7 Destinasi Andalan Untuk Travel Wisata Ujung Genteng

Ingin liburan dengan sensasi yang berbeda? Coba saja ke Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Disebut sebagai surganya pecinta pantai dan air terjun, Ujung Genteng menyuguhkan kecantikan pantai Laut Selatan dengan panorama air terjunnya yang alami. Destinasi travel wisata Ujung Genteng ini menghadirkan kesahajaan masyarakat lokal yang mayoritasnya berprofesi sebagai nelayan.

Setiap pagi, Anda dapat menyaksikan deretan kios di pinggir pantai yang menjual ikan segar dan hasil laut lainnya dari tangkapan nelayan di daerah itu. Bahkan hasil laut yang sulit diperoleh di kota, dapat Anda peroleh di kios-kios tersebut seperti ikan layur, ikan pari, cumi sotong dengan kondisi masih segar dan harga yang bisa ditawar.

Secara garis besar ada dua destinasi wisata Ujung Genteng yang digemari para wisatawan yaitu daerah pantai dan air terjun (curug). Namun diantaranya ada 7 destinasi andalan untuk travel wisata Ujung Genteng yang dapat menjadi referensi Anda. Berikut ini ulasannya.

1. Pantai Tenda Biru
Pantai Tenda Biru masih berupa pantai alami karena lokasinya berada di hutan lindung yang dijaga TNI AU. Pantai ini sangat menarik karena pada saat air surut, Anda dapat berjalan sekitar 200 – 300 meter dari bibir pantai menuju ke tengah. Pantai Tenda Biru juga menyuguhkan pemandangan pasir putih dan batu karang yang begitu mempesona, namun sayang karena kurang terawat, masih banyak sampah berserakan disekitarnya.

2. Pantai Minajaya
Secara sekilas, pantai Minajaya mirip dengan pantai Tenda Biru. Yang menarik disana, ketika air laut surut, Anda akan melihat banyak ibu-ibu pencari rumput hijau di pinggiran ombak serta bapak-bapak yang berburu udang lobster. Di lokasi ini, Anda bisa membeli ikan dan udang segar hasil tangkapan nelayan untuk dimasak dan dinikmati di saung-saung sekitar pantai. Namun sama dengan kondisi pantai Tenda Biru, di lokasi pantai Minajaya masih juga terlihat sampah berserakan akibat tidak adanya tempat membuang sampah.

3. Pantai Amanda Ratu
Destinasi andalan untuk travel wisata Ujung Genteng selanjutnya adalah Pantai Amanda Ratu. Lokasi pantai ini tepatnya berada di villa Amanda Ratu. Yang menjadi daya tariknya adalah pemandangan luar biasa dari hamparan laut lepas Samudera Hindia dengan latar belakang deburan ombak yang memikat.

4. Pantai Pangumbahan.
Pantai Pangumbahan terlihat sangat cantik dengan hamparan pasir putih. Lokasi ini juga dikenal sangat nyaman untuk bermain surfing, tak heran jika banyak wisatawan mencoba bersahabat dengan ombak dengan permainan surfingnya. Selain banyak wisatawan bermain surfing, Anda juga akan menemukan tempat penangkaran penyu disini.

5. Pantai Cipanarikan atau Pasir Putih
Anda akan takjub melihat pertemuan antara air laut dengan air tawar muara bagaikan sebuah gurun pasir putih disini. Untuk menikmati pasir putihnya, Anda diharuskan memarkir kendaraan di sebuah kebun dan berjalan kurang lebih 5 menit menyusuri hutan lindung. Di sana Anda akan menyaksikan alam liar dengan kecantikan panorama hamparan pasir putih yang masih sangat alami.

6. Curug Cikaso
Bosan dengan pantai? Kunjungi air terjun cantik bernama Curug Cikaso ini. Memang letaknya tidak berdekatan dengan pantai karena berada di Kecamatan Surade. Air terjun ini dikenal dengan pemandangan 3 air terjun cantiknya yang berjajar dengan ketinggian masing-masing kurang lebih 7 meter. Selain menikmati air terjun, Anda juga bisa berenang dan bermain di kolam jernih di bawah air terjun tersebut. Panorama indah curug Cikaso memang sayang sekali bila Anda lewatkan untuk destinasi travel wisata Ujung Genteng.

7. Curug Luhur
Meski tidak sepopuler Curug Cikaso, namun Curug Luhur cukup dikenal wisatawan karena menyuguhkan pemandangan indah yang alami di sekitarnya. Memang saat musim kemarau air terjunnya pun kering dan tidak mengalirkan air, sehingga Anda hanya bisa menikmati pemandangan sungainya saja. Namun ketika Anda turun ke bawah, Anda akan menemukan pemandangan yang memukau.
Nah, itulah 7 destinasi andalan untuk travel wisata Ujung Genteng. Wisata alam Indonesia tak kalah mempesona dengan wisata alam negara-negara lain kan? Untuk itu, cintai negeri kita dan banggalah menjadi bagian dari keindahannya.(JariAdventure/Cynthia Cecilia)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *