Mie Kocok, Kuliner Khas Bandung Menggoyang Lidah

Mie kocok termasuk ke dalam daftar makanan yang harus anda coba ketika berkunjung ke Bandung. Berbeda dengan mie pada umumnya, mie yang satu ini memiliki kuah yang lebih kental karena menggunakan kaldu sebagai penyedap rasa. Potongan kikil sapi dan tauge menjadi ciri khasnya. Jenis mie yang digunakan adalah mie kuning gepeng bertekstrur lembut. Variasi isian yang biasanya ditambahkan adalah berupa bagian tubuh ayam, misalnya ceker, daging sapi, bakso, atau babat sapi.

Asal – usul diberikan istilah kocok dalam hidangan tersebut karena merujuk pada proses memasaknya yang dikocok – kocok dalam wadah logam seperti yang biasanya digunakan oleh pegadang mie ayam pada umumnya. Untuk menambah cita rasa dapat ditambahkan kecap manis dan sambal. Irisan seledri, daun bawang maupun bawang goreng semakin membuat mie kocok terasa sedap.

3 Tempat Mie Kocok Populer Di Bandung

Menurut beberapa ulasan, jariadventure.co.id akhirnya memilih 3 tempat di bawah ini sebagai tempat makan mie kocok paling rekomen. Yuk, langsung saja simak dimana saja tempatnya.

Mie Kocok Mang Dadeng

Berlokasi di dekat Hotel Horison, Mie Kocok Mang Dadeng masih jadi primadona para pecinta mie kocok. Yang membuat pengunjung ingin kembali lagi adalah aroma kuahnya yang khas, kikilnya yang lembut dan sayuran yang direbus setengah matang sehingga mengimbulkan rasa kreyes ketika di mulut. Sudah terbayang kan bagaimana nikmatnya?

 

Alamat lengkapnya berada di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No 67 Bandung, Jawa Barat. Kalau kesana jangan kaget karena tempatnya selalu ramai dipadati pengunjung. Jadi sudah terjamin enak pastinya.

 

Mie Kocok SKM

SMK sendiri adalah kependekan dari nama pemilik warung makan ini, yaitu Pak Sukirman. Berdiri sejak 1970, Mie Kocok SKM bisa menjadi referensi mie kocok untuk anda yang tidak terlalu suka dengan kikil. Letaknya ada di Jl. Sunda No 38 Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat. Meski dikelola oleh para generasi penerus, rasanya masih tetap sama lho.

 

Mie Kocok Kaki Sapi Akang

Namanya cukup unik ya, eits tapi jangan salah rasanya sudah terkenal enak. Yang membuat Mie Kocok Kaki Sapi Akang digemari pengunjung adalah kuahnya yang kental dan gurih. Kuah tersebut dihasilkan dari rebusan tulang kaki sapi selama berjam – jam. Seperti mie kocok pada umumnya, varian yang digunakan adalah bakso sapi, tauge, dan pastinya kikil. Warung kaki lima yang berada di Jl. Kebon Kawung ini menjual satu porsi mie kocoknya dengan harga Rp 30.000. Tentunya harga dan rasanya sebanding ya.

Mie Kocok Persib

Selain terkenal berkat kulinernya, Bandung juga populer dengan liga sepakbolanya yang bernama Persib. Kedua hal tersebut akhirnya digabungkan menjadi sebuah nama warung makan dengan nama Persib. Mie Kocok Persib terletak di Jl. Ahmad Yani, lokasinya ada di seberang markas Bobotoh alias sebutan bagi suporter Persib.

Baca juga:Pulau Sambu, Bernostalgia di Kota Kilang Minyak

Tulang – tulang iga yang diselipkan membuat kuah mie semakin sedap. Satu mangkok mie dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 23.000. Setiap hari warung makan ini dapat menyediakan hingga 130 porsi. Tak hanya enak, pelayananannya juga baik sehingga menjadi alasan utama banyak penikmat mie kocok untuk datang kesini.

Tips menikmati sajian kuliner mie kocok Bandung

Kota kembang, Bandung memang sangat populer dengan beragam jenis kulinernya. Oleh karena itu, belum lengkap menjejakkan kaki di Bandung tanpa mencoba wisata kuliner. Salah satunya adalah mie kocok. Gurih dan segar kuah mie kocok begitu menerbitkan selera. Tapi, hati – hati buat Anda yang sedang diet. Makanan olahan berupa mie termasuk hidangan kelas berat lho! Jika tanpa batasan porsi yang cukup, bisa – bisa diet menurunkan berat badan gagal total.  Cek tips menikmti sajian kuliner mie kocok Bandung berikut ya:

Ajak teman

Jangan biarkan perut dan tubuh kembali subur setelah menyantap berbagai kuliner nikmat di Bandung, ajak peneman dari saudara, teman, atau keluarga untuk “membantu” menghabiskan menu – menu yang ada. Jadi, Anda tetap bisa menikmati sajian kuliner tanpa harus takut kekenyangan atau berat badan meningkat tajam.

Perbanyak sayuran

Tambahkan lebih banyak sayuran dalam mie kocok agar tubuh lebih kenyang tetapi tidak berlebihan mengonsumsi kalori.

Jus buah

Masih kurang kenyang atau kurang puas menikmati sajian mie kocok? Tutup acara makan dengan mengonsumsi segelas jus buah. Bisa buah melon, jeruk atau jus jambu. Dijamin perut kenyang tanpa khawatir berat badan bertambah. Eat well!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *