Serasa Pulang Kampung ke Kampung Wisata Pancawati

Kampung Wisata PancawatiBuat rekan traveler yang mencari tempat tujuan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga, tapi bosan dengan pilihan yang itu-itu aja, mungkin bisa mempertimbangkan  berkunjung ke Kampung Wisata Pancawati.

Berlokasi di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, tempat wisata ini merupakan salah satu proyek pencontohan desa wisata.

Rekan traveler bisa berinteraksi dengan penduduk desa dan juga merasakan atmosfer pedesaan beserta adat istiadat yang ada di Kampung Wisata Pancawati ini.

Anak-anak juga dapat mengenal dan melihat dari dekat kebudayaan asli daerah yang masih terpelihara dengan apik.

Mulai dari kesenian Wayang Golek, tarian adat Sunda, ritual sebelum bercocok tanam, serta hidangan tradisional khas kampung juga bisa ditemui di sini.

Akses lokasi

Hanya berjarak sekitar 1,5 jam dari Kota Jakarta, rekan traveler dapat mencapai tempat wisata ini melalui tol Jagorawi. Setelah keluar di pintu tol Ciawi, lanjutkan perjalanan ke arah Sukabumi.

Sesampainya di Pasar Cikreteg, belok ke kiri, dan lanjutkan perjalanan sekitar 2 kilometer lalu di sebelah kiri jalan akan terlihat penunjuk ke Kampung Wisata Pancawati.

Terciptanya keseimbangan dan harmoni di kampung inilah yang menarik pengunjung untuk berwisata ke Kampung Wisata Pancawati.

Di sini, sebuah gambaran bagaimana perpaduan apik antara modernisasi dan tradisi dapat berjalan berdampingan dengan apik ditampilkan secara nyata.

Mengunjungi tempat ini di akhir pekan dapat menjadi alternatif tepat untuk melupakan sejenak kesibukan dan riuhnya kota.

Pemandangan hijau dan udara pegunungan yang segar ditambah senyum ramah dari masyarakat desa membuat rekan traveler serasa pulang ke kampung halaman.

Baca Juga:

Serunya Berwisata di Jungleland Adventure Theme Park, Bogor

Kombinasi flora dan fauna yang hidup di alam pedesaan menyajikan pemandangan yang tidak setiap hari disaksikan oleh warga kota yang berkunjnung.

Tidak hanya pesona alam yang ditawarkan oleh Kampung Wisata Pancawati, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan menarik seperti yang biasa ditemui di pedesaan.

Wisata budaya yang membuka wawasan dan menyehatkan juga bisa diikuti oleh setiap orang, bahkan anak kecil sekalipun.

Terdapat berbagai aktifitas yang mendidik bagi anak-anak untuk menambah pengetahuan mereka baik dari sisi budaya maupun kehidupan alam.

Para pengunjung juga dapat mengambil bagian langsung dan mempelajari bagaimana cara menanam, merawat, dan memelihara tumbuh-tumbuhan yang pada akhirnya dapat diambil hasilnya.

Pesona Kampung wisata Pancawati

Kampung Wisata Pancawati menawarkan apa yang disebut dengan Tour Pulang Kampoeng dan Paket Outbond.

Traveler yang memilih Tour Pulang Kampoeng akan diajak berkeliling desa dan melakukan aktifitas layaknya penduduk desa sehari-hari.

Dengan pemandu orang lokal, rekan traveler akan dibawa menyusuri perkampungan dan melewati sawah melalui titian, sembari menghirup udara segar pegunungan.

Perjalanan keliling kampung akan semakin berkesan ketika rekan traveler berinteraksi dengan masyarakat desa dan mencicipi suguhan yang sudah dipersiapkan.

Setelah itu rekan traveler akan diajak untuk merasakan kehidupan petani di sawah.

Pengunjung akan diajari bagaimana cara menanam padi mulai dari mempersiapkan bibit, proses menanam dan merawat, hingga memanen padi yang sudah menguning.

Tidak terbatas pada padi, jenis tumbuhan yang ditanam di sini juga ada ubi rambat, singkong, dan tanaman kebun lainnya.

Tips Wisata Kampung Wisata Pancawati

Keseruan lain adalah ketika pengunjung diajak memandikan kerbau di sawah. Hal ini tentunya menyenangkan bagi anak-anak yang suka bermain kotor-kotoran di lumpur.

Jadi jangan lupa untuk membawa baju ganti setelah bermain air dan lumpur. Tidak hanya berkegiatan di sawah. Dengan memilih tour Pulang Kampoeng di Kampung Wisata Pancawati, anak-anak juga dapat mempelajari budaya asli daerah Sunda.

Mulai dari bermain ala anak pedesaan yang jauh dari gadget yang biasa mereka pegang sehari-hari. Memainkan angklung, belajar tari Jaipong, membuat wayang hingga mewarnai caping.

Para ibu juga bisa belajar membuat makanan khas daerah Sunda seperti nasi timbel, kue bugis, dan kue putu.

Keseruan lain bagi keluarga datang di waktu malam ketika pengunjung akan diajak melakukan Ronda Kampung.

Rekan traveler akan diajak berkeliling desa sambil membawa kentongan.

Tidak hanya memberikan pengalaman berwisata yang unik. Mengunjungi Kampung Wisata Pancawati juga menjadi media refreshing, sehingga dapat kembali beraktifitas dengan pikiran dan tubuh yang segar.

Selain menjadi sarana pengenalan terhadap budaya dan tradisi, objek wisata ini juga dapat dibilang mengangkat geliat ekonomi masyarakat sekitar. Sekaligus mempertahankan kebudayaan agar tidak punah tergerus arus modernisasi. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *