Keindahan Bukit Tanarara yang Tak Terkira, Ayo Jelajahi Wisata Sumba

Indonesia memiliki alam yang benar-benar indah. Salah satu tempat yang penuh akan destinasi wisata alam yang menakjubkan adalah Sumba.

Memang, Sumba sedang naik daun akhir-akhir ini. Selain terkenal akan alamnya, Sumba juga lebih dikenal karena sempat menjadi lokasi syuting dari film”Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” serta film “Susah Sinyal”.

Sudah pernah melihat film tersebut? Jika sudah, maka Anda pasti tahu betapa kerennya latar tempat pada film tersebut. Akhirnya, banyak penonton yang penasaran untuk melihat indahnya alam Sumba secara langsung.

Penasaran akan destinasi wisata alam di Sumba, Nusa Tenggara Timur? Check this out!

1. Desa Adat Ratenggaro

Pertama ada Desa Adat Ratenggaro, Sumba Barat Daya dengan rumah-rumahnya yang khas. Pernah melihat film “Harry Potter?” Bentuk atap di rumah-rumah warga sekilas terlihat seperti Topi Seleksi Hogwarts.

Keunikan lainnya juga terletak pada tinggi rumahnya yang mencapai 20 meter, tinggi banget, ya! Itulah yang menyebabkan desa ini terlihat seperti kumpulan tombak dari kejauhan.

Untuk mencapai desa ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Ibukota Sumba Barat Daya, Tambaloka menuju arah Desa Adat Ratenggaro selama 1,5 jam perjalanan.

Bisa dengan naik travel atau bis. JIka Anda menaiki bis umum, maka turunlah di Bondo Kodi lalu lanjutkan perjalanan Anda dengan naik ojek.

2. Bukit Tanarara – Sumba Timur

Arti Tanarara sendiri adalah tanah merah. Bukit ini juga memiliki tanah berwarna kemerahan. Namun, bukan itu yang membuat wisatawan berdatangan.

Daya tariknya terletak pada perbukitan yang berselimut rumput sabana sehingga menjadi sebuah pemandangan otentik di Pulau Sumba.

Di puncak bukit ini, ada sebuah kubur batu yang terlihat seperti Stonehenge di Salisbury Plain, UK jika dilihat dari kejauhan.

Bedanya, kubur batu yang satu ini memiliki ukiran khas Sumba. Kubur batu ini cukup Anda lihat saja dan tidak boleh dipegang.

3. Bendungan Kambaniru – Sumba Timur

IndonesiaKaya.com

Berkunjung ke Sumba kurang lengkap jika melewati destinasi wisata yang satu ini. Bendungan Kambaniru memiliki pemandangan yang sangat instagramable.

Di sini ada sebuah sungai yang mengalir menerobos lembahan yang ada di antara bukit gersang. Terlihat seperti Yin dan Yang, subur dan tandus sekaligus.

Gradasi warna yang dihasilkan sangat cantik dan cocok dijadikan background berfoto Anda. Ini adalah spot yang sangat tepat untuk para fotografer. Lokasinya berada di Kelurahan Lamba Napu, Kecamatan Kambera, Sumba Timur.

4. Air Terjun Tanggedu – Sumba Timur

twitter.com

Sebagai wilayah yang berada dalam lintang alam karst, wajar saja jika Sumba memiliki banyak sekali wisata air seperti sungai dan air terjun.

Bebatuanya berwarna cokelat terang serta air yang berwana toska. Salah satu wisata air yang patut Anda kunjungi adalah Air Terjun Tanggedu dengan air yang lebih bersih daripada Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul.

Lokasinya tidak jauh dari kawasan Waingapu, yaitu hanya skeitar 46 km jaraknya. Jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maka berhati-hatilah karena ada beberapa ruas jalan yang belum diaspal.

5. Air Terjun Koala(t) – Sumba Timur

triptrus.com

Namanya adalah air terjun Koalat, namun ada juga yang menyebutnya Koala. Ingin tahu dari mana asal Koala? Jika Anda sudah sampai di tempat, coba lihat penampakan air terjun dari atas.

Susunan batu di aliran air terjun terlihat seperti koala yang nangkring di pohon. Terlihat lumayan lucu, ya! Air terjun ini terletak di Desa Maidang, Kecamatan Kambata Mapambuhang, Sumba Timur.

Baca juga:

Incaran Pelancong Global, Spot Selfi Ter-Hits di Prancis untuk Kenangan Romantis

 

6. Laguna Weekuri – Sumba Barat Daya

Sesuai Namanya, Weekuri ini merupakan sebuah laguna. Tahu apa itu laguna? Laguna adalah tempat berkumpulnya air laut yang menerobos melewati celah karang penghalangnya.

Sampai di tempat, Anda akan dibuat terpesona akan kombinasi warnanya yang sangat cantik. Lokasinya beada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Sumba Barat Daya.

7. Pantai Mandorak – Sumba Barat Daya

Sumba memiliki pantai dengan keindahan yang luar biasa. Pantai ini menjadi tempat perahu tertambat milik penduduk setempat.

Destinasi ini memiliki pasir antai yang putih mempesona serta terdapat karang yang mampu melindungi daratan dari gelombang dahsyat yang menghantam pantai.

Pantas saja pantai ini menjadi tempat parkir perahu masyarakat setempat. Lokasinya berada di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya.

Sudah siap berkunjung ke destinasi wisata alam menakjubkan yang ada di Sumba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.