Jelajahi 7 Permata Tersembunyi Paling Indah di Asean, Indonesia Juga Ada!

Wilayah ASEAN yang begitu luas menjadi salah satu kawasan wisata primadona secara global. Selain Bali yang mendominasi urutan teratas, ada juga Vietnam dan Thailand.

Kawasan wisata yang sudah tenar umumnya sering dikunjungi wisatawan mancanegara dan ramai dengan pengunjung yang berduyun – duyun. Tetapi, untuk beberapa tempat masih ada juga yang di bawah radar turis alias belum begitu populer.

Jalan – jalan ke ibukota negara di Asean mungkin sudah lumrah ya. Meskipun terlihat unik dan lain dari negara Indonesia, tetapi akan jauh lebih dramatis dan spektakuler jika mengunjungi tempat – tempat tersembunyi yang indah dan belum banyak dipadati turis lain.

Sama halnya dengan 7 destinasi wisata tersembunyi di ASEAN berikut. Karena lokasinya yang terpencil, tak jarang pengunjung harus rela berjuang ekstra untuk mencapai tempat wisata tujuan. Setibanya di sana, semua perjuangan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang membuat senyummu tak berhenti mengembang. Itulah tujuan liburan, mencapai kebahagiaan dan kepuasan di dalam hati. Yuk, langsung bertolak ke negara ASEAN yang memiliki 7 tempat wisata tersembunyi berikut:

1. Dataran Tinggi Kelabit, Sarawak, Malaysia

Pegunungan Kelabit sangat cocok untuk petualang yang senang mendaki atau trekking. Dalam perjalanan kamu akan menjumpai hutan, air terjun, monyet – monyet liar hingga bunga raksasa dan badak khas Sumatera. Untuk menjangkau lokasi kamu bisa naik pesawat dari Miri ke Bario selama 1 jam atau lewat jalur darat Lawas ke Ba Kelelan selama 5 jam.

2. Siroktabe, Indonesia

docastaway.com

 

Namanya juga permata tersembunyi, jadi maklum jika lokasinya terpencil. Saking terpencilnya, kamu seolah sedang menikmati liburan di pulau pribadi. Belum ada listrik atau air segar, kecuali kamu memang berburu dan menangkap ikan. Cara asyik berlibur di pulau ini adalah open trip atau rame – rame untuk meringankan biaya perjalanan dan mungkin liburanmu bakal lebih asyik jika ditemani beberapa orang teman.

3. Phongsali, Laos

roughguides.com

 

Berkunjung ke Laos kemungkinan besar, turis hanya ingin mengelilingi kota tua atau kawasan kota – kota yang ramai. Padahal, ada sebuah berlian tersembunyi yang sangat indah. Phongsali menawarkan pedesaan indah yang masih belum terjamah dan sepi wisatawan. Kamu bisa naik bis atau naik kapal menuju Phongsali.

4. Ao Mai Ngam, Ko Surin Nuea, Thailand

Masih dalam satu kawasan Taman Nasional Mu Ko Surin, kalau liburan ke Thailand jangan lupa mengunjungi Ao Mai Ngam. Tempat yang berada di tepi pantai ini begitu indah seperti Karibia dan Maladewa. Pasir putih yang berbatasan langsung dengan perairan jernih berwarna biru pirus bakal menghipnotis mata dan pikiranmu untuk melupakan semua masalah. Pastikan untuk mengikuti round trip atau menghubungi pihak wisata setempat karena pulau ini hanya dibuka selama November – April untuk menghindari cuaca buruk.

Baca juga:

lonelyplanetwp

 

ASEAN tak boleh melewatkan Kamboja sebagai destinasi tujuan wisata berikutnya. Di kawasan ini pengunjung yang ingin liburan bisa menyewa resort atau pondok bungalow untuk ditempati. Pemandangan laut lepas yang terhampar di depan mata, terkadang di kejauhan ada kawanan lumba – lumba liar. Selain itu ada banyak burung dan elang laut yang menyambar ikan. Dari ibukota Phnom Penh, kamu bisa sewa mobil ke kampung Koh Thmei, lalu menyewa kapal menuju resort selama 1 jam perjalanan.

6. Saluag, Filipina

sportourism.id

 

Kampung Nelayan Saluag banyak dihuni pemukiman warga yang bermata pencaharian mengandalkan laut. Seperti mencari ikan, rumput laut hingga membuat kapal. Selain wisata perahu, kamu bisa mencoba bersantai di tepi pantai atau menyewa becak di Chinese Peer. Kemudian, sewa ojek selama 30 menit menuju Barangay Tandu Owak. Di sini ada kapal menuju Saluag yang menempuh waktu 40 menit perjalanan.

7. Mindat, Chin State, Myanmar

Keunikan negara ASEAN Myanmar ada pada tradisi masyarakat yang masih mewarisi leluhur mereka. Kalau kamu ingin menjauh dari perkotaan, coba kunjungi Mindat. Di sini ada sebuah pemukiman penduduk yang semua wanitanya memiliki tato di wajah. Konon, mereka menato wajah perempuan desa agar tidak diculik atau disandera suku lain dari luar kampung. Pegunungan yang indah menghiasi panorama desa unik ini yang butuh waktu 6 – 8 jam perjalanan dari Bagan ke Mindat.

***

Asyik banget kan, ternyata Indonesia gak kalah keren dari negara – negara lain di ASEAN. Jadi, kamu mau berkunjung ke destinasi wisata tersembunyi yang mana dulu nih?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *