Kepulauan Kei, Surga Wisata Cantik dari Maluku

Kepulauan Kei — Pernah mendengar tentang Kepulauan Kei? Namanya mungkin masih asing bagi Anda padahal salah satu gugus kepulauan yang berada di Indonesia Timur ini menyimpan pesona alam yang sangat indah. Memang, keindahan Kepulauan Kei masih belum terekspos seperti Raja Ampat sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Tetapi begitu tiba di kepulauan yang tepat berada di ujung timur gugus kepulauan Maluku dan di selatan jazirah kepala burung daratan Papua ini Anda akan terpesona dengan suguhan pemandangan alam dan budaya yang istimewa sehingga akan merasa betah berlama-lama di sana. Informasi lebih lengkap tentang Kepulauan Kei Maluku ini bisa Anda temukan dalam artikel berikut ini!

Kepulauan Evav/Kei

Kepulaun Kei dikenal oleh penduduk setempat dengan sebutan Nuhu Evav (Kepulauan Evav) atau Tanat Evav (Negeri Evav), namun lebih dikenal sebagai Kei atau Kai oleh penduduk dari pulau-pulau tetangga. Nama Kai sendiri sebenarnya adalah sebutan pemerintah Hindia Belanda terhadap kepulauan ini. Terdapat beberapa pulau di Kepulauan Kei ini, baik pulau besar maupun kecil ataupun pulau yang berpenghuni hingga yang tak berpenghuni.

Akses lokasi Kepulauan Kei

Kepulauan Kei masuk dalam wilayah kabupaten Maluku Tenggara dengan pusat perkotaan berada di Kota Langgur. Untuk mencapai kepulauan ini, pertama pilihlah penerbangan menuju Bandara Pattimura di Kota Ambon. Dari Ambon, penerbangan dapat dilanjutkan menuju Bandara Karel Sadsuitubun (dulu dikenal dengan nama Dumatubun) di Kota Langgur Pulau Kei Kecil. Selanjutnya, Anda dapat naik angkutan kota atau menyewa kendaraan baik mobil maupun motor untuk berkeliling pulau.

Akomodasi ke Kepulauan Kei

Namun, sebelum Anda mulai berpetualang sebaiknya Anda mencari tempat menginap terlebih dahulu. Terdapat beberapa hotel di Kota Tual dan juga Kota Langgur yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang ada. Namun, bila ingin menginap di area yang jauh dari pusat kota, Anda dapat memilih cottage atau guest house yang berada di tepi pantai, yang berada di daerah Ngurbloat di tepi pantai barat Pulau Kei Kecil.  Jika tidak mau repot mencari hotel atau penginapan, Anda bisa memanfaatkan jasa agen travel wisata yang akan menyediakan segala kebutuhan perjalanan wisata Anda ke Kepulauan Kei. Termasuk, penginapan, transportasi hingga tur wisata.

Baca Juga:
Nikmatnya Kuliner Tradisional Khas Maluku Utara Ini

Kepulauan Kei mempunyai banyak sekali obyek wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam dan pantai yang menakjubkan, wisata budaya, wisata kuliner yang mantab hingga wisata rohani khususnya bagi mereka yang beragama katolik. Setidaknya Anda membutuhkan waktu tiga hingga lima hari untuk dapat menikmati pesona yang ditawarkan Kepulauan Kei ini secara menyeluruh.

Gua Hawang dan Pemandian Levu

Tempat wisata pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Gua Hawang dan Pemandian Levu yang berlokasi di Desa Letvuan, Pulau Kei Kecil. Sering disebut juga dengan Air Gua, Gua Hawang berjarak sekitar 15 km dari Kota Tual. Gua ini memiliki dua liang yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah dan konon menurut cerita yang berkembang kolam yang ada di gua terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah.

Tak jauh dari gua, terdapat sebuah area pemandian alam dengan air yang sangat jernih dan sangat terkenal dengan hasil kepitingnya. Kepiting dari sini memiliki ukuran dua kali lebih besar dari kepiting biasa dan masih ditangkap dengan menggunakan alat tradisional yang bernama bubu. Harga kepiting dipatok antara Rp 120.000 – Rp 150.000 per kepiting untuk ukuran sedang atau besar.

Pantai Ngurtafur

Setelah itu, Anda dapat mengunjungi Pantai Ngurtafur dengan naik perahu motor sekitar 1 jam dari pelabuhan deboat. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang panjang menjorok ke laut yang bila diliat dari udara pasir di pantai ini sangat panjang dan meliuk-liuk laksana ular. Tak heran apabila banyak wisatawan asing menyebutnya sebagai Snake Island. Tak kalah menarik, Anda dapat menjumpai sekumpulan burung pelikan Australia yang sedang singgah di pulai ini.

Pantai Ngurbloat dan Pantai Ohoedertawun

Ada juga Pantai Ngurbloat atau yang dikenal juga dengan nama Pulau Panjang karena sejauh mata memandang terbentang garis pantai yang sangat jauh berkilo-kilo meter. Pantai ini konon memiliki pasir yang paling lembut ke-dua di dunia. Sunset di pantai ini juga sangat bagus bahkan keindahannya disebut melebihi Pantai Kuta di Bali. Pantai lain yang sayang bila dilewatkan adalah Pantai Ohoedertawun yang memiliki ciri khasnya yaitu pantai akan menjadi seperti gurun pasir yang datar bila sedang surut.

Obyek wisata di Pantai Ohoedertawun

Masih banyak lagi obyek wisata di Kepulauan Kei, seperti Gua Luvat yang merupakan salah satu situs purbakala di Ohoi Dertawun, Bukit Masbait yang merupakan bukit tertinggi di Pulau Kei Kecil yang berada di desa Kelanit, Pantai Ngur Sarnadan yang merupakan pantai dangkal sampai dengan jarak lebih dari 100 meter ke tengah laut, Desa Adat Tanimbar Kei yang  berada di wilayah Kec. Ohoira, Kabupaten Maluku Tenggara, Pulau Bair yang mempunyai daya tarik berupa dua teluk dengan air laut jernih dan tenang, vegetasi mangrove serta tebing batu, dan lainnya.

Tips berwisata ke Kepulauan Kei

Liburan ke Kepulauan Kei yang elok membutuhkan beberapa persiapan. Yuk, simak tips-tips bermanfaat sebelum Anda berkunjung ke Kepulauan Kei:

Pilih agen travel wisata yang handal

Agen travel wisata yang sudah berpengalaman dan profesional biasanya akan memberikan segala keperluan perjalanan wisata dengan lengkap tanpa ada masalah. Diawali dengan tur berkeliling ke sekitar kawasan Kepulauan Kei, menyiapkan keperluan akomodasi, mampir untuk wisata belanja guna membeli suvenir atau oleh-oleh hingga masalah makan dan hotel serta transportasi. Agen travel wisata kami sudah berpengalaman selama bertahun-tahun melayani para pelancong ke seluruh Indonesia dan mancanegara, liburan Anda tidak akan asyik tanpa menghubungi kami. Yuk, reservasi paket Kepulauan Kei sekarang juga…

Pakai sunblock atau tabir surya

Berjalan-jalan di udara terbuka seperti pantai atau sekitar pulau yang sangat terik, kadang-kadang tanpa disadari dapat membuat kulit terpapar sinar UV yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Paling sedikit, efeknya kulit bisa menjadi sedikit hitam, waspada reaksi alergi karena terpapar sinar matahari seperti gatal-gatal, kemerahan, ruam hingga kanker kulit untuk kasus parah. Gunakan tabir surya setiap 2 jam sekali pada seluruh permukaan kulit, dengan SPF 30 minimal.

Selain itu, pakai juga pelindung kepala yang praktis seperti topi atau topi golf maupun topi jerami lebar. Lindungi pula indera penglihatan dari teriknya sinar matahari dengan kacamata hitam yang anti sinar UV. Dijamin liburan akan terasa lebih nyaman meskipun berlama-lama di bawah sinar sang surya.

Siapkan kamera dan gadget

Era kekinian banyak membuat orang lebih mudah memamerkan liburan ke media sosial. Oleh karena itu, jangan lupakan kamera digital atau smart phone untuk mengabadikan semua momen liburan yang istimewa dalam wujud foto ataupun video. Jangan lupa bawa baterai cadangan karena di pulau tentu akses charge sangat terbatas diperoleh. Biasanya, akses listrik hanya bisa didapat di hotel atau pulau-pulau tertentu yang berpenghuni dan menjadi kawasan komersial wisata. Untuk itu siapkan beberapa baterai cadangan, powerbank, dan lain-lain untuk sekadar berjaga-jaga jika tidak ada akses listrik untuk mengisi ulang daya gadget Anda.

Pilih busana yang tepat

Fashion turut ambil bagian penting dalam liburan Anda. Tentunya, dalam setiap acara tur, Anda pasti mengabadikan diri dengan berfoto-foto, tidak ingin kan terlihat semrawut karena salah kostum atau salah beradu gaya. Mengunjungi kawasan wisata Kepulauan Kei yang berupa pantai-pantai, Anda sebaiknya membawa jenis pakaian yang adem dan bisa menyerap keringat. Bawa juga sepatu atau alas kaki flat agar lebih mudah bergerak bebas.

Membawa barang secukupnya

Liburan  ke daerah terpelosok yang cukup jauh dari rumah, sebaiknya hanya membawa barang-barang atau tas secukupnya. Maksimal 2 ransel atau 2 koper. Satu tas berisi pakaian dan satu tas kecil untuk dompet atau gadget. Semakin minimalis barang-barang bawaan, maka Anda yang akan mendapatkan kemudahan selama perjalanan.

Tentu saja, Anda tidak ingin terlalu lelah atau kecapekan selama perjalanan karena membawa barang-barang yang sebenarnya tidak perlu dibawa. Peralatan mandi, dan perintilan kecil lain bisa diperoleh di hotel tidak perlu dibawa. Bawa saja pakaian ganti 2-3 potong, sepatu, dan hal-hal lain yang lebih prioritas.

Bawa uang tunai

Beberapa pulau terpencil, tidak memiliki lokasi mesin ATM, sehingga lebih baik Anda membawa uang tunai secukupnya dari pada Anda harus gigit jari karena tidak bisa membayar penginapan. Nah, agar tidak repot, sebaiknya pesan hotel jauh-jauh hari atau manfaatkan jasa agen travel wisata untuk menyediakan akomodasi yang  akan membuat liburan terasa jauh lebih nyaman dan bebas ribet.

Perbekalan makanan/minuman

Berkeliling dan menjelajah Kepulauan Kei pastinya akan menguras tenaga dan membuat Anda merasa penat. Bawa perbekalan secukupnya seperti mie instan atau air minum mineral. Perbekalan tidak perlu berlebihan agar Anda tidak repot saat membawanya. Jangan sampai dehidrasi di tengah liburan yang akan mengganggu aktivitas perjalanan wisata. Minumlah air secukupnya setiap satu jam sekali untuk mencegah dehidrasi.

Demikian sedikit tips-tips berguna yang bisa Anda pertimbangkan saat akan berkunjung ke Kepulauan Kei. Selain stamina dan fisik, siapkan pula tabungan untuk pendanaan atau bujet liburan.

Jadi, tunggu apa lagi. Segera kunjungi Kepulauan Kei yang berada di Maluku Tenggara, Maluku ini!   (jari adventure-det – image: Jaya Prima)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.