3 Camilan Populer Asal Jepang Untuk Pecinta Kuliner Manis dan Gurih

Camilan Populer Asal Jepang – Menikmati saat siang yang santai, paling enak bila ditemani sepiring camilan. Tapi, camilan apa yang cocok sebagai peneman minum teh? berikut adalah 3 camilan khas Jepang yang bisa menambah referensi kuliner:

Mochi

Mendengar kata mochi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anak muda, kuliner yang satu ini memang sedang marak di Indonesia. Biasanya dijadikan sebagai dessert alias makanan penutup atau sekedar camilan biasa. Ada yang tahu mochi berasal darimana? Sesuai dengan namanya yang terkesan oriental, mochi memang berasal dari Negeri Matahari Terbit yakni Jepang.

Kue ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lengket, kemudian dibentuk menjadi bulatan. Rasanya begitu khas dan teksturnya lembut, sehingga bisa dimakan oleh semua kalangan. Kini semakin banyak inovasi yang muncul termasuk di Indonesia yakni mochi ice cream, semua bahan dasarnya sama seperti mochi pada umumnya, hanya saja bagia dalamnya diisi dengan ice cream. Unik ya!

Jaman sekarang mochi tidak lagi dibuat menggunakan cara yang tradisional yakni menggunakan tangan, melainkan sudah diproduksi massal di pabrik. Pemasarannya juga tidak hanya di pasar namun merabah luas ke toko oleh – oleh, supermarket atau mall. 

Di Jepang sendiri, mochi sering dihidangkan di perayaan tradisional salah satunya Perayaan Mochitsuki. Mochi sudah ada sejak abad ke 10, tak ada yang tahu asal mula munculnya mochi, yang pasti kue satu ini sudah digunakan ketika perayaan tahun baru bagi para bangsawan. Hal tersebut rupanya menjadi tradisi hingga sekarang bagi masyarakat Jepang.

Dorayaki

Penggemar kartun Doraemon pasti tahu kue yang satu ini. Rupanya bukan sekedar ada dalam serial kartunnya saja, dorayaki adalah makanan tradisional Jepang. Bagi yang belum tahu, dorayaki memiliki bentuk bulat dan sedikit ceper, biasanya diisi dengan selai atau kacang merah. Untuk rasa jangan ditanya, tentunya manis dan memiliki tekstur yang lembut sehingga menjadi satu perpaduan yang pas.

baca juga: Menjelajahi Phuket, Mulai Dari Wisata Alam Hingga Spot Bangunan Tua Semua Ada!

Salah satu tempat untuk membeli dorayaki yang telah terkenal kelezatannya ada di Tokiya, Tokyo. Letaknya hanya satu blok dari Stasiun Shinjuku. Uniknya, dorayaki yang dijual disini ukurannya jumbo dan tentunya beda dengan umumnya. Bila ukuran normal hanya sebesar telapak tangan saja, yang ini bisa berkali lipatnya lho, namanya adalah Tokudai Dorayaki. Saking besarnya, satu dorayaki dapat dipotong menjadi 12 buah, pastinya cocok untuk dimakan ramai – ramai dengan keluarga. Isi pasta kacang merahnya cukup banyak dan tebal, dilengkapi potongan coklat yang dicampur di dalamnya siap membuat siapa saja ingin lagi dan lagi. 

Jika ingin menikmati dorayaki dengan ukuran versi umumnya saja, kedai yang satu ini mungkin bisa menjadi rekomendasi anda. Nama tokonya adalah Usagiya yang terletak di 1-10-10 Ueno Taito-ku, Tokyo. Banyak yang mengatakan bahwa Usagiya menjadi toko dorayaki terbaik di Tokyo. Wow, kenapa ya? Rasa lezat yang melegenda dan terus terjaga ke khas-annya membuatnya selalu ramai dikunjungi para pecinta kuliner terutama turis domestik maupun asing. Ciri khas dorayaki milik Usagiya terletak pada pasta kacang merah yang tidak terlalu manis sehingga tidak akan eneg meskih memakannya dalam jumlah banyak. Toko ini buka setiap hari pada pukul 09.00 sampai 16.00, jangan datang telat ya agar tidak kehabisan.

Takoyaki

Bila Indonesia punya bakso, Jepang juga cemilan berbentuk bulat yang rasanya tak lezat yakni Takoyaki. Takoyaki cukup populer di Indonesia belakangan ini, karena bahan yang dicari mudah dan proses pembuatannya tidak ribet, kini banyak orang mencoba peruntungan dengan berbisnis tokoyaki. Namun rasa takoyaki yang asli tetap harus anda coba ketika berkunjung ke negeri sakura, Jepang. Salah satu tempat takoyaki yang cukup populer terletak di Dotonburi, di balik gedung theater kabuki. Harga per – porsinya sekitar 100 ribu, tentu pas untuk negeri selevel Jepang, jadi jangan kaget ya kalau harga makanan atau barang disana memang mahal – mahal.

Berbeda dengan kedua camilan diatas, takoyaki memiliki rasa yang gurih dan dominan asin. Terbuat dari adonan tepung terigu dan diberi topping tambahan berupa potongan gurita atau keju dan ditaburi katsuobushi alias suwiran ikan cakalang asap khas Jepang.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *