Jelita Walau Tak Bertuan, 5 Pulau di Indonesia Ini Layak Dikunjungi

Sebagai salah satu negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, geografis Indonesia memiliki misteri yang masih perlu diselidiki.

Setidaknya sampai saat ini, tercatat sekitar 17.000 pulau, tidak termasuk gugusan yang belum terdeteksi.

Menariknya, ada sebagian wilayah tak berpenghuni namun patut dikunjungi. Berikut lima di antaranya yang perlu Anda ketahui.

 

  1. Pulau Pasumpahan

Masuk di dalam daerah administratif Kota Padang, Sumatera Barat, pulau ini menghadirkan suasana indah di atas hamparan pasir putih dan laut berwarna hijau kebiruan.

Pemandangan di sini mampu memikat hati siapa saja, terutama karena lingkungannya masih sangat terawat. Airnya jernih dilengkapi dengan jajaran pohon kepala yang menjulang tinggi.

Belum lagi, tersedia akses transportasi yang cukup mudah jika berangkat dari Kota Padang. Ada sebuah dermaga kayu yang dibangun di tepian Pulau Pasumpahan sehingga memungkinkan spead boat atau perahu kano untuk berlabuh.

Nama Pasumpahan sendiri memiliki cerita unik yang menyebar di kalangan penduduk setempat. Konon katanya, pulau cantik ini adalah jelmaan batu Maling Kundang setelah dikutuk sang ibu. Itulah yang mendasari pemberian nama Pasumpahan.

Daya tarik lain yang bisa Anda temukan berupa permukaan laut tiga warna. Jika diamati secara saksama, bagian tepi laut akan terkesan bening, lalu disusul hijau dan biru setelahnya.

Perbedaan warna tersebut muncul karena perbedaan tingkat kedalaman perairan. Semakin pekat warnanya, maka semakin naik pula tingkat kedalamannya karena itu Anda perlu berhati-hati memilih lokasi bermain.

Secara keseluruhan, tempat ini layak dijadikan arena bersantai ataupun menyelam. Selain karena dilindungi oleh jajaran pohon kelapa, Anda juga dapat menemukan hutan bakau dengan segala kesejukannya.

 

  1. Pulau Cemara Besar

Persis penamaannya, pulau estetis satu ini menjadi habitat pohon cemara, di mana Anda dapat menemukannya hampir di seluruh penjuru daratan. Itu berarti, poin utama yang ditawarkan oleh Pulau Cemara Besar adalah kesejukan dan kedamaian.

Berlokasi disebelah timur Kepulauan Karimunjawa yang pada dasarnya tidak dihuni oleh manusia. Keindahan lain, ada hamparan pasir putih lembut, serta dominasi warna biru jernih di kawasan perairannya.

Termasuk salah satu tujuan wisata terindah di Jawa Tengah, tidak heran ramai disambangi pelancong.

 

  1. Pulau Pombo

Terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, Anda akan mendapati berbagai panorama alam saat menyambangi tempat ini. Menawarkan ketenangan dan kedamaian di antara predikatnya sebaga taman laut dan cagar alam.

Anda bisa melihat-lihat aneka spesies hewan laut dan darat, di mana semuanya memiliki keunikan masing-masing. Sebagai contoh Anda akan mengenal yang namanya burung Pombo khas Maluku.

Burung ini memiliki jumlah yang cukup banyak dan kerap terlihat di kawasan Pulau Pombo.

Aktivitas yang direkomendasikan setiba di sini adalah menyelam, baik snorkelling maupun diving. Lingkungan bersih serta air yang jernih memungkinkan Anda memandangi pesona bawah laut.

Di mana aneka biota hidup di dalamnya. Pulau Pombo memang mampu memanjakan mata serta menawan hati setiap pengunjung.

 

baca juga:

Awas Terkesima! 7 Masjid Menakjubkan Dunia Paling Unik

 

  1. Pulau Intata

Berlokasi di sebelah utara Pulau Sulawesi dan berbatasan langsung dengan Filipina, di mana luas wilayahnya hanya 0,15 kilometer persegi.

Pohon kelapa tumbuh subur di sekitar sini. Di sisi selatan dan barat ada hamparan pasir putih, sedangkan sebelah timurnya diisi oleh bebatuan.

Pulau Intata secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Kecamatan Nanusa. Dibatasi oleh Samudera Pasifik di bagian timur, serta Pulau Kakorotan di bagian selatan.

Menariknya, warna lautnya didominasi oleh hijau tosca, suasana natural amat terasa, diikuti tekstur pasir yang lembut tatkala disentuh. Tempat ini patut didatangi jika ingin melakukan healing.

 

  1. Pulau Mandiki

Terletak di semenanjung barat Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pulau ini menawarkan panorama yang akan membuat Anda berdecak kagum.

Memiliki bentuk yang unik dengan bebatuan tersebar di sekitar sini. Kadang dijuluki sebagai Pulau Batu, namun tidak jarang juga disebut Pulau Genang.

Genang berarti gendang dalam bahasa setempat, di mana masyarakat menilainya berbentuk seperti gendang. Rekomendasi aktivitas saat berlibur di sini adalah eksplorasi lautan sekaligus mendaki tebing bebatuan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.