Kepulauan Karimun Jawa, Keindahan Tiada Habisnya

Karimun Jawa – Mulai jenuh dan bosan menjalani rutinitas harian yang seakan tidak ada habisnya? Mungkin ini saatnya untuk memanfaatkan waktu cuti dan mencari tempat wisata untuk menghilangkan penat karena pekerjaan. Tidak perlu jauh-jauh, layangkan pandangan pada Kepulauan Karimun Jawa. Secara administratif, kepulauan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Namanya mungkin sudah tidak asing lagi bagi rekan traveler, karena Kepulauan Karimun Jawa termasuk salah satu tujuan wisata populer di Pulau Jawa, terutama Jawa Tengah. Apalagi setelah ditetapkannya kepulauan ini sebagai Taman Nasional karena kekayaan terumbu karangnya. Yup, wisata Karimunjawa memang menjadi surga bagi para penyelam, karena menawarkan 90 jenis terumbu karang laut, yang dihuni oleh 240 jenis ikan.

Ada banyak spot wisata menarik saat rekan traveler menjejakkan kaki di sini. Dari 27 pulau yang dimiliki Kepulauan Karimun Jawa, hanya lima yang telah dihuni, sedangkan sisanya masih alami sehingga cocok dijadikan tempat menghabiskan malam di dalam tenda, ditemani kesunyian dan langit malam penuh bintang. Siap menjelajah kepulauan eksotik nan menawan ini?

Karimun Jawa: Pulau Menjangan Kecil

Tempat ini biasanya dijadikan jujukan pertama dan favorit para rekan traveler, yang gemar melakukan snorkeling dan diving. Air lautnya yang jernih akan menyambut kedatangan pengunjung, yang tidak perlu bersusah payah menyelam terlalu dalam untuk melihat keindahan terumbu karang dan cantiknya ikan hias warna-warni.

Lokasi yang biasa disebut Spot MAER ini juga dapat dikunjungi oleh rekan traveler yang tidak bisa berenang. Namun Anda wajib berhati-hati agar tidak menginjak atau merusak terumbu karang, yang dapat menyebabkannya patah dan kaki akan terluka.

Karimun Jawa :Pulau Menjangan Besar

Mendengar kata hiu pasti membuat bulu kuduk merinding. Tapi di Pulau Menjangan Besar ini, rekan traveler justru ditantang unuk berenang bersama salah satu makhluk terganas di laut ini. Tapi tidak perlu khawatir, karena ikan hiu yang berasa di kolam penangkaran ini cukup bersahabat dan jinak saat berada di sekitar manusia. Selain itu, pengunjung juga tetap ditemani oleh pemandu, saat bermain dan berenang bersama ikan hiu.

Karimun Jawa: Pulau Cemara Besar

Tempat wisata di Kepulauan Karimun Jawa yang asyik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Cemara Besar. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari Pulau Karimunjawa menggunakan perahu motor untuk sampai ke pulau ini.

Baca Juga:

Karimun Jawa, Surga di Utara Pulau Jawa

Karena perairannya sangat dangkal, perahu pun sulit bersandar di pantai, sehingga terpaksa berhenti beberapa puluh meter dari bibir pantai. Air laut yang jernih beralas pasir putih bakal jadi kegiatan pengisi liburan yang sangat menyenangkan.

Karimun Jawa: Pulau Cilik

Jangan melewatkan kesempatan mengunjungi Pulau Cilik, saat mengunjungi Kepulauan Karimun Jawa. Dikelilingi pantai berpasir putih, pulau ini dikenal memiliki ombak yang sangat tenang. Cocok bagi penggila olahraga snorkeling, di mana terdapat berbagai bentuk dan warna terumbu karang yang menghiasi perairan di sekitar Pulau Cilik. Setelah puas menjelajahi kedalaman air, rekan traveler juga dapat mengabadikan momen seru liburan, dengan berpose di dermaga kayu.

Karimun Jawa: Pulau Geleang

Selain sangat ideal untuk melakukan snorkeling, Pulau Geleang menyajikan keindahan pantai yang sanget mempesona. Pulau tak berpenghuni ini memiliki pasir putih yang memikat dan pemandangan laut, yang dapat membuat rekan traveler enggan meninggalkan sekeping surga di tanah Jawa.

Pulau terlebar di Kepulauan Karimun Jawa ini juga cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga atau sahabat. Terletak di bagian barat, tempatnya yang cukup luas sangat ideal untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti berkemah, voli pantai, sepak bola pantai, hingga menikmati ikan bakar di atas pantai yang bersih.

Akses lokasi: Karimun Jawa

Tergoda untuk menghabiskan liburan di Kepulauan Karimun Jawa? Pertama, tentukan terlebih dahulu cara transportasi yang akan digunakan. Pilihan pertama menggunakan kapal cepat atau biasa dari Pelabuhan Kartini, Jepara, yang biasanya menghabiskan 2-3 jam waktu perjalanan. Yang kedua adalah menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, dan membutuhkan waktu 4-6 jam untuk sampai di Karimunjawa.

Selain via laut, rekan traveler yang berbujet lebih dapat memilih menggunakan pesawat kecil yang terbang dari Bandara Ahmad Yani, Semarang, menuju Bandara Dewadaru, yang berada di Pulau Kemujan. Dari atas pesawat ini saja, pengunjung dapat melihat barisan pulau-pulau dari Kepulauan Karimun Jawa.

Siapkan fisik maupun bujet untuk mengunjungi keindahan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Karimun Jawa, lalu kembali pulang dengan semangat dan pikiran yang segar. Selamat berlibur! (jari adventure  -det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *