Keindahan Tiada Tara Eksotika 3 Pantai di Madura

Siapa sangka Madura punya pantai yang indah? Terkenal dengan hawanya yang sangat panas karena memang lahan disana yang cukup gersang, madura ternyata memiliki keindahan alam yang sayang bila tidak dieksplor.

Potensi yang ada di Madura bila semakin digali, jumlahnya ternyata cukup mengejutkan. Banyak lokasi  baru untuk destinasi wisata.

Pulau Madura,pulau yang letaknya di seberang Surabaya. Pulau yang kerap mendapat sebutan pulau garam. Tak heran bila sebutan itu disematkan untuk pulau Madura.

Madura adalah pemproduksi garam terbesar di Indonesia sejak sebelum Belanda datang. Dahulu nilai garam amatlah tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, nilai garam semakin turun. Meski begitu, jumlah petani garam di Madura tidaklah sedikit. Menjadi petani garam adalah salah satu profesi di Madura.

Kawasannya yang dekat dengan pesisir membuat Madura memiliki banyak pantai, berikut adalah pantai di Madura yang tidak boleh anda lewatkan:

  1. Pantai Sambilangan, Bangkalan

Pasir pantai yang terhampar luas beserta batu-batuan kecil nampak menghiasai objek wisata yang terletak kira-kira 7 km di sebelah selatan dari kota Bangkalan, Desa Sambilangan, Kecamatan Bangkalan, Madura.

Letaknya mungkin agak terpencil, tapi keeksotisan yang dimilikinya tak usah ditanya lagi. Di pantai ini terdapat sebuah mercusuar yang bisa anda kunjungi. Perahu-perahu nelayan yang disandarkan di tepi pantai menambah daya tarik tersendiri.

Fasilitas di pantai ini memang belum lengkap, karena memang letaknya yang agak terpencil. Namun, tempat berteduh, toilet umum, atau sekedar warung makan bisa anda temukan disini.

Bila anda membawa kendaraan pribadi, anda tidak usah khawatir karena area parkir yang disediakan cukup luas.  Untuk sampai ke pantai ini, anda bisa menggunakan akses jembatan suramadu lalu belok kiri menuju desa Labang kemudian Kamal (dermaga kapal ferry) dan selanjutnya menuju desa Sembilangan.

Pantai Sembilangan buka setiap hari dari pagi hingga malam hari,lebih baik kunjungi pantai ini saat hari biasa,karena pada saar weekend atau hari libur, pengunjung bisa membludak.

  1. Pantai Nepa, Sampang

Membutuhkan waktu 2 jam atau jarak tempuh 90 km untuk mencapai Pantai Nepa, Sampang melalui jalur Tol Suramadu.Akses jalan lain, bisa melalui Bangkalan menuju Pantura dengan jarak tempuh 70 km menggunakan mobil.

Setelah sampai di Lokasi, anda harus berjalan kaki sekitar 1 KM dari arah pintu gerbang wisata Hutan Kera dan Pantai Nepa ini. Jalanan yang akan anda lewati juga berlubang dan dipenuhi batuan kecil.

Namun jangan berkecil hati, Pemandangan rupawan siap menanti. Disepanjang perjalanan, anda akan disuguhi  pemandangan aliran sungai yang berkelok begitu indah.

Selain itu, anda juga bisa bercengkrama dengan sekumpulan monyet yang berada dalam kawasan hutan nepa. Tiket masuk yang gratis bisa jadi alternatif liburan anda, anda hanya diminta untuk membayar biaya parkir saja sebesar Rp 3.000 per kendaraan.

  1. Pantai Slopeng, Sumenep

Pantai ini berada di Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 5-6 jam dari jembatan Suramadu.

Akan tetapi, kelelahan akan terbayar demi melihat keunikan Pantai Slopeng. Yaitu, garis pantainya ditutupi oleh pasir berwarna hitam dan putih.

Pasir hitam ini merupakan campuran dari besi yang jika ditempa sinar matahari maka akan berkilauan dan memukau mata. Bayangkan saja, bagaimana keindahan garis pantai sepanjang 6 km ini di siang hari.

Selain itu, di pantai ini terdapat juga gundukan-gundukan pasir yang tingginya sekitar tiga meter, gundukan ini menyerupai dataran pegunungan di dataran tinggi. Di gundukan pasir ini, ada juga sejumlah pohon-pohon kecil yang semakin membuatnya nampak seperti dataran pegunungan.

Harga tiket masuk di kawasan pantai ini hanya Rp 5.000 per orang. Namun masih sepi pengunjung, padahal, keindahan yang ditawarkan begitu sayang bila dilewatkan.

Baca juga:

Libur Lebaran ke Yogyakarta, Ini 5 Tips Wisata ke Maliboro yang Patut Diketahui

 

Tidak mengira bukan bila Madura juga punya pantai yang indah dan tak kalah dengan pulau Dewata? Bila berkunjung kesana, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wilayah pantai dengan membuang sampah pada tempatnya serta tidak merusak pantai.

***

Yuk segera rencanakan liburan anda ke sini. Gunakanlah Agen Perjalanan Jari Adventure sebagai partner wisata anda. Jari Adventure sudah berpengalaman menangani berbagai wisata domestik maupun mancanegara.

Budgetnya pun bisa anda sesuaikan dengan kantong anda. Tunggu apalagi, segera gunakan paket perjalanan di Jari Adventure ya! Pengalaman yang anda dapat pastinya akan menyenangkan dan berkesan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.