Keindahan Bak Lukisan, Panduan Liburan Sendiri ke Yunani Ala Backpacker

Yunani atau Greece adalah negara yang berada di wilayah Eropa Tenggara, tepatnya berada di sebelah timur Italia dan berada di dataran utama Semenanjung Balkan.

Yunani meliputi ratusan pulau yang ada di Laut Aegea, Laut Kreta, Laut Medterania, serta Laut Lonia. Semua sudah tahu bila Yunani adalah negara penuh sejarah peradaban manusia.

Menurut sejarah, manusia sudah menghuni kawasan Yunani sejak 7000 tahun sebelum Masehi. Kawasan ini bernama Hellas kala itu dan kota-kotanya bernama polis.

Kini, Athena adalah ibu kota dari Yunani serta menggunakan Bahasa Yunani sebagai bahasa sehari-harinya. Berkunjung ke Yunani adalah hal yang diidam-idamkan banyak orang di dunia. Inilah beberapa destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi traveler.

1.       Santorini

Pulau yang ada di Laut Aegea ini termasuk dari gugusan pulau Cyclades. Santorini berada sekitar 200 km di sebelah tenggara dari daratan utama Yunani.

Jumlah penduduknya mencapai 15 ribu jiwa di tahun 2011. Sebagian besar penduduknya tinggal di Oia, Emporio, Kamari, serta Fira (Phira).

Santorini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang datang. Itu karena pulau ini menyuguhkan panorama unik dari arsitektur bangunan tradisional khas Cyclades.

Bangunannya didominasi dengan warna putih serta dibangun di tepi tebing yang berhadapan langsung dengan lautan biru. Pulau ini menjadi salah satu pulau terindah di dunia di tahun 2015.

2.       Athena

Berkunjung ke sebuah negara kurang lengkap bila tidak berkunjung ke ibu kotanya. Athena termasuk kota terbesar di negara Yunani dan menjadi ibu kotanya.

Athena memiliki pemandangan super indah karena dikelilingi oleh Pegunungan Mount Aigaleo, Mount Parnitha, Mount Pentelicus dan Mount Hymettus.

Penduduk yang tinggal mencapai 664 ribu jiwa di tahun 2011. Athena adalah kota penuh sejarah yang dipercaya sudah ada sejak abad ke 7 sebelum masehi.

Terdapat 2 ikon di kota ini yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu Acropolis Athena dan Daphni Monastery, keduanya masuk dalam UNESCO World Heritage Site.

3.       Rhodes

Rhodes termasuk sebuah pulau yang berada di laut Aegea, tepatnya sekitar 300 km di sebelah timur Santorini. Jumlah penduduknya di tahun 2011 adalah sebanyak 50 ribu jiwa.

Dulunya, pulau ini terkenal akan patung Colossus Rhodes dengan tinggi 33 meter yang menggambarkan Dewa Matahari, Helios.

Kini, patung tersebut sudah masuk dalam 7 Wonders of Ancient World. Landmark utama dari Rhodes adalah reruntuhan Acropolis Rhodes, Benteng Rhodes, Lindos, serta Ixia Beach.

4.       Kerkyra (Corfu)

Kerkyra adalah negara yang terletak di Laut Lonia, tepatnya di barat laut Yunani. Pulau terbesar kedua di Laut Lonia ini terletak tak jauh dari tepi Pantai Sarande, Albania.

Jumlah penduduknya mencapai 102 ribu jiwa di tahun 2011. Landmarknya adalah Pontikonisi Island, Kasiopu Village, Spianada Square, Palaio Frourio, hingga Canal d’Amour.

5.       Mykonos

Pulau yang satu ini juga masuk dalam gugusan Cyclades yang berada di Laut Aegea, sekitar 150 km sebelah timur dari Athena.

Pulau yang sering dijuluki “The Island of The Winds” ini menjadi destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Yunani.

Ada banyak bangunan dengan arsitektur unik di Mikonos yang berbentuk kubik serta didominasi dengan warna putih. Landmarknya adalah Municipal Library, Mykonos Windmills, hingga Little Venice.

Baca juga:

Dekat dan Hemat! Ayo, Plesiran ke Singapura Bareng Teman Kuliah Rame-rame

6.       Kos (Cos)

Kos adalah pulau yang masuk dalam gugusan pulau Dodecanese yang berada di wilayah timur laut Aegea. Letaknya hanya 4 km dari pantai Caria, Turki.

Jumlah penduduknya hanya mencapai sekitar 33 ribu jiwa di tahun 2011. Landmarknya adalah Lambi Beach, Antimachia Castle, Kos Cathedral, Kardemena, Kos Fortress hingga Ancient Agora. Anda bisa menuju kawasan Kos dengan menggunakan ferry dari dataran utama Yunani.

7.       Zakynthos

Pulau Zakynthos termasuk dalam pulau terbesar ketiga di gugusan pulau Lonia di laut Lonia. Zakynthos berada di 200 km sebelah selatan dari Kerkyra serta 20 km dari daratan utama Yunani di sebelah barat.

Populasi penduduknya hanya sekitar 40 ribu jiwa di tahun 2011. Pulau ini mendapatkan julukan sebagai “To Fioro Tou Levante” yang berarti “The Flower of The East”.

Landmark yang bisa Anda kunjungi adalah Navagio Beach, Cape Skinari, Keri Village serta Laganas Beach.

8.       Thessaloniki

Kota terbesar kedua di Yunani ini berada di wilayah utara Yunani, tepatnya di tepi Teluk Thermaic yang menghadap ke Laut Aegea. Wilayah Thessaloniki masuk dalam region Macedonia.

Populasi penduduknya mencapai 385 ribu jiwa di tahun 2007. Kota ini mendapatkan julukan “The co-capital” karena kota ini menjadi ibu kota kedua setelah Konstantinople di masa Kekaisaran Byzantium.

Landmark yang wajib Anda kunjungi adalah White Tower, Museum Arkeologi Thessaloniki, Sound Garden, Ano Poli hingga Byzantine.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.