Kebun Raya Bogor, Secuil Hutan di Tengah Kota Bogor

Kebun Raya BogorTidak lengkap rasanya mengunjungi Bogor, tanpa menjejakkan langkah di Kebun Raya Bogor. Berlokasi di Jalan Ir Juanda Nomer 13, Bogor, Jawa Barat, Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk mencapai kebun botani yang satu ini. Selain akses jalannya yang mudah, letaknya juga tidak jauh dari pusat kota, sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi public.

Sebelum memasuki Kebun Raya Bogor, Anda akan dikenai biaya masuk sebesar 14 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 25 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Kebun Raya Bogor ini dibuka mulai setengah delapan pagi hingga setengah enam sore. Waktu yang lumayan panjang untuk menjelajahi kebun seluas 87 hektar dengan koleksi sekitar 15 ribu tanaman ini. Berikut ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi saat berada di Kebun Raya Bogor.

Danau Gunting

Danau buatan ini seakan menyambut para pengunjung yang datang ke Kebun Raya Bogor, karena mudah diakses dari gerbang pintu utamanya. Walaupun memiliki beberapa cerita mistis yang bikin bulu kuduk berdiri, danau ini menambahkan kesan alam yang teduh dan asri. Keberadaan teratai di permukaannya juga membuat siapa saja yang datang tidak jenuh melihatnya. Jangan lupa untuk mengunjungi spot-spot di sekitar Danau Gunting. Seperti prasasti Georg Karl Reinwardt, pendiri Kebun Raya Bogor, Patung Tangan Tuhan, dan Patung Little Mermaid.

Museum Zoologi

Seperti namanya, museum ini menyimpan semua hal yang berkaitan dengan hewan. Termasuk 2000 jenis satwa yang diawetkan. Selain itu, terdapat juga fosil binatang dan diorama-diorama dengan binatang sebagai figur utamanya. Salah satu koleksi yang banyak menarik perhatian para pengunjung adalah kerangka tulang utuh dari makhluk hidup terbesar hidup di dunia, yaitu paus biru.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Taman Meksiko

Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki nuansa Meksiko yang kental. Seperti patung tiga musisi yang menggunakan pakaian tradisional Meksiko. Dan ditempatkan di salah satu sudut taman. Dibanding tempat-tempat lain di Kebun Raya Bogor, taman yang satu ini cenderung panas dan agak gersang. Sehingga para pengunjung dapat  merasakan suasana padang pasir di tengah hutan. Selain patung, terdapat juga beebrpa spesies kaktus yang tumbuh tersebar di seluruh taman.

Taman Astrid dan Grand Garden Cafe

Ada taman luas yang berada persis di belakang pintu IV atau pintu khusus pejalan kaki. Dinamakan sesuai dengan permaisuri dari Belgia. Taman Astrid ini memiliki hamparan rumput yang luas. Selain itu juga ada kolam serat jalan yang dipenuhi bunga-bunga, yang juga berbagi nama yang sama.

Puas mengelilingi beberapa spot di Kebun Raya Bogor, kaki mulai merasa lelah dan perut mulai berteriak lapar. Ini saat yang tepat untuk mampir ke Grand Garden Café. Buka mulai jam 8 pagi hingga 9 malam. Tempat makan yang dulunya dikenal dengan nama Kafe Dedaunan ini merupakan satu-satunya kafe di Kebun Raya Bogor. Nuansa Eropa yang kental dari arsitekstur dan hiasan di dalam café ini membuat atmosfer di dalamnya seakan benar-benar berada di negara Eropa.

Taman dan Tugu Teijsman

Selain Taman Astrid yang membuat mata leluasa memandang hamparan rumput, di Kebun Raya Bogor juga ada taman yang bernama Taman Teijsman. Nama ini diambil sari seorang ahli botani yang ditugaskan mengelola Kebun Raya Bogor pada tahun 1830. Di tengah-tengah taman yang tidak terlalu ramai ini berdiri sebuah tugu dengan nama yang sama. Pemandangan yang indah dan suasana nya yang menyenangkan, membuat taman ini sering jadi favorit para wisatawan.

Taman Sujana Kassan

Taman lain yang juga asyik dikunjungi adalah Taman Sujana Kassan. Di tengah hamparan rumput, ada rangkaian bunga yang membenuk lambang Negara Indonesia, yaitu burung garuda. Tersedia undakan jika ada pengunjung yang mau melihat bentuknya dari ketinggian. Taman yang diresmikan pada 18 Mei 1985 ini mengambil nama Sujana Kassan, orang Indonesia yang pernah menjabat sebaga direktur Kebun Raya Bogor.

Griya Anggrek

Dikenal juga dengan nama Rumah Kaca Anggrek, memiliki jam buka mulai jam 8 pagi hingga setengah empat siang. Tempat ini merupakan salah satu bagian dari Kebun Raya Bogor, yang dikhususkan untuk menyimpan dan memelihara anggrek. Ada kurang lebih 500 spesies anggrek, baik alami yang dapat ditemukan di ruangan sebelah kiri. Maupun hasil silangan yang berada di ruangan sebelah kanan.

Pemandangan yang hijau, penuh dengan edukasi tentang tanaman dan sejarah, membuat kunjungan ke Kebun Raya Bogor semakin lengkap dan berarti. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *