan nama “Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Putussibau” dan masyarakat di sekitaran tempat ini menyebutnya juga dengan istilah “Paroki HSPMTB Putussibau” .Untuk informasi saja  Paroki Gereja Katolik Roma di Keuskupan Sintangini merupakan pemekaran dari Paroki Keluarga Kudus Bika Nazareth

Sedangkan pusat Paroki Putussibau sendiri terletak di Kota Putussibau. Wilayah Gereja ini  mencakup Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan. Hmm, Luas juga ya ternyata.

Awal pembangunan Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda

Singkat cerita  Paroki HSPMTB sendiri didirikan pada tahun 1940 oleh para misionaris Serikat Maria Montfortan (SMM) dan juga merupakan paroki pertama yang dibangun oleh misionaris ordo SMM.

Gereja Katolik Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) – Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar. Gereja pusat paroki sudah berdiri sejak tahun 1940 di tengah Kota Putussibau di atas lahan seluas yang kurang lebih seluas 3 hektar. Tapi, sebab sudah tidak layak untuk di pakai secara fisik, sejak tahun 2009 dimulailah pembangunan gereja baru yaitu semacam pemugaran yang tidak merubah estetika bentuk asli gereja ini sendiri.

 Gedung gereja yang  baru, Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB), lantas telah selesai di renovasi dan diresmikan pada tanggal 10 Mei 2013 oleh Gubernur, Kalimantan Barat yang bernama Drs. Cornelis, MH dan Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, SH. Uskup Sintang Mgr. Agustinus Agus (sebelum diangkat menjadi Uskup Agung Pontianak). Beliau memberkati gereja pada hari yang sama, dan kemudian memimpin misa perdana konselebrasi pada keesokan harinya. Kurang lebih seperti itulah data yang terkumpul dari wikipedia.

Lokasi Paroki Tanjung pinang

Paroki Tanjungpinang terletak di Ibu kota Kepulauan Riau , yaitu Tanjungpinang tepatnya di jalan Diponegoro No.12 Tanjungpinang ,29101 Telp: (0771) 21386. Berada diantara 0,861922°LU 112,925033°BT
(0°51’42.92″N 112°55’30.12″E). Gedung Gereja Kristus Raja Tanjung Pinangini sangat dekat sekalidengan komplek sekolah dan asrama SMP Katolik dan SMA Santa Maria Tanjung PinangPulau Bintan -Kepulauan Riau. Paroki sendiri ini berdiri sejak 12 Februari Tahun 1939 ,yang pada saat itu adalah satu-satunya Paroki yang ada di Kepulauan Riau . Sebelum di resmikan menjadi Paroki , gereja itu adalah sebuah tempat stasi yang di babtis pada tanggal 15 September 1928 di Pangkalpinang.Gereja ini memiliki nama pelindung yaitu ” HATI SP.Maria Yang Tak Bernoda ” atau yang sering di sebut dengan Paroki HSMTB Tanjungpinang .

Baca juga: Pantai Tanjung Setia Lampung Barat, Surga Bagi Para Peselancar

 

Gedung utama

Paroki HSMTB ini memiliki 2 gereja yang selalu di pakai untuk kegiatan perayaan Ekaristis di Tanjungpinang . Gereja ini adalah Gereja Kristus Raja yang terletak di KM 5 Tanjungpinang dan Gereja lama yang terletak di Jl. Diponegoro No.12, Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau seperti yang telah terpaparkan di awal tadi. Dan berikut adalah jadwal Misa untuk gereja ini.

Jadwal Misa :

Gereja Kristus Raja Batu Kucing

Selasa s/d Kamis,Sabtu      : 05.30 Pagi

Sabtu                                    : 18.00

Minggu                                 : 08.00

 

Gereja Lama (Diponegoro)

Senin & Jum’at                     : 18.00

Jum’at I + Adorasi                :18.00

 

Misa Minggu Palma

Pagi 8.00

Misa Kamis Putih

Sore / Malam 19.00

Misa Jumat Agung

Sore / Malam 15.00

Misa Sabtu Suci

Sore / Malam 19.00

Misa Minggu Paskah

Pagi 8.00

Misa Minggu Palma (Sabtu Sore)

Sore / Malam 18.00

Nama – nama pastor

Untuk pelayanan Misa diberbagai stasi di wilayah Paroki HSMTB ini seperti Kabupaten Bintan ,Kepulauan Natuna , & Kepualauan Anambas akan tersusun dari Dewan Pastoran Paroki ini , dengan kata lain belum ada jadwal tetap  . Hal ini dikarenakan ketersediaan Imam di paroki ini hanya lah 3 orang siapa sajakah beliau-beliau ini , diantaranya adalah sebagai berikut :

Vincentius Pionner ( Pastor Paroki )

Alexius Jua

Gunzales . 

Gereja Paroki Telah DIPINDAH Ke Gereja Kristus Raja, Batu Kucing. Gereja Ini Hanya Dipakai Untuk Misa Harian Dan Jumat Pertama Saja. Namun pastoran masih ada disini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.