Bukan Piramida, Inilah Daftar 7 Keajaiban Dunia Baru

Pertama kali kita sekolah waktu SD, kita semua mengetahui kalau tujuh keajaiban dunia adalah Piramida, Patung Liberty, Menara Eifel, Menara Miring Pisa, Acropolis, Tanah Merah Rusia dan Candi Borobudur.

Dan di tahun 2007 terdapat 7 keajaiban dunia baru yang fantastis dan wajib dikunjungi sekali seumur hidup.

 

Tembok Besar China (Great Wall of China)

Pengagum karya konstruksi yang megah dan penuh nilai sejarah, Tembok Besar China menjadi salah satu destinasi 7 keajaiban dunia yang bisa kamu kunjungi.

Tembok Besar China secara umum memiliki panjang sekitar 8.850 kilometer. Ada sebuah penelitian di China menyatakan kalau panjang dari Tembok Besar China adalah 21.200 kilometer.

Tembok Besar China dibangun mulai abad ke-7 SM dan berlanjut sampai 2 milenium.

 

Sebenarnya tembok ini memiliki 2 struktur paralel yang memanjang dan selain itu keajaiban dunia ini juga memiliki menara pengawas dan tenda pasukan yang menempel struktur paralel.

Secara umum tujuan pembangunan Tembok Besar China adalah mencegah invasi dan menjaga keamanan.

Namun menurut para ahli mencatat bahwa pembangunan Tembok Besar China untuk politik propaganda.

 

Chichén Itzà

globeguide

Sekarang kita beralih ke Amerika, salah satu dari 7 keajaiban dunia yang menarik adalah Chichén Itzà. Kota yang dibangun oleh suku Maya berada di Semanjung Yucatan, Meksiko.

Dalam sejarah, kota ini sudah berkembang pada abad ke-9 dan ke-10 masehi. Disana kamu bisa menemukan sejumlah monumen dan kuil yang berdiri dan memiliki gaya arsitektur yang dipengaruhi oleh Suku Itza dan Toltec.

Di dalam kota tersebut juga ada kuil dan monumen yang dibangun, selain itu kamu bisa mengunjungi Piramida El Castillo (The Castle) yang menjadi bangunan paling terkenal memiliki tinggi mencapai 24 meter.

Piramida El Castillo ini memiliki 365 tangga sesuai dengan jumlah hari dalam tahun matahari sehingga terbukti bahwa suku Maya memiliki kemampuan astronomi.

Bagi penduduk di zaman kuno, Chichén Itzà ini merupakan rumah bagi tlachtli, dimana penduduk bisa memainkan permainan bola ritual yang sangat populer di seluruh Mesoamerika pada zaman pra-Columbus.

 

Petra

Silversea

Kota kuno ini terletak di Yordania, sebuah lembah terpencil yang dikelilingi batuan pasir, pegunungan dan tebing. Sebagai salah satu keajaiban dunia,

Petra konon merupakan tempat Musa mendapatkan keajaiban yang mampu memecahkan batu dan membuat air menyembur keluar sehingga menawarkan pemandangan alam yang unik.

Perpaduan pasir, batu dan pegunungan yang menawan, cocok untuk kamu yang mencari destinasi wisata dengan pemandangan yang tak biasa.

 

Pada abad ke-4 SM, Petra diangkat sebagai Ibu Kota oleh Suku Arab dan Suku Nabatean serta pusat perdagangan yang penting untuk rempah-rempah.

Petra memiliki jumlah populasi sebanyak 30.000 dengan membangun sistem air yang membuat lahan pertanian subur.

 

Kota kuno mulai ditinggalkan sebagai pusat perdagangan ketika jalur perdagangan yang bergeser. Selain itu ada beberapa gempa hebat di tahun 363 M dan tahun 552 warga kota Petra kesulitan untuk melanjutkan hidup, sehingga kota ini mulai ditinggalkan secara bertahap.

Di tahun 1912, kota Petra ditemukan dan diabaikan oleh para arkeolog hingga abad ke-20.

 

Machu Picchu

Ottsworld
Ottsworld.com

Sebuah monumen yang dimiliki suku Inca Yang yang terletak dekat kota Cuzco, Peru. Ditemukan di tahun 1911 oleh Hiram Bingham.

Peneliti mempercayai bahwa Macchu Picchu adalah Vilcabamba, benteng raksasa suku Inca yang digunakan untuk pemberontakan abad ke-16 melawan pemerintahan Spanyol.

Bingham meyakini bahwa Machu Picchu merupakan rumah dari Perawan Matahari, wanita yang ditinggal di bawah sumpah kesucian.

Meskipun keajaiban dunia satu ini terletak relatif tinggi di pegunungan Andes, Machu Picchu memiliki teras pertanian, alun-alun, kuil dan area pemukiman.

 

baca juga:

Hobi Mendaki Gunung, Ini Rekomendasi Gunung ala Fiersa Besari untuk Pemula

 

Christ The Redeemer

thetravelimages

Patung Yesus yang sangat besar ini berada di puncak gunung Corcovado di Rio De Janeiro.

Dibuat setelah perang dunia pertama, ketika orang Brazil memiliki paranoia “gelombang ketidak tuhanan” karena rasa takut yang mereka miliki .

Orang-orang Brazil mengusulkan membuat patung yang dirancang oleh Heitor da Silva Costa, Carlos Oswald dan Paul Landowski.

Pembangunan ini dimulai pada tahun 1926 dan selesai pada lima tahun kemudian serta monumen ini berdiri setinggi 30 meter serta lebar tangan yang terulur sepanjang 28 meter.

 

Colosseum

futuready

Berada di Roma dan dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Vespasian di abad pertama. Bangunan amfiteater raksasa yang berukuran 189 m x 156 m dan memiliki sistem kubah yang kompleks.

Bangunan ini mampu menampung 50.000 penonton dengan berbagai macam acara termasuk acara perkelahian Gladiator.

 

Taj Mahal

Liputan6.com

Terletak pada komplek mousoleum di Agra, India, Taj Mahal dianggap sebagai monumen paling ikonik di dunia dan contoh terbaik arsitektur Mughal.

Dibangun pada era Kekaisaran Shah Jahan di tahun 1628-58 sebagai bentuk penghormatan kepada istrinya Mumtaz Mahal yang meninggal di tahun 1631 saat melahirkan anak ke-14 mereka.

Dengan memakan waktu 22 tahun dan 20.000 pekerja untuk membangun kompleks pemakaman, taman yang luas dan kolam refleksi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.