Amazonnya Indonesia, Sapa Orangutan Telusuri Tanjung Putin Kalimantan Naik Kapal Klotok

Salah satu kawasan konservasi yang ada di Indonesia adalah Tanjung Puting yang terletak di kawasan Kabupaten Kotawringin Barat, di wilayah Kalimantan Tengah. Memang, Tanjung Puting tidak setenar kawasan lainnya yang terkenal hingga mancanegara, namun apa salahnya jika kita mengunjungi kawasan yang satu ini?

Padahal, Tanjung Puting memiliki beragam keunikan yang wajib Anda ketahui, lho! Apa saja? Mari kita simak keunikan Tanjung Puting yang wajib Anda ketahui di bawah ini Check This Out!

1. Disebut Sebagai Amazonnya Indonesia

dissolve.com

 

Kawasan konservasi ini ternyata memiliki sungai yang panjangnya mencapai 45 kilometer, lho! Bahkan, sungai ini sering kali disebut sebagai Sungai Amazonnya Indonesia. Jika Anda penasaran dengan Sungai Amazon, maka kunjungi saja dulu sungai yang satu ini.

Uniknya adalah sungai yang mengalir sangat panjang ini memisahkan hutan demi hutan yang lainnya. Ditambah dengan pemandangannya yang jarang dijumpai di tempat umumnya, yaitu pepohonan yang usianya mencapai ratusan tahun. Luar bisaa, bukan?

2. Penuh Buaya

xplorea.com

 

Eits, jangan takut dulu. Kawasan ini memang menjadi gudangnya buaya-buaya liar yang hidup di sungainya. Namun, Anda tak perlu khawatir karena akan ada prosedur tersendiri dari pihak Taman Nasional yang bisa Anda patuhi. Selama Anda mematuhinya, maka buaya yang jumlahnya mencapai ratusan ini tidak akan mengganggu Anda.

Nikmati saja perjalanan Anda sambal melihat kehidupan buaya yang ada di sungai tersebut. Asalkan Anda tidak mengganggu mereka, maka Anda juga akan tenang tanpa serangan dan gangguan dari buaya itu.

3. Hidup di Kapal Klotok

dissolve

Untuk menyusuri seluruh kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Anda harus menaiki satu satunya alat transportasi di sini yaitu klotok (kapal kayu).

Yang dimaksud dengan hidup di kaal tersebut ialah Anda dan wisatawan yang berkunjung akan berada dalam kapal kayu tersebut dalam waktu sekitar 2 hingga 3 hari.

Kapal ini akan berlayar di tepi sungai di dalam hutan. Tenang saja, memang terdengar menakutkan, namun keselamatan Anda tetap menjadi prioritas utama di sini.

4. Tracking yang Menantang

visittanjungputing.com

Namanya juga kawasan hutan, pastinya Anda akan melakukan aktivitas menantang berupa tracking. Meskipun Anda hidup di atas perahu klotok, bukan berarti Anda tidak akan turun ke daratnya.

Anda akan diajak untuk tracking setiap hari dan masuk ke dalam hutan di tei Sungai Sekonyer. Karena kawasan ini terkenal akan orang utannya, maka Anda akan diajak untuk melihat secara langsung habitat dari hewan unik yang hanya ada di Indonesia dan Malaysia.

5. Mengunjungi Habitat Terbesar Orang Utan

gettingstamped

Orang utan memang kera besar yang hidup di hutan tropis seerti kawasan ini, namun mereka ternyata sangat baik terhadap pengunjung yang juga baik terhadapnya. Orang utan juga memiliki DNA yang sama dengan manusia sebesar 96,4 %, lho!

Kawasan dengan populasi orang utan terbesar di Indonesia adalah Tanjung Puting. Anda akan menemukan sekitar 6 ribu orang utan yang beragam jensinya. Hidupnya di tengah hutan, dan Anda akan diajak untuk mengunjungi mereka.

Baca juga:

Welcome to the Jungle, Taman Nasional Tanjung Puting Siap Mencuri Hatimu

 

6. Bertemu Hewan Buas

naturalis-expeditions.com

Namanya juga hutan, pasti ada saja hewan buas yang hidup di sana. Ketika tracking, Anda bisa saja menemukan beragam hewan jinak hingga yang buas sekalipun.

Mulai dari macan, tapir, hingga babi hutan. Meskiun begitu, Anda dan wisatawan tidak perlu takut. Ikuti saja peraturan yang telah disediakan oleh pihak Taman Nasional agar mereka juga tak akan mengganggu.

7. Warna Air Sungai Layaknya Cola

wildindonesiajourney

Jika Anda telah sampai di sungainya, maka Anda akan takjub akan warna airnya. Bagaimana tidak? Warna airnya mirip dengan warna air Coca-cola. Air Sungai Sekonyer berwarna sangat hitam dan juga memang terkenal tampak mistis.

Air yang sangat hitam bukan berarti kotor, namun itu berasal dari akar-akar pohon yang membusuk karena sudah ratusan tahun tumbuh di kawasan tersebut. Keren ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.