Karimun Jawa, Surga di Utara Pulau Jawa

Selama ini biasanya wisata bahari disangkutpautkan dengan nama Pulau Bali, yang namanya sudah terkenal di seluruh dunia. Tapi Anda tak perlu jauh-jauh berkunjung kesana, untuk menikmati pemandangan, terutama keindahan bawah laut. Cukup langkahkan kaki ke utara Pulau Jawa, Karimun Jawa.

Karimun Jawa memang cocok diberi label Surga Utara Pulau Jawa karena ditempat tersebut menawarkan keindahan yang memukau, terletak di dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Daerah ini mempunyai luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimun Jawa saat ini dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata Taman laut. Tidak hanya digemari oleh traveler lokal, bahkan hingga mancanegara.

Ada berbagai jalur transportasi yang bisa dipakai untuk menuju ke Karimun Jawa. Jika menggunakan kereta api atau pesawat terbang, Anda cukup turun ke Semarang lalu dilanjutkan ke Jepara. Alternatif kedua dapat berhenti di Stasiun Tugu Yogyakarta lalu melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kartini.

Usahakan sampai di pelabuhan Kartini pada pagi hari ya, karena begitu banyak para traveler lainnya yang antri untuk pergi ke Karimun Jawa. Ada 2 pilihan kapal yang bisa diambil, yaitu kapal feri yang membutuhkan waktu 6-7 jam untuk ke Karimun Jawa, sedangkan kapal cepat cukup menempuh 2,5 jam perjalanan. Tentunya dengan perbedaan harga tiket yang cukup mencolok ya.

Setelah sampai, Anda bisa mencari tempat penginapan yang terletak kurang lebih setengah jamm berjalan dari bibir pantai. Ada banyak penginapan, homestay dan rumah warga yang disewakan. Rata-rata penginapan dibanderol dengan tarif mulai dari Rp 100.000,-, termasuk fasilitas seperti kamar mandi dalam dan kipas angin. Tapi perlu diingat ya, listrik hanya dialirkan ke rumah-rumah warga dari jam 6 malam sampai jam 6 pagi lho!

Biasanya, nelayan sekitar akan menawarkan perjalanan menuju pulau-pulau, seperti Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Besar, Pulau Kecil, Pulau Tengah, dll. Tiap pulau menyimpan pesona keindahan tersendiri. Pulau-pulau tersebut ada di sisi timur dan sisi barat pulau terbesar, sehingga perlu beberapa menit, bahkan jam untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut. Di sini Anda bisa melakukan snorkeling sepuas hati. Tak kurang dari 69 karang keras dan ratusan spesies ikan karang hidup di perairan laut tropis Karimun Jawa, yang menyajikan pengalaman tak terlupakan. Jangan lupa membawa tabir surya yang cukup kuat untuk melindungi kulitmu dan terhindar dari rasa perih karena terbakar matahari.

 

Baca Juga : Tempat Wisata di Semarang Yang Asyik Untuk Liburan

 

Tidak punya peralatan diving? Jangan khawatir. Di Karimun Jawa sudah ada penyewaan peralatan diving yang lengkap dan dengan harga yang terjangkau. Spot yang jadi favorit adalah dasar laut di sekitar Pulau Kemujan, dimana terdapat bangkai Kapal Panama Indono yang dahulu tenggelam pada tahun 1955. Sekarang menjadi tempat hidup berbagai spesies ikan-ikan yang cantik. Tapi, Anda juga diharapkan tetap berhati-hati dan waspada dalam menikmati biota laut,.karena ada beberapa spesies yang berbahaya karena memiliki racun, yang berisiko membuat kulit yang mengenainya menderita ruam dan gatal-gatal.

Bersenang-senang di pantai dan lautnya, pasti bikin perut keroncongan. Ada banyak penjaja seafood yang lezat dan terjangkau untuk dinikmati. Terutama di alun-alun Karimun Jawa yang berupa lapangan bola dekat dermaga. Tidak ada yang bisa mengalahkan asyiknya makan malam bersama teman atau keluarga, sambil ditemani angin sepoi khas pantai dan langit yang bertabur bintang.

Jika akan berencana ke Karimun Jawa, alangkah baiknya mempertimbangkan waktu yang tepat. Bulan yang paling baik berlibur ke Karimun Jawa adalah April dan Oktober. Saat itu cuacanya sangat mendukung karena angin tidak terlalu kencang serta ombak pun tidak terlalu tinggi. Di bulan-bulan itu juga biasanya pengunjung pulau ini cukup banyak.

Di Bulan Oktober juga biasanya ada acara yang bertaraf internasional, namanya Karimun Jawa Sail. Acara tersebut mempertemukan kapal-kapal layar modern dari beberapa negara diseluruh dunia. Bisa dipastikan Karimun Jawa akan penuh pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya.

Pertimbangkan juga untuk memakai agen perjalanan untuk berlibur ke Karimun Jawa, sehingga traveler akan merasakan banyak kemudahan saat berkunjung ke sini. Mulai dari transportasi pergi-pulang, penginapan, hingga aktivitas selama di pulau tersebut.

Yuk liburan ke Karimun Jawa! (Jari adventure-det-images : coolephotography.co.uk)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Karimun Jawa, Surga di Utara Pulau Jawa

  • October 26, 2016 at 12:27 am
    Permalink

    boleh tau minin asal mana? kapan2 kalau berangkat karimunjawa lagi mampir tempat saya ya min. kita bisa ngopi bareng lho 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *