Jelajah Granit Raksasa Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Pantai Tanjung KelayangPernah menjadi film terlaris dan terpopuler di sepanjang tahun 2008, membuat penonton tak lantas melupakan kisah Ical dan kawan-kawan dalam Laskar Pelangi. Bahkan, film tersebut tidak hanya menyuguhkan kisah inspiratif yang memotivasi setiap penontonnya tetapi juga membuat audience salah fokus pada latar tempat. Sebagian besar setting tempat pada film besutan Riri Riza itu menampilkan panta-pantai indah yang terletak di Belitung lengkap dengan pasir putih dan lautnya yang biru. Pantai Tanjung Kelayang namanya.

Surga di Pulau Belitung ini merupakan obyek wisata yang wajib dikunjungi saat Anda libur. Aksesnya yang kini sudah sangat mudah, ditambah dengan fasilitas serta kebersihan yang terjaga membuat para pelancong betah tinggal berlama-lama. Bahkan, wistawan juga bisa bernyanyi-nyanyi di atas bebatuan layaknya Ical di Laskar Pelangi sambil merekam momen terbaik saat di Belitung. Yuk, segera angkat ransel dan temui keseruannya di Tanjung Kelayang!

Siapkan Peta Cari Tahu Lokasinya!

Bangka dan Belitung merupakan dua pulau yang saling berdekatan dan sering dikaitkan satu sama lain. Namun, kedua pulau tersebut merupakan daerah yang berbeda. Pantai Tanjung Kelayang terletak di Pulau Belitung, tepatnya di Kecamatan Sijuk. Jika nanti perjalanan melalui jalur udara, Anda akan berhenti di Tanjungpandan. Jarak Tanjung Kelayang tersebut hanyalah 27 km dari kota atau hanya memakan waktu 20 menit saja. Meski merupakan pulau kecil, namun Belitung telah memiliki fasilitas serta akses yang mudah. Traveller bisa menyewa mobil, motor, atau bahkan naik angkutan umum untuk bisa sampai di lokasi.

Nah, jika wisatawan baru pertama kali ke sini, maka tidak ada salahnya untuk membuka peta GPS agar mengetahui lokasi pasti dari Tanjung Kelayang. Dengan begitu, Anda tidak perlu salah jalan. Sebab menyia-nyiakan sedikit waktu di sini sama dengan banyak membuang momen berharga. Jadi, siap sedia selalu dengan GPS atau peta manual Anda, ya.

Akses Menuju Pantai Tanjung Kelayang

Jalur udara merupakan pilihan yang tepat untuk menjangkau Pulau Belitung. Selain jarak tempuh yang cukup jauh jika dimulai dari Pulau Jawa, wisatawan juga tak perlu merogoh kocek terdalam. Sebab, banyak maskapai yang menawarkan promo untuk keberangkatan ke pulaunya Laskar Pelangi ini, salah satunya adalah Air Asia. Perjalanan bisa dimulai dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara H. A. S. Hanandjoeddin dengan waktu tempuh 45 menit saja. Jika Anda menginginkan tiket yang lebih murah, maka lakukan booking minimal sebulan sebelum keberangkatan melalui travel book online.

Sampia di Tanjung Pandan, pastikan mencari penginapan terlebih dahulu untuk beristirahat sebelum menikmati keindahan Tanjung Kelayang. Anda bisa naik angkutan umum dengan tarif 25 ribu per lima orang atau dengan motor sewaan seharga 45 ribu per unit. Di kota ini wisatawan bisa menemukan tempat istirahat dengan beragam varian harga, mulai dari 50 ribu hingga ratusan ribu. Kelayang Beach Cottage merupakan penginapan recommended bagi traveller yang menginginkan penginapan nuansa pantai serta kenyamanan namun dengan harga terjangkau. Bahkan, tempat menginap ini juga telah dilengkapi dengan restoran bernama Kelayang Resto yang akan memanjakan para tamu.

Baca juga: Liburan Seru ke Tempat Wisata di Bangka Belitung Ini

Nikmati Keindahan Pantai Tanjung Kelayang

Jarak penginapan ke obyek wisata yang cukup dekat membuat traveller tak perlu bersusah payah lagi untuk menjangkau pantai eksotis ini. Salah satu ciri khas dari Tanjung Kelayang adalah bebatuan besar yang bertumpuk hingga menyerupai seekor burung. Ternyata, gugusan batu yang pernah dipanjat oleh Ical ini merupakan jenis granit yang telah terbentuk sejak ratusan tahun. Warna abu-abu serta kemegahannya menjadi spot terbaik untuk mengabadikan momen selama d sini. Bahkan, para pecinta fotografi dari berbagai daerah banyak yang datang kemari untuk mendapatkan bidikan yang tepat.

Pantai berair jernih juga memiliki pesisir yang cukup panjang, yaitu sekitar 1,5 km dengan lebar pantai 7 meter saat pasang dan 10 meter saat surut. Luasnya yang mencapai 60 hektar menjadi tempat ideal untuk melakukan sejumlah aktifitas, mulai berjemur, snorkeling, diving hingga mengambil gambar dari berbagai sudut.

Snorkeling dan Berenang di Tanjung Kelayang

Pasir Pantai Tanjung Kelayang yang putih akan mengingatkan Anda pada butiran bedak, halus dan lembut tentunya. Namun sayang sekali datang kemari bila tidak menikmati pemandangan bawah laut dan airnya yang jernih. Saking jernihnya, terumbu karang di bawah terlihat hingga ke permukaan. Warna lautnya yang biru membuat traveller yang berenang seperti melayang. Bahkan, terumbu karang yang ada di sini tak kalah indahnya dengan Raja Ampat atau Bunaken. Agar tidak ketinggalan momen bawah laut, yuk siapkan perlengkapan rekam, seperti kamera underwater untuk mendapatkan latar terbaik saat snorkeling!

Menikmati Sunset di Tanjung Kelayang

Sembari menunggu matahari terbenam, sejauh mata memandang Anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang berhiaskan batu granit. Perpaduan langit biru, air jernih, pasir putih membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati panorama Tanjung Kelayang. Saat senja datang, gradasi cahaya matahari sampai hingga ke permukaan laut. Jadilah hingga seluruh Tanjung Kelayang berwarna jingga dengan hiasan batu granit yang berdiri tegak.

TIPS BERWISATA MURAH DAN MENYENANGKAN KE BELITUNG

Pulau Belitung semakin tersohor berkat keberhasilan film Laskar Pelangi yang mampu meraup untung besar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam film yang menceritakan kisah perjuangan pendidikan anak-anak di pesisir Belitung ini, banyak dieksplor keindahan Pulau Belitung. Yang tidak ketinggalan adalah Pantai Tanjung Kelayang, Belitung.

Pesona kecantikan Pulau Belitung dengan pantai-pantai dan keramahan penduduk lokal mampu membuat ‘ngiler’ para pelaku wisata untuk datang berbondong-bondong ke Pulau Belitung. Kini Pulau Belitung bahkan menjadi tempat favorit destinasi wisata di dalam negeri dan manca negara.

Akan tetapi, demi melihat keindahan Pulau Belitung, para pengunjung perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Terutama untuk akomodasi/penginapan, sarana transportasi dan biaya-biaya tambahan lain. Nah, untuk itulah kami akan menyajikan tips berwisata murah meriah dan tentunya menyenangkan ke Pulau Belitung. Seperti apa tipsnya? Simak terus ya…

  1. Naik pesawat Jakarta-Belitung

Kenapa begitu? Karena tiket pesawat dari Jakarta ke Pulau Belitung tergolong lebih murah dibanding naik dari kota-kota lain. Biasanya, hanya Rp 400.000 sampai Rp 700.000. Biaya dari luar kota ke Jakarta bisa ditekan dengan naik kereta kelas ekonomi. Kemudian, sesampainya di Belitung, bisa menyewa mobil pribadi dengan harga sekitar Rp 50.000 menuju ke pusat kota dari Bandara. Kemudian, minta diantar ke Tanjung Pandang. Di daerah ini banyak tersedia penginapan dengan harga yang murah.

  1. Menginap di Tanjung Pandan

Penginapan yang banyak direkomendasikan oleh para traveler adalah di daerah Tanjung Pandan. Bukan tanpa alasan, pasalnya di daerah ini rata-rata tarif penginapan sekitar Rp 100.000 sampai Rp 300.000 per malam untuk maksimal kapasitas kamar 2 orang. Fasilitas tergolong cukup memadai, ada AC, kamar mandi dan TV. Ada juga paket sarapan dan makan malam serta fasilitas internet Wi-Fi jika kamu memilih penginapan yang tepat.

  1. Sewa mobil

Disarankan agar memilih untuk menyewa mobil agar bisa lebih mudah dan cepat sampai di tujuan. Sarana transportasi umum di Belitung kurang memadai bagi para pendatang. Lagi pula harga sewa mobil masih tergolong wajar, sekitar Rp 350.00 sampai Rp 600.000. Kalau mau sewa motor, harganya Rp 100.000 per hari. Kebutuhan kendaraan ini bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan. Jika Anda hanya datang berdua atau berempat, bisa menyewa motor. Sedangkan, jika dalam jumlah yang banyak, bisa menyewa mobil.

 

  1. Wisata kuliner khas Mie Belitung dan Kopi Manggar

Hampir di setiap pinggir jalan dan sudut Belitung, bisa ditemukan warung kopi atau kedai kopi khas daerah Manggar. Ini bukan tanpa alasan. Di Manggar banyak perkebunan kopi yang memiliki cita rasa dan aroma khas. Bahkan, beberapa kedai kopi mengolah sendiri kopi racikannya secara tradisional demi mendapatkan cita rasa yang nikmat.

  1. Obyek wisata lain

Masih banyak obyek-obyek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi selain destinasi wisata pantai. Misalnya seperti air terjun, museum Andrea Hirata, serta lokasi-lokasi syuting film Laskar Pelangi.

  1. Ambil jasa agen travel wisata

Kaum urban ingin selalu yang serba praktis dan mudah. Daripada repot mengurus perjalanan wisata ke Belitung sendirian, manfaatkan jasa agen travel wisata kami. Paket wisata Pulau Belitung termasuk tur ke obyek-obyek wisata di Belitung, penginapan, transportasi dari Bandara, dan lain-lain.

Mari menyusul para petualang lain yang sudah menginjakkan kaki di tanah Belitung dan membuktikan sendiri kecantikan bumi Laskar Pelangi.

Anda tentu tidak bisa membayangkan bukan bagaimana indahnya pantai di Belitung satu ini? Yuk, atur schedule dan bersiap menaklukkan Pantai Tanjung Kelayang di Belitung! (jari adventure-det img Tanjung Kelayang)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *