Keindahan di Balik Legenda Danau Toba

Tidak hanya memiliki beragam wisata bahari yang terkenal di seluruh dunia, Indonesia masih punya segudang destinasi wisata yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Toba, salah satu danau vulkanik terbesar se-Asia tenggara dan terdalam di dunia. Terletak di Provinsi Sumatera Utara, danau yang dikisahkan dalam sebuah legenda yang lekat dalam hati masyarakat Batak, telah menjadi salah satu obyek wisata andalan karena keindahan alamnya yang mengagumkan.

Akses lokasi menuju Danau Toba

Untuk menuju ke Danau Toba, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Jalur transit terdekat untuk mengunjungi Danau Toba adalah Medan. Jika menggunakan jasa pesawat terbang, maka dapat turun di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Atau bisa juga transit di terminal Amplas, bagi traver yang menggunakan jalur darat. Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus Damri menuju Simpang Kayu Besar, dan berganti kendaraan lagi dengan arah tujuan Perapat.

Atraksi wisata di Danau Toba

Setelah sampai di Perapat, Anda sudah bisa menikmati suasana pemandangan Danau Toba. Akan tetapi apabila ingin pergi ke Pulau Samosir, wajib menyeberang menggunakan transportasi kapal ferry, dengan tujuan Tuktuk Siodang. Ini merupakan tempat yang strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sudut. Di pulau ini juga banyak ditawarkan berbagai paket wisata yang beragam. Mulai paket wisata Danau Toba yang menawan, hingga wisata melihat budaya masyarakat Batak yang begitu kental. Hal inilah yang membuat Pulau Samosir menjadi tujuan wisata favorit di Sumatra Utara.

Pulau Sibandang

Tempat wisata di kawasan wisata Danau Toba yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Sibandang. Pulau yang berada di kecamatan Muara Tapanuli Utara ini dikelilingi oleh Danau Toba. Dari sini bisa menikmati keindahan Danau Toba dari segala penjuru. Untuk menuju pulau, ini Anda bisa menyewa kapal yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar pulau.

Desa Tongging

Mau mencari sensasi baru? Coba deh nikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian, di desa Tongging bagian utara Danau Toba. Dari desa ini kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl. Pemandangan Danau Toba dari tempat ini sangat menakjubkan terlebih didukung dengan suasana alam yang indah serta tiupan angin yang tenang. Siap deh jadi pelipur bad mood dan kejenuhan yang melanda. Satu lagi obyek wisata yang bisa kamu jumpai di tempat ini yakni Air terjun Sipiso-piso ,yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

 

Baca Juga : Keindahan Danau Toba Dalam Koleksi Foto Liburan

 

Bakara

Bakara merupakan salah satu wilayah yang berada di pinggiran Danau Toba yang terkenal dengan keindahan alamnnya. Dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan Danau Toba dari sudut yang berbeda. Keindahan Danau Toba dan tebing-tebing pegunungan yang menjulang tinggi seakan membuat orang enggan beranjak dari sini. Bagi yang gemar memancing, tempat ini juga terdapat beberapa tempat yang cocok untuk memancing ikan.

Pantai Lumban Silintong Balige

Nikmati pula keindahan Danau Toba saat matahari tenggelam di Pantai Lumban Silintong Balige. Lumban Silitong merupakan sebuah desa yang berubah menjadi tempat wisata yang berada di Balige Toba Samosir. Kawasan wisata ini menyajikan panorama tepian Danau Toba yang lengkap dengan deretan kafe dan rumah makannya. Puas mengisi perut, kini rasakan sejuknya air danau sambil berenang. Selain itu, Anda bisa menyaksikan kelihaian anak-anak desa ini dalam menyelam. Dengan melemparkan uang koin ke dalam danau, maka dalam sekejap anak-anak tersebut akan mendapatkan koin yang dilempar.

Pusuk Buhit

Pusuk Buhit merupakan deretan bukit yang ada di Pulau Samosir. Di tempat ini, traveler bisa melihat panorama alam serta air terjun yang cukup indah. Untuk menuju tempat ini, kamu bisa menggunakan bus yang disediakan olah pengelola tempat wisata. Tetapi untuk mencapai puncak bukit, kamu harus berjalan kaki sekitar 500 meter.

Oleh-oleh khas Danau Toba

Untuk cendramata khas masyarakat batak pun juga beragam, mulai dari gitar unik yang terbuat dari kayu khas batak, sampai kalender kuno yang ditulis tangan, tentunya juga asli dari Batak, dan banyak lagi souvenir yang unik lainnya. Surganya berbelanja barang–barang antik dan unik khas Batak ada di Pulau Samosir. Disana ada berbagai souvenir yang menarik. Salah satunya adalah kain ulos, merupakan kain hasil tenunan yang biasanya berwarna merah, putih dan hitam, serta dihias dengan benang berwarna emas.

Itulah ulasan mengenai obyek wisata Danau Toba. Semoga bermanfaat bagi Anda ya! (Jari Adventure-Detty-picture 1.bp.blogspot.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.