Pantai Karang Hawu, Simpan Pesona Alam dan Mistis

Pantai Karang HawuRasa lelah akibat menjalani rutinitas pekerjaan dan lingkungan hidup yang didominasi bising dan macet, dapat memicu peningkatan stres. Jika dibiarkan, hal ini akan mempengaruhi kesehatan dan gaya hidup Anda lho. Untuk mengatasinya, coba deh tenangkan diri dan bersantai sejenak di Pantai Karang Hawu, yang terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai ini memiliki ciri utama tebing dan karang yang menjorok ke laut. Selain itu lubang di beberapa bagiannya terlihat menyerupai tungku, atau hawu dalam bahasa Sunda. Dari sinilah pantai ini dinamakan Pantai Karang Hawu. Obyek wisata ini cukup dikenal masyarakat Sukabumi karena nuansa mistisnya, yang berhubungan dengan mitos penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Pesona mistis Pantai Karang Hawu

Di sini bahkan terdapat petilasan Nyi Roro Kidul yang ada di ruangan khusus. Sebuah lukisan besar yang menggambarkan sosok perempuan cantik penguasa pantai selatan ini menjadi penghias ruangan, yang didekorasi dengan dominasi warna merah. Nuansa mistis makin kental karena terdapat makam Eyang Sanca Manggala, Eyang Jalah Mata Makuta, dan Eyang Syeh Husni Ali.

Selain kisah Nyi Roro Kidul, juga terdapat cerita rakyat setempat yang berhubungan dengan makam penyebar agama Islam, Raden Dikudratullah dan Raden Cengkal. Kedua tokoh tersebut dipercaya sebagai keturunan Sunan Gunung Jati dari Cirebon. Di balik kisah mistis yang membumbuinya, keindahan Pantai Kawang Hawu sayang jika dilewatkan.

Rute transportasi

Untuk menuju ke Pantai Karang Hawu, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau sarana angkutan umum. Jika memanfaatkan bus, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Pelabuhan Ratu. Perjalanannya hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua puluh menit, karena jarak terminal dan pantai hanya sekitar empat belas kilometer. Apabila dari Pasar Ikan Pelabuhan Ratu, dibutuhkan delapan belas menit untuk menempuh perjalanan sejauh enam belas kilometer. Pantai Karang Hawu ada di tepi Jalan Cisolok-Bayah, yang menghubungkan Sukabumi dan Banten.

Panjang garis Pantai Karang Hawu mencapai empat kilometer dengan dua sisi yang berbeda. Sebelah kiri pantai terdapat bebatuan karang yang terhempas ombak, sedangkan di sisi satunya terdapat hamparan pasir putih kecoklatan yang membentang. Tekstur pasir yang halus dengan tepian yang melengkung, membuat pantai ini cocok dijadikan tempat bersantai bagi seluruh anggota keluarga.

Baca juga; Terhipnotis Hempasan Ombak di Pantai Karang Songsong Cibobos

Ingin menantang adrenalin? Anda bisa naik ke bukit karang untuk melihat pemandangan Pantai Karang Hawu dengan lebih jelas. Selain melihat ombak besar yang menghantam batu karang, di sini terdapat kios-kios yang menjual aneka barang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul seperti lukisan, minyak wangi, dan batu akik. Menuruni bukit karang, pengunjung dapat melihat lebih dekat derasnya ombak khas pantai selatan. Uniknya, di sini terdapat jembatan sederhana dari bambu, sehingga wisatawan dapat memanfaatkannya untuk berjalan melintasi air laut, hingga ke bagian ujung karang.

Atraksi wisata

Puas menikmati batu karang, Anda dapat bersantai di sisi pantai yang berpasir halus. Mulai dari berjalan santai, berlari-lari, bermain bola, hingga duduk-duduk menikmati suasana dan angin sepoi khas pantai, menjadi aktivitas yang menyenangkan saat berkunjung ke Pantai Karang Hawu. Tak perlu khawatir dengan ombaknya yang besar, karena gulungan ombak akan mengecil saat mendekati tepi pantai, sehingga pengunjung dapat bermain dengan nyaman, tanpa terlalu takut atau was-was.

Selain bersantai di sisi pasir pantai yang lembut, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan wisata bahari. Mulai dari berenang, memancing, hingga surfing. Karena ombak di sisi bukit karang cukup besar, banyak juga pengunjung memanfaatkannya untuk bermain surfing. Namun tetap harus hati-hati, karena sewaktu-waktu bisa tergulung ombak dan terkena karang yang tajam.

Fasilitas pengunjung

Di Pantai Karang Hawu ini, terdapat fasilitas yang cukup lengkap, sehingga pengunjung dapat berlama-lama menghabiskan waktu liburnya di sini. Mulai dari hotel atau tempat penginapan, mini market, warung makan di pinggir pantai, mushola, area parkir yang luas, tempat persewaan peralatan surfing, dan kios yang menjual souvenir khas pantai.

Nah jika Anda berkesempatan mengunjungi Kota Sukabumi, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan Pantai Karang Hawu. Selamat merencanakan liburan selanjutnya ya! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *