Keajaiban 7 Spot Surfing Terbaik di Indonesia, Berani Menunggangi Ombak?

Indonesia kaya akan wisata alam yang sangat mempesona, salah satunya adalah pantai dan lautnya. Tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali spot surfing yang disukai wisatawan lokal hingga mancanegara.

Biasanya, pecinta surfing akan memilih beberapa pantai di Bali yang menjadi destinasi wajibnya.

Namun, pantai dengan spot surfing terbaik tidak hanya ada di Bali saja. Beberapa pulau di bawah ini bahkan memiliki ombak yang menantang hingga menarik para surfer mancanegara. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Pulau Sipora – Sumatera Barat

Tahukah Anda jika Sumatera Barat memiliki banyak sekali spot surfing yang indah? Bahkan, jumlahnya mencapai 400 spot surfing yang bahkan terkenal di kalangan para peselancar Internasional, lho!

Salah satunya adalah Pulau Sipora yang kini telah masuk ke dalam daftar 20 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel.

Pulau Sipora merupakan salah satu pulau di Kepulauan Mentawai yang terkenal sebagai salah satu destianasi surfing terbaik di dunia.

Bisa dibayangkan ya bagaimana ombaknya. Bisa dibilang, seluruh perselancar professional hingga mancanegara sudah pernah ke tempat ini.

Ombak sedang tinggi di bulan April atau Oktober, sempatkan diri Anda untuk berkunjung pada bulan itu.

2. Nias – Sumatera Utara

Nias terkenal akan tradisi Lompat Batu serta rumah-rumah penduduk dengan bentuk yang super unik. Namun, bagi kalangan peselancar internasional, Nias terkenal akan spot surfing terbaik di dunia.

Tak tanggung-tanggung, gulungan ombak di pantai di Nias bisa mencapai 1 hingga 5 meter, lho! Para peselancar tingkat beginner hingga advanced bisa mencoba ombaknya.

Yang paling keren lagi, ombak-ombak di Nias selalu konstan sepanjang tahun tanpa memiliki waktu-waktu tertentu.

3. Pulau Nihiwatu – Nusa Tenggara Timur

Dari Sumatera kini kita beralih ke kawasan Nusa Tenggara Timur. Pulau Nihwatu namanya, pulau ini ternyata milik salah satu resort yang terletak di Sumba Barat.

Memiliki pantai yang sangat indah dengan pasir pantai yang seputih kapur dan selembut tepung. Airnya bening seperti kaca transparan.

Tak hanya itu, pantai di Pulau Nihiwatu merupakan salah satu spot wisata favorit karena ombaknya yang menarik perhatian.

Lautnya memiliki julukan Left God Waves, gulungan ombaknya sangat menantang para surfers lokal hingga mancanegara.

Selain itu, pantai ini hanya memperobolehkan 10 surfers saja dalam sehari. Kenapa? Ini bertujuan agar privasi tamu yang menginap di resort tetap terjaga dan tenang.

Surfing di pantai ini bisa menjadi salah satu ajang refreshing dan beristirahat.

4. Sungai Kampar – Riau

Sungai? Bisakah berselancar di sungai? Di Riau, jawabannya bisa! Anda bisa mencoba sensasi baru yaitu surfing di Sungai Kampar yang memiliki ombak.

Fenomena ini sangat unik sehingga diberi nama Bono. Lalu, bagaimana ombak terbentuk?

Ombak Bono muncul akibat dari bertemunya arus pasang laut dan arus pasang sungai sehingga ombak bisa muncul setinggi 4 hingga 5 meter.

Sungai memang biasanya tidak memiliki ombak, namun sungai ini memiliki ombak yang biasanya ditemukan di laut.

Namun, tidak sembarang waktu untuk mencoba ombaknya. Fenomena ini hanya terjadi ketika bulan purnama di tanggal 10 – 20 di bulan Agustus atau Desember.

Ombaknya sangat unik karena bisa berbaris hinga 21 ombak dengan urut.

Untuk berselancar disini, pastikan Anda mengikuti arahan dari surfer ahli. Hati-hati juga dengan arus yang liar serta buaya muara yang menghuni sungai ini.

5. Pantai Plengkung (G-Land) – Jawa Timur

Siapa sangka jika Jawa Timur juga memiliki spot surfing terbaik. Pernah mendengar surfing trip ke G-Land? Apa itu G-Land?

Ternyata G-Land adalah Pantai Plengkung yang memang belum banyak dikenal para wisatawan lokal. Namun, pantai ini adalah favorit para surfer Internasional.

Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.

Pantai Plengkung memiliki ombak yang bisa mencapai 8 meter dan Panjang hingga 2 km!

Ombak sepanjang dan setinggi itu hanya bisa ditemukan di pantai ini, Hawaii, serta Afrika Selatan.

Pantainya juga cantik dengan suasana yang sunyi. Pantai ini dikelilingi oleh hutan lebat sehingga lebih sejuk dan menarik perhatian pengunjung.

Baca juga:

Konon Bekas Darah Peperangan, Pantai di Nias Berwarna Pink yang Legendaris

6. Pantai Tanjung Setia – Lampung

Daya tarik pantai Tanjung Setia akan membuat Anda merasa seperti berselancar di Hawaii. Lokasi pantai berada dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan dengan tinggi ombak yang mencapai 6-7 meter.

Bahkan, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ada banyak warung di pinggir pantai yang menjual seafood segar sehingga bisa mengenyangkan perut Anda.

7. Pulau Rote – Nusa Tenggara Timur

Kawasan Timor Barat memiliki keindahan yang sangat alami, salah satunya di Pulau Rote. Pulau Rote adalah spot favorit para peselancar dunia karena memiliki ombak yang menantang serta suasana yang sepi.

Kawasan ini sering disebut dengan nama T-Land dengan ombak yang panjangnya mencapai 300 meter. Tempat ini termasuk dalam arena surfing terpanjang di Indonesia dengan tinggi ombak mencapai 4,5 meter.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.