Kepulauan Anambas, Serpihan Surga di Perbatasan Indonesia

Kamu sedang mencari destinasi wisata kepulauan yang eksotis di Indonesia, pilihlah Kepulauan Anambas dalam list pilihan wisatamu.

Terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini menyimpan banyak destinasi wisata yang begitu indah bahkan Kepulauan Anambas sering dijuluki sebagai surga kecil di perbatasan Indonesia.

Letak geografi Kepulauan Anambas ini antara Singapura & Kepulauan Natuna di Laut China Selatan. Ditambah lagi di tahun 2012 Kepulauan Anambas menempati peringkat pertama dengan Pulau Tropis Terindah di Asia versi CNN.

Mengalahkan Koh Chang & Similand (Thailand), Langkawi (Malaysia) serta Teluk Halang (Vietnam). Kepulauan Anambas sendiri memiliki 225 pulau. Hanya ada 26 pulau yang dijadikan sebagai tempat tinggal penduduk.

Jadi, sekitar 229 pulau yang bisa kamu explore untuk dijadikan tempat wisata saat di Kepulauan Anambas.

Berikut beberapa wisata yang bisa kamu kunjungi selama di Kepulauan Anambas.

 

Pulau Bawah

destinasian

Pernah meraih gelar sebagai salah satu destinasi wisata tropis terbaik dunia dan kini objek wisata Anambas ini juga dikelilingi lautan dangkal dan jernih.

Sehingga banyak resort untuk istirahat & memanjakan pengunjung serta melengkapi deretan fasilitas yang ada di Kepulauan Anambas.

Ditambah lagi kamu juga bisa menikmati suasana santai dan tenang di tiga laguna yang membuat segala kebisingan kota terlelap sejenak.

 

Pantai Arung Hijau.

magazine

Kalau kamu termasuk penggemar wisata pantai maka tak salah untuk memilih Kepulauan Anambas menjadi alternatif wisata pantai.

Karena Anambas memiliki pantai yang cantik yaitu Pantai Arung Hijau yang berada di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan.

Pemandangan indah di tempat wisata yang satu ini tepat untuk kamu yang penggemar senja atau sunset yang indah. Ditambah lagi pesona alam bawah laut di sekitar objek wisata.

 

Pulau Mengkian Panjang.

lazone

Salah satu surga tersembunyi di Kepulauan Anambas, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang jadi menarik untuk dijelajahi.

Untuk ukurannya, pantai Mengkian Panjang lumayan kecil dan langsung dikelilingi oleh perairan biru yang ada di kawasan Pulau Anambas yang tak berpenghuni.

Jadi, kalau kamu berwisata disini kamu akan menikmati pengalaman traveling yang lebih private.

 

Pulau Nongkat.

kompasiana

Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang dimiliki Anambas. Pantai Nongkat ini memiliki pemandangan yang berbeda yaitu tampilan eksotis dengan formasi batu-batu besar.

Berdiri kokoh dengan membingkai pantai dengan indah dan tenang. Kamu akan melihat deburan ombak yang terpecah oleh batu-batu.

Memberikan pemandangan indah yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai yang sudah terkenal.

 

baca juga:

Teruntuk Pemburu Sunset, Catat 5 Pantai Dengan Senja Terindah

 

Pasir Busung.

idntimes

Kalau di Kepulauan Anambas banyak yang memiliki pemandangan asri dengan hijau pepohonan, maka Pulau Pasir Busung ini berbeda dengan wisata-wisata yang lainnya.

Pulau Pasir Busung memiliki daratan pasir keputihan dan dikelilingi perairan dengan warna kebiruan yang indah.

Pemandangan yang tak biasa inilah  yang bisa kamu temukan ketika berwisata ke Kepulauan Anambas dan jangan lupa untuk berburu foto-foto yang cantik memukau.

 

Oh ya, kalau datang ke Pasir Busung, kamu harus datang ketika air laut tengah surut ya karena kalau sedang pasang maka pulau ini akan menghilang tertutup permukaan air laut.

 

Pulau Durai, Tempat konservasi penyu.

mldspot

Terletak di kecamatan Palmatak, Pulau Durai. Banyak yang menyebut Pulau Durai adalah Pulau Penyu.

Karena memiliki tempat konservasi penyu belimbing dan penyu sisik. Disini kamu bisa melihat langsung penyu-penyu yang bermain di sepanjang pantai.

Selain itu kamu juga akan melihat langsung penyu-penyu yang membuat lubang untuk bertelur dan menetas, ketika telur menetas kamu akan melihat ratusan anak penyu yang berjuang menuju bibir pantai.

 

Tanjung Momong.

Keindahan Tanjung Momong sudah bisa kamu lihat dimulai dari dermaga. Kamu akan melihat dengan jelas keindahan bawah laut yang luar biasa cantik berupa ikan warna-warni.

Ditambah lagi kamu bisa melihat terumbu karang yang berwarna-warni dari permukaan air karena pantai di tanjung momong ini sangat jernih.

Jadi kamu akan menikmati liburan yang berbeda dengan alam terbuka. Oh ya , untuk penginapan di Tanjung Momong ini kamu juga bisa memilih antara menginap di hotel atau di tenda sesuai dengan kegemaran kamu lho.

 

Kalau kamu sudah memutuskan untuk berlibur ke Anambas, kamu bisa melakukan perjalanan melalui dua jalur yaitu Tanjung Pinang dan Batam. Dan rencanakan liburanmu ke Kepulauan Anambas semudah mungkin dan se-nyaman mungkin.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.