Kenangan Mudik ke Sukoharjo Solo, 5 Destinasi Wisata Alam Ini Keren Banget!

Pernah berkunjung ke daerah Sukoharjo di Jawa Tengah? Daerah Sukoharjo merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah dengan potensi wisata alam yang besar.

Sayangnya, minimnya informasi mengenai Sukoharjo membuat kawasan ini belum banyak dikenal orang. Tempat wisata-wisatanya belum banyak dieksplorasi sehingga bisa saja ada yang beranggapan bahwa Sukoharjo merupakan daerah yang tidak memiliki tempat menarik untuk dikunjungi.

Wisata-wisata alam yang ada di Sukoharjo sangat memukau mata. Bisa menjadi lokasi terbaik untuk mengusir jenuh dan penat akibat aktivitas yang padat. Apa saja wisata-wisata alam yang patut Anda eksplor di Sukoharjo?

1.    Gunung Sepikul

Lokasi  Gunung Sepikul berada di Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Gunung ini merupakan sebuah bukit batuan yang besar. Anda bisa melihat indahnya alam hijau yang menyegarkan mata.

Udaranya juga masih murni khas perdesaan sehingga menyegarkan saat dikunjungi. Pemandangan Gunung Sepikul akan terasa makin menawan saat Anda berkunjung di sore hari.

Menikmati pemandangan sunsert dengan latar belakang bukit yang indah bisa menjadi kegiatan yang tepat untuk mengisi waktu luang. Dulunya, gunung ini sempat mejadi lokasi syuting dari film Wiro Sableng, lho!

2.    Telaga Biru

Selanjutnya ada Telaga Biru yang sangat memukau mata. Telaga ini terbentuk dari bekas pertambangan yang telah ditinggalkan oleh penambang.

Bekas galiannya akhirnya tergenang air dan membentuk danau yang indah. Uniknya, airnya berwarna biru cerah dan terdapat beberapa kombinasi warna lain di tiap bekasnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya air Telaga Biru, disarankan untuk datang di siang hari. Itu karena cahaya matahari akan memancar sehingga air telaga menjadi berwarna biru yang indah.

Jika ingin mandi di telaga batu kapur, Anda bisa menyewa pelampung di persewaan setempat. Dijamin, airnya yang segar bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh.

3.    Bendungan Colo

Bendungan Colo merupakan bendungan yang dulunya dibangun untuk menahan aliran air dari Sungai Bengawan Solo.

Uniknya, bendungan ini berbeda dari bendungan pada umumnya, lho! Bendungan Colo memiliki pemandangan yang sangat keren dan instagenik sebagai latar belakang foto Anda.

Anda bisa melewati bagian atas bendungan atau turun ke bawah untuk berfoto. Background tembok beton dan pintu air bendungan bisa menjadi spot andalan Anda.

Selain itu, bendungan ini bisa digunakan untuk memancing. Lokasinya berada di Kecamatan Nguter.

4.    Telaga Claket

Telaga yang satu ini merupakan wisata yang cukup ramai dikunjungi pengunjung setiap harinya. Apalagi dengan panorama alam yang luar biasa sehingga membuat daya tariknya meningkat di mata pengunjung.

Lokasinya berada di kecamatan yang sama dengan Bendungan Colo, yaitu Kecamatan Nguter.

Telaga Claket dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang indah. Wisata ini bisa dibilang sebagai surga yang tersembunyi.

Suasana yang hening dan panorama alaminya membuat tempat ini menjadi semakin menarik. Embusan anginnya yang sejuk bisa membuat Anda nyaman dan betah berlama-lama di sini.

Baca juga:

Bukan Foto Editan, Pantai Berpasir Pink dan 7 Destinasi Keren di Kepulauan Nias

 

5.    Alas Karet Polokarto

Lanjutkan perjalanan Anda menuju Alas Karet Polokarto yang berada di Kecamatan Polokarto. Wisata ini cocok banget untuk Anda yang suka berfoto.

Di perkebunannya ada ribuan pohon karet yang berjejer rapi dengan ketinggian mencapai 20 meter. Sinar matahari yang menembus celah-celah daun pohon karet yang tinggi membuat panorama semakin mendawan.

Alas Karet Polokerto memang menjadi lokasi favorit dari para fotografer bahkan menjadi lokasi foto pre-wedding. Suasananya yang asri dan tenang juga bisa membuat tubuh menjadi rileks dari penatnya aktivitas di kota.

Itulah beberapa wisata alam yang patut Anda kunjungi di Sukoharjo. Keindahannya tidak perlu Anda ragukan lagi.

Wisata di atas bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan stress dan penat setelah beraktivitas. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.