Jarang Diketahui, Pantai Menakjubkan Indonesia yang Dibawah Radar Pelancong

Banyak pantai di Indonesia yang menyimpan keindahan dan memiliki ciri khasnya tersendiri. Setiap pantai memiliki keunikannya yang membuat siapapun berkunjung pasti ingin balik lagi.

Kalau kita bicara soal Bali, seluruh Dunia tahu tentang Bali, sudah tidak bisa ditanyakan lagi kepopuleran Bali.

Namun tahukah kalian bahwa banyak sekali Pantai yang bagus yang tidak kalah dengan Bali? Selain itu, pantai tersebut masih sepi dan belum terekspos.

Sehingga kalau kalian berkunjung ke tempat ini, akan merasakan kepuasan yang luar biasa, terutama buat kalian yang memiliki jiwa petualang.

Bukan hanya tempat dan pantainya, namun perjalanan menuju ke pantai-pantai yang akan di bawah ini juga membuat kalian yang punya jiwa petualang merasa terpuaskan.

 

1.  PANTAI TEMBOKO LEHI

Destinasi Pantai pertama yang akan kita bahas adalah Pantai yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau lebih dikenal dengan Sitaro.

Pantai ini dikenal dengan nama Temboko Lehi. Keunikan pantai ini terletak dibawah kaki Gunung yang masih aktif yakni Gunung Karangetang, hal ini juga yang merupakan keunikan dari pantai ini.

Karena terletak di bawah kaki Gunung maka air lautnya alih-alih dingin melainkan panas. Hal ini dipengaruhi karena letaknya ada di kaki gunung merapi yang membuat suhu air lautnya menjadi panas.

Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang sangat keren yang menimbulkan aksen seperti tebing batu yang curam.

Bukan hanya memiliki hawa yang panas namun air lautnya memiliki kejernihan yang membuat kalian ingin menceburkan diri ke dalamnya.

 

2.  PANTAI TANGANGA

Pantai Kedua yang akan kita bicarakan kali ini adalah sebuah Pantai yang terdapat di Pulau Sitaro dimana masih berada dekat dengan Pantai yang menjadi tujuan Variety Show “ The Law of The Jungle “ yakni pantai Pulau Maroho.

Keunikan pantai ini terdapat pada warna pasirnya. Bukan berwarna hitam seperti layaknya warna pasir pantai pada umumnya, atau pun berwarna putih.

Tapi pantai ini memiliki warna putih kekuning-kuningan yang akan menimbulkan efek emas sehingga jika dilihat dari kejauhan seperti melihat hamparan dari butiran emas.

Tidak hanya menawarkan keindahan pasir pantainya, namun juga menawarkan keindahan lautnya yang memiliki air yang sangat jernih dan juga masih sangat bersih karena memang masih sedikit yang berkunjung di pantai ini.

Kurangnya jumlah orang yang berkunjung ke pantai ini juga disebabkan belum ada jalur angkutan umum yang bisa menuju ke tempat ini.

Sehingga jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini, kamu harus menaiki kendaraan pribadi bagi kamu yang mungkin memiliki kenalan disana.

Tapi kalau memang tidak ada yang kamu kenal disana, kamu harus mencari ojek yang memang memiliki harga yang tidak murah.

baca juga:

Liburan Terhemat Kota Tel Aviv, Booking 6 Hotel Butik Paling Funky Ini

 

3.  PANTAI INTATA

Dan Pantai terakhir yang akan kita bahas adalah salah satu pantai yang terletak di di Pulau Intata Kecamatan Kakorotan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dimana Pulau ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni. Meski pulau ini tidak berpenghuni namun alam dan pantainya sangat terjaga dengan baik.

Atas swadaya dari penduduk pulau Kakorotan yang merupakan pulau yang berpenghuni paling dekat dengan pulau intata ini. Apa keunikan Pantai ini?

Pantai ini, merupakan pantai yang sering diadakan wisata budaya Manee. Dimana wisata budaya ini adalah acara adat yang berkaitan dengan ritual “ panen “ ikan.

Wisata adat ini biasanya dilakukan di sekitar bulan Mei. Keunikan dari wisata ini adalah panen ikan yang dilakukan hanya dengan menggunakan jaring tradisional.

Yaitu jaring yang terbuat dari janur kuning dibentuk menjadi huruf U yang sangat beras yang hamper mengitari setengah dari pantai.

Dan dalam waktu sekejap banyak sekali ikan yang akan terjebak di dalam Janurnya. Setelah ikan terjebak maka Tua-tua adat setempat akan memulai penangkapan ikan dengan menggunakan tangan.

Lebih unik lagi adalah ikan-ikan yang terjebak dalam janur kuning ini. Ikan sepertinya pasrah untuk ditangkap dan tidak melakukan perlawanan sama sekali.

Dengan adanya acara adat yang sudah dijadikan agenda wisata budaya oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud ini, maka sangat dilarang untuk siapapun melakukan penangkapan ikan liar di sekitar pantai dan pulau Intata ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.