Jelajah Daratan Kroasia, Serunya Menemukan Reruntuhan Kuno dan Kota Mistis Tersembunyi

 

Selama bertahun-tahun, Kroasia menjadi magnet bagi para turis dari seluruh dunia karena pantai dan pulaunya. Padahal, pesona daratan Kroasia tidak kalah mengagumkan.

Lebih dari sekedar taman nasional yang mengagumkan tetapi padat pengunjung, daratan Kroasia mempunyai permata tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh para turis. Dan, cara terbaik untuk menemukan permata-permata ini adalah dengan memanfaatkan perusahaan wisata lokal.

Datanglah antara Oktober dan Mei karena waktu terbaik untuk menikmati Kroasia adalah di luar musim ketika para turis pantai berkemas untuk meninggalkan cuaca cerah di Kroatia.

Berikut beberapa tempat rahasia yang perlu kalian temukan sendiri di Kroasia.

 

Zagorje Region

Meskipun terkenal sebagai tujuan Mediterania, Zagorje Region, dengan kastil abad pertengahan dan bukit-bukitnya yang bergelombang, memperlihatkan warisan Austria-Hongaria di negara itu.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menikmati Zagorje selain dengan menempuh perjalanan panjang melalui pedesaan yang berubah warna di musim gugur. Lakukan pemberhentian di kastil Trakoscan peninggalan abad ke 13 dan luangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar danau buatan. Mengunjungi Museum Neanderthal akan membawa pelancong berpetualang lebih jauh ke masa lalu.

 

Varazdin

Kota kecil yang damai, Varazdin memiliki sejarah besar dan seringkali disebut sebagai ‘Little Vienna’ karena gaya baroknya yang khas.

Karena tidak terlalu luas, pelancong dapat menjelajah kota sendiri tetapi tur jalan kaki akan memberikan perspektif lebih baik tentang budaya dan gaya yang memengaruhi kota sepanjang sejarahnya.

Nikmati pemandangan kafe di luar Old Castle sembari bersantai dan menyerap kehidupan sehari-hari kota. Jika ingin menyaksikan desa kecil yang tenang ini berubah menjadi kota pesta yang ramai maka datanglah ke sana saat berbagai festival di gelar.

 

Zadar

Selain karya seni publik pemenang penghargaan Sea Organ, Zadar juga menawarkan sejarah kota yang menakjubkan untuk digali. Di pusat kota, pelancong akan menemukan sisa-sia reruntuhan dan artefak dari Forum, tempat berkumpul kuno dari jaman Kekaisaran Romami. Potongan-potongan sejarah kuno Zadar dan penanda kota abad pertengahan yang dibangun di atas reruntuhan bisa terlihat di sana.

Zadar juga mempunyai Museum Arkeologi dan menara lonceng untuk melihat pemandangan. Namun, ada lokasi rahasia lain yang tidak boleh ditinggalkan yaitu kapel rahasia yang dibangun dari kolom-kolom Romawi yang didaur ulang di belakang Kavana Louvre Cafe, atau demonstrasi peniup kaca di Museum of Ancient Glass.

 

Pulau Pag

Dengan lanskap berbatu dan seperti alien, Pag Island menawarkan kesempatan untuk keluar dari rute wisata dan melihat sisi lain Kroasia.

Kaum muda Eropa mengenal wilayah ini sebagai pusat pesta. Meski demikian, ada banyak kedamaian dan ketenangan yang ditemukan di kota utama atau pantai-pantai terpencil.

Ikutlah tur mencicipi keju di Gilgora Cheese Factory, dan gabungkan kegiatan ini dengan kunjungan ke gua keju dan berpesta dengan potongan keju yang lezat. Perjalanan ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

 

Sibenik

Dimana lagi dapat menemukan citarasa kehidupan paling otentik di Dalmatia tanpa keramaian selain di Sibenik. Kota ini memadukan warisan budaya kaya yang dimilikinya dengan kedamaian kehidupan sehari-hari.

Dengan benteng dan Katedral Saint James yang dilindungi UNESCO, Sibenik menawarkan banyak penjelajahan kota yang menarik. Namun, sisi mistis kota tepi pantai berbukit ini paling banyak ditemukan ketika menyusuri jalanan curam di lereng bukit, lorong-lorong dan koridor, serta taman rahasia dan istana.

Penggemar Game of Thrones HBO mungkin mengenali Sibenik sebagai Braavo fiksi, dengan jalanan sempit, banyak tangga, dan teluk biru yang megah yang dilindungi oleh dua pulau penghalang.

baca juga:

Tempat Paling Instagramable di Singapura, Ada Rumah Colorful dan Hutan Misterius

 

Trogir

Kota tepi laut Trogir merupakan salah satu kota Romawi dan Renaissance yang paling terpelihara di Kroasia. Dari Katedral St. Lawrence hingga istana-istana batu di pusat kota, ada banyak hal untuk dijelajah. Kota ini juga telah secara resmi diakui oleh UNESCO sebagai Kota Warisan Dunia.

Berada di kota ini tidak lengkap rasanya jika tidak mengikuti kelas memasak Trogir Cooking Experience, di mana peserta mendapatkan kesempatan untuk memasak dengan salah satu koki ternama Kroatia dan juga penduduk asli Trogir, Tatjana Ciciliani.

Menemukan hal-hal yang tersembunyi merupakan keseruan tersendiri dalam setiap perjalanan.

Jika Kroasia tercatat  dalam daftar, maka mengunjungi tempat-tempat rahasia di atas mesti ada dalam agenda kalian.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.