Jelajahi 8 Pantai di Jawa Tengah yang Tenang, Cocok untuk Wisata Keluarga

Menghabiskan liburan di pantai tak harus selalu ke Bali lho! Di Jawa Tengah kamu juga bisa menghabiskan liburan di pantai-pantai yang indah dan siap untuk dikunjungi. Berikut ini pantai yang berada di Jawa Tengah.

 

Pantai Bopong, Kebumen

Terletak di Desa Surorejan, Kebumen ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki area belakang pantai sebuah laguna cantik.

Laguna ini terbentuk dari aliran air sungai yang meliuk dan membentuk sebuah pulau mini yang menarik untuk dijadikan latar foto.

Kamu tinggal mendekat ke bagian bibir pantai dan merasakan aliran ombak secara lebih dekat.

Selain itu, air laut dari Pantai Bopong ini memiliki warna biru yang jernih kontras dengan pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan. Kamu juga bisa berfoto di Jembatan Hepi yang dihiasi aneka warna & bunga.

 

Pantai Bandengan, Jepara

Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah pantai bandengan. Di pantai ini juga sering mengadakan kompetisi layang-layang mulai dari tingkat lokal sampai internasional.

Sehingga, tak mengherankan kalau pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah, ditambah lagi Pantai Bandengan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

Di Pantai Bandengan kamu bisa naik banana boat, jet ski, kano, ATV hingga Wave House yang terbuat dari ombak buatan.

Nah, kalau kamu ingin menyeberang ke Pulau Panjang, kamu bisa menyewa perahu. Tertarik? Berlibur ke pantai Bandengan, datanglah pada sore hari untuk mendapatkan pemandangan sunset yang menawan.

 

Pantai Widarapayung, Cilacap

Pantai ini menjadi salah satu favorit para surfer untuk berselancar dan memiliki ombak yang cukup besar. Kamu juga nggak perlu repot membawa peralatan berselancar.

Sebab, di kawasan ini menyewakan peralatan selancar untuk pengunjung. Dan di Pantai Widarapayung, Cilacap kamu bisa menemukan tugu peringatan bencana tsunami yang terjadi 2006 silam.

Disini kamu bisa menikmati kuliner pecel yang memiliki cita rasa yang khas dengan menggunakan kecombrang sebagai pelengkapnya. Kamu tertarik untuk mencobanya?

 

Pantai Karang Pandan, Nusakambangan

Pulau ini dikenal dengan sebutan pulau penjara karena disini terdapat lembaga permasyarakatan Nusa Kambangan. Kamu akan menemukan pantai dengan pemandangan yang indah bernama Pantai Karang Pandan dan pasirnya yang berwarna putih dan air laut yang begitu jernih.

Pantai ini memiliki suasana yang sejuk dan asri yang dikelilingi pepohonan lebat berwarna hijau dan di dekat pantai ada dua pulau karang yang bernama Pulau Majeti.

Pantai Karang Pandan ini kerap dijadikan tempat larung sesaji oleh masyarakat adat Jawa yang tinggal di sekitarnya.

 

baca juga:

Wisata di Indonesia Ini Bisa Kamu Kunjungi Saat Akhir Tahun

 

Pantai Karang Jahe, Rembang

Pantai ini terletak di jalur pantura yang berlokasi di Jalan Rembang-Lasem KM 7,5 Desa Punjulharjo, Rembang.

Suasana akan terasa teduh dan nyaman dengan pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna putih yang kontras dengan deretan pohon cemara di sekelilingnya.

Aktivitas favorit dilakukan pengunjung di Pantai Karang Jahe adalah snorkeling, dimana keindahan terumbu karang warna warni bisa kamu lihat. Jadi jangan lupa membawa kamera waterproof ya.

 

Pantai Nampu, Wonogiri

Di Wonogiri kamu juga ada pantai Nampu yang berada di kawasan Gunturharjo, Paranggupito yang memiliki air laut berwarna biru jernih yang berbeda dari pantai-pantai di Jawa Tengah.

Pada area bibir pantai terdapat banyak batu karang yang membuat pemandangan menjadi semakin unik dan indah

 

Biasanya pantai ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mendirikan tenda dan menginap karena dikelilingi oleh perbukitan-perbukitan.

Namun bila kamu tidak berniat untuk bermalam, sebaiknya datang pada sore hari karena pantai Nampu ini memiliki sunset yang indah dan memanjakan mata.

 

Pantai Pecaron, Kebumen

Selain pantai Bopong, pantai Pecaron juga berada di Kebumen yang tak kalah indah dengan pemandangan alamnya. Pantai ini berada di desa Srati, Kecamatan Ayah, memang lokasi ini cukup terpencil jadi tak heran jumlah pengunjungnya belum terlalu banyak.

Jadi tak heran kalau pantai ini sepi dan tenang sehingga cocok untuk kabur sejenak dari keramaian. Kamu bisa menemukan sungai kecil dengan aliran yang bermuara ke laut Pantai Pecaron.

 

Pantai Pulau Panjang Jepara

Lokasi pantai ini tak begitu jauh dari pantai Bandengan, kamu hanya menempuh perjalanan sekitar 10 menit. Pantai Pulau Panjang ini memiliki luas kurang lebih 19 hektar dan berjarak sekitar 2,5 km.

Pantai ini memiliki arus yang tenang jadi cocok digunakan untuk snorkeling, berenang atau sekedar bermain air.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.