Keindahan Spektakuler 8 Desa Wisata di Inggris Tak Lekang Zaman

Desa Wisata di Inggris – Inggris merupakan salah satu negara yang dikelilingi pegunungan indah berbukit – bukit dengan padang bunga yang terhampar. Keindahan ini membentuk pemukiman penduduk yang masih pedesaan asri dan lestari.

Seolah kompak dengan masyarakat setempat, pemerintah di Inggris pun sangat mendukung konservasi alam serta melindungi kawasan pedesaan lokal sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan.

Alhasil, sangat banyak desa – desa di Inggris yang memiliki fasilitas dan sarana lengkap akan tetapi tetap tidak menghilangkan kawasan alami seperti hutan, gunung atau danau di desa tersebut. Ingin menengok seperti apa keindahan desa – desa wisata di Inggris? Berikut destinasi desa wisata Inggris yang bisa dikunjungi.

Hawkshead, Lake District, Cumbria

Provinsi South West England, sepertinya dihuni oleh desa – desa wisata yang sangat indah. Kali ini tepat di distrik National Park South Lakeland, Desa Hawkshead menjadi tujuan arah kaki melangkah.

Di sepanjang jalan desa, akan dijumpai rumah – rumah penduduk yang tampak memiliki keseragaman berupa cat berwarna putih dengan jendela pada bagian atap yang tampak sebagai pusat emphasis.

Umumnya, rumah di desa Hawkshead dibangun pada abad ke-17, seiring perubahan zaman, rumah – rumah ini masih tetap kokoh berdiri dan dipertahankan seperti aslinya.

Bicara tentang panorama, Desa Hawkshead memiliki pemandangan perbukitan dan hutan yang sangat indah. Tak ayal, desa wisata ini jadi favorit bagi para wisatawan yang suka hiking, berkemah atau olahraga outdoor seperti yoga di alam bebas.

Lacock, Wiltshire

Desa yang tak kalah cantik masih di Provinsi South East England, Inggris adalah Desa Lacock yang masih dipertahankan seperti aslinya sejak 18 abad silam.

Suasana desa yang masih tradisional terlihat jelas dari bangunan – bangunan kuno sejak abad ke-15. Rumah berbahan kayu yang paling populer dikenal dengan The Sign of the Angel. Rumah klasik ini dahulu merupakan tempat tinggal saudagar kaya di bidang bisnis woll. Bangunan lain yang kini menjadi museum dan galeri seni adalah Fox Talbot Museum, Bowood Hous, Tithe Barn serta Cruck House.

Baca juga: Jelajah 3 Desa Wisata di Kepulauan Anambas

Castleton, Derbyshire

Terletak di provinsi East Midland, Inggris, Desa Castleton, merupakan desa wisata yang sangat indah. Kawasan desa dikelilingi pegunungan di setiap sisi. Yaitu Dark Peak, High Peak serta Hope Valley.

Di desa ini masih terdapat sebuah kastil kuno yang disebut dengan Peveril Castle yang terbuka untuk umum dan menjadi obyek wisata di Desa Castleton. Setiap tanggal 29 Mei, digelar Festival Oak Apple Day yang cukup meriah dan menjadi daya tarik wisata utama para turis. Di mana pada festival ini banyak atraksi dan pertunjukkan seni yang turut memeriahkan acara.

Clovelly, Devon

Masih di kawasan South East England, Desa Clovelly mungkin bisa menjadi desa percontohan di banyak tempat di negara lain. Tak main – main, pemerintah Inggris bahkan melarang adanya penggunaan kendaraan bermotor di desa ini.

Demi menjaga kelestarian lingkungan Desa Clovelly, pembuangan gas emisi karbon yang berlebihan dikhawatirkan dapat merusak keindahan Desa Clovelly cepat atau lambat. Oleh karena itu, wisatawan yang berniat mengunjungi desa kecil yang indah ini harus rela untuk berjalan kaki atau naik sepeda.

Setibanya di Desa Clovelly, panorama indah langsung terhampar di depan mata. Jalan berbatu yang berliku serta dermaga tua menyambut wisatawan dengan jajaran cafe – cafe yang eksotis dan tempat penjualan souvenir.

Bibury, Gloucestershire

Berada di provinsi South West England, Desa Bibury tergolong sebagai desa wisata yang dilindungi dan dipertahankan keasrian serta lingkungannya. Pada masa lalu, Desa Bibury merupakan tempat industri wol yang sangat cemerlang dan berkembang pesat.

Bahkan, pemukiman setempat banyak yang didirikan rumah pondok – pondok kayu dan cottage dari batu tradisional untuk bermalam atau menginap wisatawan. Desa yang dinobatkan sebagai desa paling indah di Inggris ini juga menjadi rumah bagi seniman populer abad ke – 17 seperti William Morris.

Namun, entah mengapa pada tahun 1920-an, tiba – tiba saja industri wol terhenti karena kalah persaingan bisnis dan berubah menjadi penggilingan jagung.

***

Jelajahi keindahan pesona wisata Indonesia dan manca negara, bersama agen travel wisata berkualitas Jari Adventure Jl. Sarimanah Bandung

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *