Sumba, Keindahan Tersembunyi Di Pulau Pendekar Berkuda

Banyak masyarakat Indonesia yang masih asing dengan wisata Sumba, Padahal dunia internasional Sumba sudah memiliki reputasi tinggi.

Apalagi dengan penghargaan pantai terbaik ke 17 dari 100 pantai di dunia sudah menjadi bukti bahwa Sumba wajib untuk dikunjungi dan telah diakui dunia tentang keindahan alam Sumba.

Konon katanya Sumba merupakan pulau misterius dan liar terletak di Nusa Tenggara Timur dan di sebelah barat daya Flores.

Para wisatawan akan menjumpai desa-desa tradisional yang dibangun diatas puncak bukit dan dilindungi oleh dinding batu sejarah.

Hamparan padang rumput yang luas dan perbukitan batu kapur mempunyai makna tersendiri dan pemandangan yang indah.

Nah untuk menikmati alam Sumba, berikut destinasi wisata Sumba yang bisa kamu kunjungi saat berada disana :

 

1.  Lapangan Pasola Lamboya

Terdiri dari kata Sola atau Hola yang memiliki arti lembing kayu yang digunakan untuk melempar dari atas kuda yang dibawa oleh dua kelompok yang berlawanan sambil memacu dengan kencang.

Jadi secara garis besar Pasola atau Pahola artinya permainan ketangkasan untuk saling melempar lembing kayu dari atas kuda yang sedang dipacu antara dua kelompok yang berlawanan.

Sedangkan, Pasola sendiri merupakan bagian dari rangkaian adat upacara tradisional yang dilakukan oleh orang Di yang menganut kepercayaan asli yaitu Marapu. Dan permainan ini menjadi daya tarik wisata tersendiri untuk masyarakat Sumba.

 

2.  Danau Weekuri

Berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Dan juga karena danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang dengan kedalaman 30 cm hingga 2,5 meter. Jika air sedang pasang bisa mencapai 5 meter.

Danau Weekuri adalah danau air asin yang berasal dari air laut yang mampu menembus batu karang yang mengelilingi danau yang diakibatkan dari akumulasi garam, kandungan kadar garam di danau daripada di laut. Selain itu pengunjung juga bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung.

Danau ini memiliki kecantikan yang luar biasa karena memiliki beberapa titik air yang bisa membiaskan gradasi warna yang cantik.

Ada warna biru, kehijauan hingga putih dari pantulan dasar danau. Selain itu pas berenang kamu akan merasakan suhu air yang berbeda.

 

3.  Pantai Walakiri

Memiliki pasir putih dan ombak yang tenang membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat ini. Letak yang cukup jauh dari kota Waingapu sekitar 24 kilometer.

Ditambah lagi pantai ini memiliki hutan mangrove yang unik yang sering jadi latar untuk fotografi.

Uniknya di pantai ini memiliki bakau yang berukuran mungil, tidak seperti pohon bakau tinggi menjulang. Apalagi letak bakau di pantai ini berjauhan sehingga membuat suasana menjadi lebih asri dan sejuk.

Dan pantai ini memiliki pasir putih yang berbeda dengan pantai pada umumnya yaitu antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut.

Pasir di tepi pantai bertekstur butiran berwarna putih gading sementara pasir area bekas laut surut lebih halus, layaknya semen atau bedak basah lalu mengering dan mengeras.

Biasanya para pengunjung memburu fenomena sunset di Pantai Walakiri karena memiliki sunset yang indah.

 

4.  Air Terjun Waimarang

Air terjun ini memiliki tiga tingkat dan berdindingkan bebatuan dengan ukuran kecil, yang paling lebar sekitar tujuh meter dan tingkatan akhir sekitar tiga meter.

Menariknya air terjun ini memiliki kolam alami di bawah air terjun dengan warna hijau tosca dengan kolam yang cukup luas.

Waktu yang paling pas untuk berkunjung ke Air Terjun Waimarang adalah 09.00 – 10.00 WITA agar bisa mendapatkan sinar matahari yang masuk melalui celah air terjun sehingga terlihat seperti biasan cahaya dari langit.

 

5.  Pantai Nihiwatu

Salah satu pantai terbaik di dunia selama dua tahun berturut-turut dan menjadi incaran para surfer atau peselancar kelas dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai dengan julukan God’s Left.

Pantai Nihiwatu ini jauh dari keramaian kota sehingga sangat cocok untuk menyepi dan nyaman dengan menikmati suasana pantai yang indah.

Di pantai ini memiliki bungalow yang menghadap ke Samudera Hindia dan dibangun di atas bukit. Ombak yang ada di Pantai Nihiwatu ini menjadi ombak tercepat di dunia mengalahkan keindahan panorama terkenal di Hawaii yaitu Hanalei Bay.

 

6.  Kampung Adat Tarung

Kamu ingin mempelajari budaya Sumba yang asli berarti kamu harus mengunjungi kampung Adat Tarung. Lokasi kampung yang juga berfungsi sebagai institusi sosial dan keagamaan (Marapu) bersama tradisi yang tidak banyak berubah sejak masa lampau.

Kamu ingin menjadi tiga bagian utama rumah adat. Pertama pada bagian atap rumah yang berbentuk kerucut seperti menara biasa yang berguna untuk menyimpan benda-benda pusaka.

Kadang ada pula yang digunakan untuk menyimpan hasil panen. Kedua, ruang hunian yang tidak menyentuh tanah dengan membedakan ruang akses antara pria dan wanita. Sedangkan untuk ruang bagian bawah menjadi kandang ternak.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.