Cimol, Camilan Khas Bandung Lezat Menggoda

Dari sekian banyak kuliner khas Bandung, salah satu yang cukup terkenal ialah cimol. Karena harganya yang pas di kantong pelajar, jajanan ini mudah ditemukan di depan sekolah – sekolah. Per biji biasanya dibanderol seharga 200 rupiah saja dan disajikan menggunakan plastik seperti cimol. Bagi yang belum kenal dengan cimol, cimol adalah makanan ringan dari Kota Bandung yang berbahan dasar tepung kanji. Memiliki tekstrur kenyal, cimol memang paling enak bila disantap dalam keadaan hangat.

Kuliner ini baru booming ketika memasuki era 2000 an, ada pula yang menyebut cimol sebenarnya berasal dari Kota Tasikmalaya, namun jajanan tersebut lebih meledak dan populer di Bandung. Kata cimol sendiri berasal dari bahasa sunda yakni aci dikemol, yang artinya aci dibulat – bulat. Ya, bentuknya memang bulat menyerupai bakso hanya saja lebih kecil. Setelah dibentuk, maka cimol pun siap digoreng. Cimol biasanya disajikan dengan bubuk bumbu dengan berbagai rasa, ada barbeque, pedas, keju, pizza dan masih banyak lagi.

Bahan utama yang dibutuhkan hanyalah tepung terigu dan tepung kanji, tetapi presentase tepung terigu tentu lebih sedikit daripada tepung kanji. Sama – sama berasal dari Kota Bandung dan berbahan dasar aci atau tepung kanji, cimol dan cilok rupanya memiliki perbedaan lho. Perbedaan terletak pada cara memasak, jika cilok digoreng, cimol sendiri dimasak dengan cara digoreng. Agar mengembang, cimol diberi tambahan baking powder sehingga ketika digoreng akan berbentuk bulat sempurna.

Tips Menggoreng dan Menyajikan Cimol Agar Terasa Lebih Maknyus

Gunakan Api Yang Tidak Terlalu Besar

Api yang terlalu besar ketika anda menggoreng cimol akan membuat cimol lebih cepat matang, namun justru tidak mengembang dan akan mlompong saat kering. Selain terlalu besar, api yang panas akan membuat cimol mudah meletus saat digoreng. Jadi kalau mau mendapat hasil cimol yang matang merata dan mengembang, alangkah baiknya untuk menggunakan minyak yang tidak terlalu besar dan panas alias sedang – sedang saja.

Baca juga: Selain Museum, Ini Lho Wisata Edukasi Menarik di Bandung

Aduk – Aduk Sembari Menunggu Matang

Seperti halnya menggoreng kerupuk, saat digoreng cimol juga perlu diaduk – aduk agar matangnya sempurna. Untuk tingkat kematangan hingga kering atau tidak sendiri disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Bila anda lebih menyukai tesktur yang kenyal, menggoreng cimol dengan tingkat kematangan setengah matang mungkin patut dicoba.

 

Bumbu Kacang

Bila bubuk cabai dan rasa bumbu lainnya sudah biasa, bumbu kacang bisa menjadi pilihan agar tidak membosankan. Cara membuat bumbu kacang cukup mudah, hanya membutuhkan kacang tanah, gula merah, cabai rawit dan beberapa cabai segar yang dihaluskan . Jika tidak ingin ribet, anda bisa membeli bumbu kacang yang biasanya dikemas di plastik. Bumbu kacang instan bisa ditemukan di pasar maupun supermarket serba ada.

 

Sajikan Selagi Hangat

Cimol memang paling nikmat dimakan dalam keadaan hangat agar sensasi kenyalnya semakin terasa, apalagi disajikan bersama minuman khas Bandung, Es Doger. Wah jadi bikin ngiler ya.

 

Penjual cimol populer di Bandung

Banyak tempat yang menjajakan cimol di daerah Bandung. Maklum saja, orang – orang di Bandung sangat suka jajanan atau camilan yang murah meriah. Seperti panganan yang terbuat dari aci lainnya, seperti cireng, cilok dan sebagainya. Cimol atau aci digemol ini juga terbuat dari bahan tepung kanji yang dibentuk gemol alias membulat.

Populer sejak tahun 2000 – an, cimol kemudian langsung hits di mana – mana dengan taburan bumbu balado bubuk atau cabaik bubuk.

Penjual cimol yang populer di kota kembang, Bandung, salah satunya adalah Cimol Boebat. Atau cimol buah batu. Tepat berada di depan food court Toserba Griya di Jalan Buah Batu.

Selain itu, masih ada pedagang – pedagang cimol lain yang mudah dijumpai di tepi jalan raya ataupun sekitar kawasan mall, sekolah dan area kuliner. Per bungkus, bisa dijual dengan harga sekitar Rp 3000 – Rp 5000. Mulai berdagang sekitar jam 10.00 sampai siang atau sore hari.

Jangan ragu, dijamin sekali coba cimol, selanjutya bakal ketagihan. Buktikan deh..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *