Jangan Lupa Kunjungi 3 Destinasi Air Terjun di Pulau Karimun

Air Terjun di Karimun – Jika kita berbicara tentang destinasi wisata di Kepuluan Riau, seringkali yang terdengar adalah nama Pulau Bintan. Namun tenyata, Kepulauan yang mayoritas penduduknya bersuku Melayu ini juga memiliki salah satu kabupaten yang menyimpan keindahan. Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Karimun. Kabupaten Karimun di sini bukanlah Karimun Jawa yang seringkali terdengar,

 

Namun Karimun di sini adalah sebuah pulau yang menjadi pintu menuju selat Malaka dan bertetangga dengan Singapura dan Malaysia. Kabupaten Karimun merupakan wilayah yang relative rendah dengan ketinggaan kurang lebih 2-500 mdpl [meter di atas permukaan laut] dan memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

 

Bagi anda yang berkunjung ke Bintan tentulah sangat pas jika sekaligus mengunjungi Kabupaten Karimun. Pasalnya, kabupaten ini menyuguhkan banyak keindahan wisata, baik keindahan pantainya maupun keindahan alam serta cerita sejarahnya. DI Kabupaten Karimun ini ternyata terdapat tiga air terjun yang indah. Ingin tahu selengkapnya. Yuk simak sama-sama.

 

Air Terjun Pongkar

                                                       

Air Terjun Pongkar hampir sama dengan Air Terjun Gunung Bintan karena memiliki debit air yang  kecil. Obyek wisata Pongkar ini ternyata berhulu di Gunung Jantan. Destinasi Pongkar ini tersusun atas bebatuan granit bersat dan memiliki air yang bening dan segar. Bagi anda yang mempunyai hobi hiking  bisa memulai perjalanan dari air terjun ini menuju Gunung Jantan.

 

Tepat di bawah air terjun mini ini terdapat dua kolam yang dialiri air terjun. Para wisatawan dapat berenang dan menikmati kesejukan Air Terjun Pongkar di kolam tersebut. Anda juga bisa mendaki ke puncak dan melihat hamparan negeri tetangga. Di atas puncak terdapat menara Bea Cukai yang konok, dahulu digunakan sebagai tempat memantau penyeludupan di perairan Pulau Karimun.

Baca juga: Pesona 4 Pulau Cantik Di Pulau Karimun

 

Tempat wisata ini tidak hanya sebagai sarana berlibur namun juga berfungsi sebagai hutan lindung. Anda bisa menikmati indahnya pepohonan hijau seperti Pohon Beluka dan Pulai di sepanjang jalan menuju Air Terjun Pongkar. Nah, jika anda memiliki masalah tidak kuat berjalan jauh, air terjun ini cocok untuk  dijadikan destinasi liburan. Hal ini dikarenakan medan menuju air terjun tidaklah terjal dan berat, selain itu jalanan menuju air terjun juga sudah tertata dengan baik.  Namun sayangnya Air Terjun Pongkar ini masih belum banyak dikenal.

Air Terjun Gunung Jantan

Kabupaten Karimun memiliki sepasang gunung yaitu Gunung Jantan dan Gunung Betina. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Gunung Jantan yang memiliki air terjun yaitu Air Terjun Gunung Jantan. Air Terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 2 meter ini cocok sekali sebagai tempat berlibur bagi keluarga. Nah, jarak yang bisa anda tempuh bersama keluarga dari Kota Karimun kurang lebih 2 kilometer. Anda juga bisa menikmati makanan-makanan khas Karimun karena di lokasi air terjun terdapat kios-kios yang menjual berbagai makanan.

Pemerintah setempat tengah menyiapkan pengembangan wisata Air Terjun Gunung Jantan ini. Sebagaimana yang di jelaskan di tribunbatam.com dikatakan bahwa pemerintah akan membangun tangga menuju puncak dan membangun lokasi panorama yang dilengkapi dengan teropong di atas sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan pulau dan laut Karimun. Hal ini diharapkan dapat menjad sarana wisata yang menarik pulau Karimun.

 

Air Terjun Sugi

 

Air Terjun Sugi terletak di desa yang bernama ‘Sugi’ . Sejenak nama desa ini cukup unik, desa yang terletak di Kecamatan Moro Tanjung Balai Karimun memiliki penduduk dengan kurang lebih 650 kepala keluarga. Rata-rata penduduk di sana bermata pencaharian sebagai nelayan dan berkebun. Desa ini ternyata menyimpan keindahan wisata dan sarat akan kisah sejarahnya. Desa ini sebenarnya adalah gugusan pulau sehingga memiliki luas daerah yang lebih besar dibadingkan pulau-pulau disekitarnya.

Pulau sugi ini memiliki berbagai macam destinasi wisata seperti indahnya pantai pasir putih Telunas, pemandangan malam hari Telunas serta Air Terjun Sugi.

 

***

Wisata air terjun akan menjadi alternatif liburan yang menyenangkan sebagai pengisi waktu luang di hari libur. Siapkan perjalanan liburan Anda ke 3 air terjun di atas yuk…  (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *