Kabupaten Ngada, Keindahan Nusa Tenggara Timur yang Tak Mengada-ada

Gaung wisata dari Nusa Tenggara Timur selama ini adalah Pulau Sumba dan Pulau Komodo yang kencang terdengar. Tetapi, untuk Kabupaten Ngada, rasanya masih belum terlalu familiar di telinga para penikmat wisata.

Meski masih belum terdeteksi radar turis, ternyata keindahan di lokasi terpencil Nusa Tenggara Timur ini bak surga kecil yang memabukkan para pelancong. Berada di tengah kota Flores, NTT, hanya berpenduduk sekitar 142 ribu jiwa. Berikut ini deretan keindahan wisata di Kabupaten Ngada yang bisa dikunjungi untuk liburan selanjutnya:

1. Kampung Bena

www.nttonlinenow.com

Melestarikan warisan dari zaman Megalitikum, Kampung Bena berada di lereng Gunung Irenie. Bentuk kampung ini terlihat seperti perahu yang memanjang dan berada di kontur tanah yang sedikit miring. Rumah tradisional penduduk terletak berhadapan dengan bentuk yang sama membentuk barisan banjar. Saat ini sudah banyak terjadi percampuran suku yang terjadi karena pernikahan beda suku. Di antaranya Suku Bena, Suku Ngada, Suku Ago Suku Deru Solamae dan masih banyak lagi suku lain.

2. Taman Wisata Rohani Bukit Wolowio

asset.kompas.com

Di puncak bukit setinggi 1.400 meter di atas permukaan laut ini berdiri patung Maria yang sangat megah. Total ketinggian patung ini mencapai 17 meter dan terbuat dari beton. Di sekeliling patung banyak pohon kayu putih dan kebun kopi. Karena berada di ketinggian, udara di sekitarnya cukup sejuk dan dingin. Saat malam hari bisa mencapai suhu 13 derajat celcius. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan lahan komoditas kopi arabika.

3. Kawah Wawomuda

static.viva.co.id

Bak lukisan alam yang menakjubkan. Kawah Wawomuda berwarna – warni seiring perubahan waktu dan suhu. Maka tak heran jika kawah ini disebut dengan Kelimutu Mini.

Pepohonan cemara dan pinus tampak rimbun menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. Bau belerang di sekitar kawah tipis tercium namun tidak menyesakkan dada dan tidak menyengat. Pasalnya, aroma pohon pinus menetralisir lingkungan sehingga udara tetap segar bagi pernapasan.

Baca juga:

Pantai Panaitan Banten, Surganya Pengalaman Surfing Berkesan

6 Tempat Wisata Keren di NTT yang Bikin Kamu Tidur Tersenyum Sepulang Liburan

Asyik, Ini 4 Tempat Wisata di Riau yang Murah dan Instagenik Buat Liburan

Taman Laut Bunaken yang Mempesona

Pulau Mensemut, Butuh Perhatian dan Sentuhan Wisata Profesional

Pulau Penyengat Tanjungpinang, “Pulau Mars” di Planet Bumi, Berminat Kesini?

 

4. Air Terjun Ogi

blogspot.com

Tidak jauh dari kota Bajawa, sekitar 8 Km saja, ada sebuah air terjun yang mengalir setinggi 30 meter. Air Terjun Ogi berada di kawasan pepohonan yang rindang dengan hamparan sawah menjadi pemandangan menyegarkan mata.

Aliran debit air terjun cukup deras terutama di saat musim hujan. Karena itulah, PLN sempat menjadikan air terjun ini sebagai pembangkit listrik juga irigasi lahan persawahan milik warga.

5. Wisata Taman Laut 17 Pulau

cdns.klimg.com

Kepuluan di sekitar Flores sangat cocok untuk kegiatan island hopping. Pantai berpasir putih menyajikan panorama yang selalu dirindukan para pelancong. Yaitu kedamaian berpadu keindahan. Perairan yang jernih dengan gradasi biru ke tosca menaungi keanekaragaman hayati dan terumbu karang yang memukau.

Setibanyak di sekitar taman laut, pelancong langsung bisa snorkeling dan menikmati berbagai aktivitas di sekitar bibir pantai.

6. Pantai pasir putih dan keindahan karang

bp.blogspot.com

Menciptakan liburan yang tenang di pulau berbentuk sabit ini sangat mudah terwujud dan Instagrammable. Air laut yang jernih hingga terlihat pada bagian dasar. Tak ayal, kegiatan menyelam menjadi pengalaman wisata favorit yang paling digemari. Selain itu, banyak juga pengunjung yang berwisata di sekeliling pantai dengan menyewa speed boat atau perahu tradisional.

7. Pulau Tiga

aroundtheworldwithjustin.com

Pulau Bampa Timur atau yang kerap disebut dengan Pulau Tiga menjadi favorit pengunjung karena keelokan pesona alam bawah laut. Keindahan pulau ini tampak seperti tiga pulau terpisah karena terpisah rumput laut dan pasir.

dians999.files.wordpress.com

Menjelajahi Pulau Tiga, ada sebuah pulau yang perawan dikenal sebagai Pulau Batang Kolong. Di sini, pengunjung dapat melihat fenomena alam Mawar Laut. Yaitu semacam flora laut yang memiliki kelopak melambai – lambai terombang – ambing arus. Rupanya, Mawar Laut terbentuk dari kelompok telur dari kelinci laut raksasa yang berwarna merah. Mirip seperti bunga mawar merah yang bersusun – susun kelopaknya. Kelompok ini tetap terkumpul dan terkonsentrasi karena terdapat lendir yang membentuk semacam rumbai – rumbai berwarna merah terang.

Cobalah untuk mendaki bukit di Pulau Tiga. Pemandangan bukit berbatasan dengan lautan lepas yang memiliki gradasi warna menakjubkan akan lebih mudah disaksikan.

***

Kabupaten Ngada keindahannya tak mengada – ada, bukan? Pastikan perjalanan petualangan wisatamu ke Ngada akan semakin nyaman dan lengkap bersama agen travel wisata berpengalaman dan profesional.

Jari Adventure yang telah menjadi mitra wisata perusahaan BUMN, study tour, event organizer, gathering dan melayani berbagai kebutuhan wisata lainnya. Hubungi kami melalui aplikasi Whatsapp di nomor yang terdapat di website ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.