5 Keajaiban Patung Tertinggi kedua di Dunia, Garuda Wisnu Kencana

Bali memang tak pernah berhenti memukau jutaan pasang mata. Setiap detail pulau Bali layak untuk diapresiasi karena keindahan yang dimilikinya. Sektor Pariwisata merupakan sektor utama pendapatan daerah. Segala fasiltas yang memadai pun menambah nilai plus bagi pulau Bali. Fasilitas memadai dapat menjadi penunjang bagi para wisatawan. Mulai dari yang mewah, sederhana, hingga murah pun ada.

Tidak hanya alamnya saja yang patut diapresiasi, Budaya yang masih kental menjadi ciri khas pulau Bali. Bali adalah wilayah yang kaya budaya. Adat-adat yang masih dipegang teguh, Tradisi yang masih dijaga, masyarakat yang ramah. Berwisata ke Bali identiknya dengan Pantai, namun Bali rupanya memiliki tempat wisata yang harus dikunjugi selain pantai. Yaitu Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Rasakanlah sensasi lain dari wisata pulau Bali dengan berkunjung kemari.

Taman Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Kira-kira 40 KM di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Provinsi Bali. Berada di Ketinggian 146 meter diatas permukaan tanah dan 263 meter di atas permukaan air laut. Di  areal Taman Budaya ini sudah didirikan sebuah landmark atau maskot Bali,yaitu Patung berukuran Raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda setinggi 121 meter. Rencananya, Pembangunan akan rampung pada bulan Agustus tahun ini. Digadang-gadang akan selesai Agustus karena akan dijadikan sebagai kado bagi Indonesia yang sudah 73 tahun merdeka dan bebas dari penjajah.

Patung ini merupakan hasil mahakarya seniman Bali bernama Nyoman Nuarta. Peletakan Batu pertama pembangunan GWK berlangsung pada tahun 1997. Patung ini sendiri terletak di Desa Ungasan, Badung, Bali dan akan menjadi patung tertinggi di dunia mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Material pembangunan patung diimpor dari beberapa negara-negara seperti Jepang, negara-negara Eropa,hingga Amerika Latin. Patung ini akan memberi rasa bangga tersendiri bagi Indonesia.

Di taman budaya Garuda Wisnu kencana ini rupanya juga memiliki beberapa tempat rekreasi, yaitu:

  • Wisnu Plaza

Adalah tempat tertinggi di daerah GWK dimana bagian paling penting dari Patung Garuda Wisnu berukuran 20 meter sementara ditempatkan. Pada waktu tertentu, beberapa seni tradisional Bali ditampilkan dengan patung wisnu sebagai latar belakangnya.

Titik fokus wisnu plaza, patung wisnu,dikelilingi oleh air mancur dan sumur air suci terdekat, Parahyangan Somaka Giri. Sumur ini diyakini sebagai berkah dengan kekuatan magis yang kuat yaitu dapat menyembuhkan penyakit dan meminta dewa hujan selama musim kemarau.

  • Street Theater

Disini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi. Sovenir Bali dan khususnya Merchandise GWK bisa kamu dapatkan disini. Produk spa Bali dan produk Aromaterapi juga tersedia di sini. Pada beberapa hari sekali, kamu bisa berbelanja dan makan sambil ditemani oleh barong, rindik, atau parade. Setelah kamu lelah berkeliling, disini juga ada Pijat Refleksi untuk kamu yang pegal-pegal.

  • Lotus Pond

Area outdoor terbesar di GWK. Lotus pond adalah tempat yang tepat untuk mengadakan acara outdoor skala besar. Baik skala nasional dan Internasional seperti Konser musik dan Pertemuan Internasional kerap diadakan disini. Lotus pond merupakan tempat yang unik dengan pilar batu kapur di sisi dan patung megah garuda sebagai latar belakangnya.

  • Indraloka Garden

Diberi nama Indraloka karena dianggap seperti surga milik Dewa Indra,  memiliki panorama yang begitu indah. Indraloka Garden merupakan salah satu tempat favorit di GWK untuk mengadakan pesta kecil menengah, perkumpulan, dan upacara pernikahan. Pemandangan Bali dari atas bisa kamu lihat darisini.

  • Amphitheatre

Adalah gedung berkapasitas 800 penonton untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Tak jarang bila suara nyaring gamelan sering terdengar karena Tari Kecak yang terkenal bisa kamu lihat dengan gratis setiap harinya. Oleh karena itu datanglah pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Tari kecak disini juga dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

Baca juga:

Pantai Panaitan Banten, Surganya Pengalaman Surfing Berkesan

***

Pembangunan yang memakan waktu lama akan segera berakhir, bulan Agustus ini tertarikkah kamu mengunjunginya? Jadilah saksi mahakarya yang amat indah yaitu Patung Garuda Wisnu Kencana. Ingin Ke Bali tapi bingung soal akomodasi? Manfaatkan jasa Agen Perjalanan Jari Adventure.

Tentukan Paketnya, Tanggalnya, dan nikmati penawaran harga spesial yang ramah budget. Jari Adventure merupakan Agen perjalanan Terpercaya yang sudah bertahun-tahun melayani kebutuhan perjalanan wisata instansi / BUMN ternama di tanah air. Perjalanan menjadi lebih bermakna dan mengesankan bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.