Kenali Historis Nusantara, 8 Museum Legendaris di Indonesia yang Patut Dikunjungi

Siapa sih yang tidak cinta tanah air? Sebagai warga negara Indonesia, pastilah ada rasa nasionalisme yang mengalir di darah kita. Pastinya kita rela membela negara mati-matian jika ada yang menjelek-jelekkan tanah air tercinta kan?

Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah suatu negara yang sudah hampir merdeka selama 100 tahun. Pastilah banyak dari sejarah Indonesia yang menarik untuk diketahui.

Lalu dari mana kita bisa tahu tentang sejarah Indonesia? Nah jangan khawatir karena kita bisa mengetahui sepak terjang Indonesia melalui beberapa museum yang tersebar di seluruh tanah air.

Wah yang benar nih? Daripada tambah penasaran, yuk simak museum Indonesia legendaris satu ini!

 

Galeri Foto Jurnalistik Antara

Bagi kita yang tertarik dengan fotografi, maka mampir ke museum yang berlokasi di kawasan Pasar Baru, Jakarta ini adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Galeri Foto Jurnalistik Antara adalah museum fotografi pertama di Indonesia yang menampilkan banyak foto perjuangan saat kemerdekaan.

Bukan hanya fotonya yang akan membawa kita ke masa lalu, arsitektur bangunan pun terasa kolonial dan pastinya membuat kita semakin betah berlama-lama di museum ini.

 

Museum Bank Indonesia

Ada yang penasaran dengan sejarah perekonomian Indonesia? Kita tinggal langsung datang ke Museum Bank Indonesia kok!

Museum ini berlokasi di Jakarrta Barat dan kita pun akan lebih paham tentang kebijakan moneter yang memengaruhi perekonomian tanah air.

Bukan hanya itu, kita juga bisa melihat pameran barang-barang lainnya yang berhbungan dengan kinerja Bank Indonesia lho!

 

Museum Nasional

Bagi kita warga Jakarta, pastilah sudah kenal dengan Museum Nasional. Museum Nasional dikenal sebagai museum Gajah karena adanya patung gajah yang kokoh berdiri di pintu masuk.

Patung gajah sendiri merupakan hadiah dari Raja Thailand pada tahun 1817 silam. Museum terbesar di Jakarta ini menyimpan ratusan ribu benda bersejarah di dalamnya lho!

Benda bersejarah di Museum Nasional ini juga berasal dari berbagai periode.

 

Museum Blanco Renaissance

Siapa bilang kalau hanya di Jakarta saja ada museum bersejarah? Museum yang berlokasi di Ubud ini adalah museum yang didirikan oleh Antonio Blanco yang merupakan keturunan Spanyol.

Melalui museum inilah kita bisa melihat langsung berbagai lukisan karya Antonio sebelum beliau wafat pada tahun 1999. Museum ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal namun juga mancanegara lho!

 

Museum Pafika

Destinasi Museum bersejarah berikutnya juga masih berlokasi di Bali, tepatnya di kawasan Nusa Dua. Melalui museum inilah kita bisa melihat langsung berbagai karya seni etnis yang tinggal di Asia Pasifik hingga Asia Tenggara.

Museum ini sudah dibuka sejak tanggal 8 Agustus 2006 kemarin dan pendirinya adalah seorang pria berkebangsaan Perancis.

Melalui museum ini, kita bisa melihat koleksi 700 lukisan dan 400 patung seni dengan harganya yang tak ternilai lho!

baca juga:

Jarang Dilirik Turis, 7 Tempat Wisata Instagenik di Cina yang Sering Diremehkan

 

Museum Sampoerna

Tidak jauh dari Bali, kita bisa berkunjung ke museum bersejarah selanjutnya yang ada di Surabaya. Museum Sampoerna adalah salah satu museum tertua di Surabaya yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu.

Melalui museum inilah kita bisa melihat langsung proses penggulungan rokok yang dilakukan secara manual lho!

 

Museum Ullen Sentalu

Penasaran dengan sejarah Jawa Kuno? Saatnya kita liburan ke Yogyakarta nih, tepatnya ke Museum Ullen Sentalu!

Melalui museum inilah kita bisa melihat langsung berbagai benda peninggalan Jawa Kuno sejak masa Dinasti Mataram.

Nama Ullen Sentalu sendiri memiliki makna yang dalam, yaitu ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang berarti lampu blencong alias wayang kulit adalah petunjuk manusia untuk melangkah dan meniti kehidupan.

 

Museum Batik Danar Hadi

Tempat Museum bersejarah satu ini dijamin akan membuat kita semakin cinta dengan batik. Museum Batik Danar Hadi adalah salah satu museum terkenal di Solo dan menampilkan keberagaman corak batik, terlebih batik khas Solo.

Lokasi Museum ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1967 silam dan selalu ramai akan pengunjung. Bukan hanya batik, Museum Danar Hadi ini juga memamerkan koleksi barang antik sejak jaman penjajahan Belanda dan Jepang lho!

Menarik bukan museum legendaris yang disebutkan barusan? Siapa bilang berlibur harus selalu ke mall dan menghabiskan banyak uang? Yuk tunjukkan rasa nasionalisme dengan mengunjungi berbagai museum di Indonesia!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.