Keliling Dunia Naik Kereta Api Mewah, Why Not? Yuk, Booking Tiketnya

Biasanya, orang-orang lebih memilih kereta api untuk melakukan perjalanan jauh selain menggunakan kendaraan pribadi.

Nyatanya betul, perjalanan dengan kereta termasuk belum sepi peminat. Bahkan, banyak orang rela berdesakan untuk melakukan perjalanan dengan kereta.

Namun, tahukah Anda bahwa beberapa perusahaan kereta di dunia menyulapnya menjadi kereta wisata?

Perusahaan kereta api dunia telah berhasil membuat kereta penumpang menjadi semewah hotel bintang lima, lengkap dengan kamar mewah serta makanan yang lezat.

Indonesia menjadi salah satunya, lho! PT Kereta Api Indonesia atau KAI kini tengah mengoperasikan kereta wisata melalui anak perusahaannya yakni PT KA Pariwisata. Anda dapat mencoba berbagai fasilitas lengkap mulai dari kamar bahkan ada ruang pertemuan cukup mewah.

Di mana saja kereta-kereta wisata mewah sebagai tujuan wisata Anda? simak berikut ini.

 

1.      Rusia

Sebagai pecinta travelling, mungkin Anda sudah pernah mendengar berita kereta wisata pertama yang pernah melakukan perjalanan melewati Kutub Utara Rusia hingga Norwegia.

Kereta ini berangkat sejak hari Rabu di Stasiun Saint Petersburg. Di dalamnya terdapat 91 orang penumpang sebagai perjalanan perdana uji coba mereka.

Di tahun 2019 tepatnya pada bulan Mei, kereta wisata asal Rusia bernama Zarengold menempuh perjalanan mulai dari Saint Petersburg hingga ke Kirkenes, Norwegia. Kereta ini melewati banyak lokasi bersejarah yakni Petrozavodsk, kota bersejarah Kem, serta Murmansk.

Mulai dari kota Pelabuhan di Norwegia tersebut, wisatawan akan menyebrang menuju Oslo atau menaiki transportasi udara menuju Pulau Spitsbergen.

Uniknya, perjalanan dalam kereta wisata ini memakan waktu hingga 11 hari. Selama rentang waktu tersebut, penumpang menemukan berbagai daerah terpencil.

Zarengold dalam perjalanan perdananya membawa 91 wisatawan yang berasal dari berbagai negara termasuk Jerman, Norwegia, Rusia, bahkan AS.

 

2.      India

Tak mau kalah dengan Rusia, perusahaan atas nama Indian Railways juga mengoperasikan kereta wisata berdekorasi mewah sejak tahun 2010. Tak tanggung-tanggung, perusahaan ini mengoperasikan Maharaja Express, Fairy Queen, Palaces On Wheels, Heritage on Wheels serta The Indian Maharaja.

Anda bisa memilih beberapa rute tematik yang disediakan oleh pihak Indian Railways, yakni Heritage of India dengan rute Mumbai – Ajanta – Udaipur – Jodhpur – Bikaner – Jaipur – Ranthambore – Agra – New Delhi.

Selanjutnya ada Treasures of India dengan rute New Delhi – Agra – Ranthambore – Jaipur – New Delhi.

Sedangkan Gems of India memiliki rute New Delhi – Agra – Ranthambore – Jaipur – New Delhi.

Tak hanya menyediakan rute bersejarah, Indian Railways juga menyediakan rute dengan panorama alam disekitarnya. Rute ini diberi nama Indian Panorama, dengan rute New Delhi – Jaipur – Ranthambore – Fatehpur Sikri – Agra – Gwalior – Orchha – Khajuraho – Varanasi – Lucknow – New Delhi.

Sedangkan The Indian Splendour memulai rutenya dari Delhi – Agra – Ranthambore – Jaipur – Bikaner – Jodhpur – Udaipur – Balasinor – Mumbai.

Bagaimana? Rute mana yang ingin Anda coba?

 

3.      Indonesia

Di tanggal 28 September 2019 tepatnya pada hari ulang tahun ke-74, PT Kereta Api atau PT KAI meluncurkan layanan Kereta Api Istimewa dengan melalui anak perusahaannya, Kereta Api Pariwisata.

Kereta ini hanya berkapasitas 40 penumpang saja, lho! Terdapat rute jarak pendek yakni Jakarta – Bandung yang dibandrol seharga 19 juta rupiah untuk 40 orang penumpang. PT KAI juga sempat melansir bahwa kereta ini dilengkapi berbagai fasilitas lengkap seperti meja untuk rapat dengan kursi empuk bersentuhan klasik dan elegan. Terdapat layer lebar dan proyektor yang disediakan untuk presentasi.

Disediakan pula meja-meja lebih kecil di gerbong lain yang digunakan untuk bersantai atau grup yang lebih kecil. Fasilitas lainnya ialah ruang rapat, lounge, karaoke, toilet, musholla, dan mini bar.

baca juga:

Scan Tiket Mandiri, Inilah Aturan New Normal Saat Naik Kereta Api

 

4.      Singapura

Singapura adalah negara yang cukup Makmur. Salah satu wisata yang harus Anda coba ialah kereta wisata eksklusif Eastern & Oriental Express. Kereta wisata ini menghubungkan Singapura – Thailand. Wisatawan harus merogoh kocek sebesar 23 juta rupiah untuk merasakan sensasi kereta wisata yang satu ini.

Eastern & Oriental Express akan melintasi Singapura hingga Thailand dengan melewati Kuala Lumpur, Penang, Cameron Highlands hingga Khoo Yaik Nasional Park. Setiap kereta berhenti, di situlah Anda mengeksplor tempat-tempat di lokasi pemberhentian kereta.

Perjalanan Singapura akan memakan waktu selama 3 hari 2 malam. Kereta akan berangkat dari Woodlands Train Checkpoint, Singapura pada pukul 12.15 waktu setempat.

Kereta yang di desain super mewah ini bisa mengangkut 125 orang dengan berbagai kelas, mulai dari Presidential, State, serta Superior. Terdapat 2 gerbong dimana salah satunya adalah gerbong khusus bar. Terdapat beragam hiburan lengkap dengan butik mewah.

Dengan harga yang fantastis, seluruh akomodasi sudah ditanggung seperti makan hingga tiket masuk ke beberapa destinasi wisata.

 

Masih banyak kereta wisata yang bisa Anda ekspor dan tak jauh dari tempat tinggal Anda. memang harganya jauh dengan kereta api biasa, namun sensasi yang ditawarkan memang luar biasa.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.