Kampung Batik Laweyan, Geliat Pesona Wisata Fashion Dibalik Benteng

Kampung Batik Laweyan merupakan sebuah daerah wisata yang diciptakan oleh pemerintahan kota Solo untuk menarik para wisatawan domestik dan mancanegara dengan mengutamakan ciri khas batik.

Kawasan ini bahkan dinobatkan sebagai sentral batik di Kota Solo. Kampung seluas kurang lebih 24 ha, akan menjadi kawasan wisatawan terbaik anda untuk jalan-jalan dan menikmati suasananya. Anda akan menemukan ratusan pengrajin batik dan mempelajari bagaimana cara membatik.

Bahkan anda akan menemukan variasi motif batik yang tidak anda temukan sebelumnya. selain itu, kampung Laweyan memberikan suguhan unik berupa bangunan arsitektur bernuansa Jawa Kuno. Berikut 6 kesempatan menarik yang dapat anda manfaatkan selama berkunjung di Kampung Batik Laweyan.

1.            Wisata Edukasi dan Berbelanja

Kampung Batik Laweyan menjadi kawasan yang sangat strategis untuk berbelanja kain batik dan berwisata. Anda dapat melihat gedung serta wilayah kampung yang dihiasi banyak kain dan para pengrajin batik.

Kampung Batik Laweyan menjadi sarana edukasi dan berbelanja sekaligus berwisata bahkan anda dapat memahami sejarah yang ada di kampung tersebut.

Tentunya dalam sekali kunjungan anda dapat memanfaatkan berbagai kesempatan di Kampung Batik Laweyan. Anda dapat mengikuti workshop batik yang diadakan di Kampung Batik Laweyan. Anda akan menikmati cara membuat batik dalam beberapa jam dan tentu dapat membawanya pulang.

2.            Menikmati Interior yang Khas

Kampung Batik Laweyan menjadi wilayah khas dan diisi dengan rumah-rumah para pengusaha batik yang unik. Jika anda mengunjungi kawasan ini anda akan merasakan keindahan interior lokal seakan berada di istana keraton Jawa.

Hal ini dikarenakan Kampung Batik Laweyan sudah menjadi destinasi wisata sejak lama sehingga tidak asing jika wilayahnya memiliki bangunan-bangunan yang unik.

Bahkan saat anda mengelilingi kampung, anda akan menemukan bangunan-bangunan yang memiliki gaya arsitektur Jawa, Eropa, Cina dan Islam.

Hal ini dikarenakan bangunan yang sudah lama terpengaruh oleh budaya yang pernah ada sebelumnya. Anda akan kembali ke masa kejayaan Gal Gendhu atau masa kejayaan batik asli pribumi pada masa lalu.

3.            Sumber Sejarah Batik Bagi Para Santri

Kampung Laweyan merupakan sebuah wilayah di kota Solo yang menjadi destinasi wisata batik. Dahulu kala, kampung ini terdapat seorang Kyai Ageng Henis atau yang sering disebut masyarakat sebagai Kyai Ageng Laweyan.

Beliau diberi gelar tersebut karena berasal dari Laweyan dan merupakan keturunan dari Raja Brawidjaya V.

Kyai Ageng Laweyan memiliki banyak santri dan mengajarkan para santrinya untuk membatik. Hal ini menjadikan Kampung Laweyan salah satu destinasi ziarah bagi para santri. Anda akan menemukan makam Kyai Ageng Laweyan di kampung ini.

4.            Menemukan Cikal Bakal Pergerakan Pengusaha Batik

Di masa penjajahan, batik sudah hadir dan diproduksi oleh masyarakat terutama di daerah Laweyan. Batik tak sekadar diperkenalkan di tanah air, bahkan batik sudah diperkenalkan oleh para saudagar ke mancanegara.

Pelopor yang memperkenalkan batik yaitu K. H. Samanhudi yang membentuk Serikat Dagang Islam sehingga ia dapat mengumpulkan para pengrajin dan saudagar batik untuk menjaga kawasan dari kolonial Belanda.

Anda dapat menemukan museum Samanhudi di daerah Kampung Laweyan. Museum ini sengaja dibangun untuk mengenang jasa K. H. Samanhudi. Anda pun dapat untuk mengabadikan sejarah di Kampung ini melalui kamera terbaik.

5.            Mengunjungi Kampung Batik Tertua

Kampung Batik Laweyan menjadi salah satu destinasi kampung batik tertua setelah kampung Batik Kauman. Anda akan menemukan bangunan-bangunan tua dikawasan ini.

Selain itu, jika anda mengunjungi Kampung ini berarti anda sudah mengunjungi kampung Batik tertua yang berusia lebih dari satu abad.

Anda pun dapat menikmati kesempatan untuk belajar dan menemukan sekitar 250 motif batik yang diproduksi di Kampung Batik Laweyan.

6.            Mencicipi Wisata Kuliner

Selain berkunjung menikmati wisata batik, anda dapat mencicipi berbagai jenis masakan khas Laweyan seperti kue ledre, kue apem, dan makanan khas Solo lainnya yang disajikan sebagai pelengkap wisata anda.

Tentunya anda akan terhindar dari kelaparan. Berwisata ke Kampung Laweyan merupakan sarana wisata edukatif dan menyenangkan jika anda dapat memahami budaya di kampung tersebut.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.