Keindahan 7 Taman Nasional di Indonesia Bak Taman Negeri Dongeng

Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang dikenal akan kekayaan budaya serta keindahan alamnya. Bisa dibilang Indonesia tidak pernah sepi akan wisatawan internasionalnya.

Bahkan, jumlahnya selalu meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit di Indonesia adalah taman nasionalnya.

Berbeda dengan taman pada umumnya, di taman nasional inilah kita bisa melihat keberagaman fauna serta flora asli Indonesia yang hidup di habitatnya.

Asyiknya lagi, kita juga bisa kita berinteraksi langsung dengan fauna tersebut lho! Berikut adalah beberapa taman nasional di Indonesia yang bisa jadi destinasi wisata kita di liburan mendatang:

 

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman nasional satu ini cocok untuk kita yang ingin menikmati pesona alam dengan track yang cukup menantang.

Melalui taman yang berlokasi di Gunung Leuser inilah kita bisa melihat langsung berbagai binatang buas ataupun jinak seperti beruang madu, orang utan, dan tak lupa ada badak dan gajah Sumatra.

 

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Keindahan gunung Bromo memang tidak pernah ada habisnya, termasuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia.

Taman nasional satu ini berbeda dengan taman nasional lainnya karena memiliki laut pasir seluas 5,250 hektar dengan ketinggiannya sendiri ada pada 2,100 meter di atas permukaan air laut.

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru inilah kita bisa melihat berbagai fauna yang hidup di alamnya, seperti ada 22 jenis mamalia, 4 jenis reptilia, bahkan 137 jenis burung lho!

 

Taman Nasional Komodo

Seperti namanya, di Taman Nasional Komodo ini kita bisa melihat ratusan bahkan ribuan komodo yang hidup bebas di habitatnya.

Selain komodo, kita juga bisa melihat langsung 277 spesies hewan Asia-Australia yang tidak kalah indahnya dengan komodo.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa diving dan melihat keindahan 253 spesies terumbu karang serta 1,000 spesies ikan di taman nasional ini lho!

 

Taman Nasional Lorentz

Siapa sangka jika taman nasional yang berlokasi di Papua ini ditetapkan sebagai taman nasional terbesar se-Asia Tenggara?

Menariknya lagi, Taman Nasional Lorentz ini sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1997 silam lho!

DI Taman Nasional Lorentz ini, kita tidak hanya bisa menyaksikan keindahan flora dan dauna namun juga kebudayaan suku asli Papua seperti Suku Sempan, Suku Asmat, Suku Dani Barat, dan tak lupa ada Suku Sempan.

Adanya gletser di Taman Nasional Lorentz inilah yang membuat fauna asal Australia mampu bertahan hidup seperti fauna asli Indonesia lainnya.

baca juga:

Pulau Panaitan, Surganya Peselancar yang Tersembunyi di Pandeglang, Banten

 

Taman Nasional Karimun Jawa

Karium Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang selalu menarik untuk dibicarakan, termasuk keindahan pulau ini yang tidak ada duanya.

Karimun Jawa juga memiliki taman nasinonal seluas 111 hektar yang terdiri dari 22 pulau sekaligus. Tak jarang wisatawan mampir ke Taman Nasional Karimun Jawa dan menghabiskan waktu hingga berjam-jam.

 

Taman Nasional Ujung Kulon

Siapa bilang kita harus pergi ke luar Jawa apabila ingin menikmati keindahan taman nasional? Taman Nasional Ujung Kulon adalah salah satu taman nasional yang berada di Pulau Jawa, tepatnya berada di ujung barat.

Dijamin kita puas ketika mengelilingi taman nasional ini mengingat luasnya yang mencapai 122 hektar. Taman Nasional Ujung Kulon sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 silam.

 

Taman Nasional Kerinci Seblat

Satu lagi taman nasional yang tidak boleh terlewatkan adalah Taman Nasional Kerinci Seblat yang berlokasi di pulau Sumatra.

Di taman nasional inilah kita bisa melihat keberagaman fauna yang hidup secara bebas seperti macan dahan, harimau Sumatra, tapir Melayu, dan tak lupa ada beruang madu.

Bahkan diperkirakan ada 37-0 jenis burung yang hidup di taman nasional ini lho! Kita juga melihat langsung keindahan bunga Raflesia Arnoldi yang sudah langka dan susah untuk ditemukan.

Menarik bukan taman nasional yang disebutkan barusan? Kapan lagi mengajak orang tersayang menikmati keindahan alam Indonesia melalui taman nasional? Yuk rencanakan liburanmu mulai dari sekarang!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.