Jalan-jalan ke Istanbul, 5 Landmark Kota Ini Wajib Disambangi

Salah satu negara dengan jumlah wisatawan yang banyak di seluruh dunia adalah Turki. Turki memiliki banyak keunikan yang berbeda dengan negara lainnya.

Turki juga kerap kali dikunjungi oleh ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Kota yang paling populer dan wajib di kunjungi di Turki adalah Istanbul. Kota yang satu ini wajib untuk Anda kunjungi saat pertama kali menginjakkan kaki di negara Turki.

Istanbul memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi. Apa saja? ini dia beberapa tempat wisata terkenal Istanbul.

1. Galata Tower

Galata Tower merupakan sebuah Menara kuno dengan bentuk silinder. Menara ini termasuk salah satu landmark ikonik dari Turki.

Anda bisa menemukan Menara ini di Galata, tepatnya di daerah distrik Beyoglu, Istanbul, Turki. Dulunya, Galata Tower termasuk bagian benteng koloni Republik Genoa di Konstantinopel tahun 1348.

Menara ini memiliki tinggi mencapai 66,9 m dengan 9 tingkat yang bagian teratasnya adalah sebuah klub mala, restoran, serta café dengan panorama indah kota Istanbul.

Anda juga bisa melihat pemandangan Selat Bosphorus. Puncak dari Menara ini berbentuk kerucut serta sering terlihat dari sudut manapun, di daerah manapun.

2. Galata Bridge

travel-assets.com

Jembatan Galata merupakan salah satu jembatan yang melintasi teluk Golden Horn, Istanbul, Turki dengan menyambung bagian kota lama dan kota baru dari Istanbul bagian Eropa (menyambung distrik Eminonu dan Sirkeci).

Jembatan Galata sangat stratergis dalam hal budaya serta geografi. Jika Anda pergi ke jembatan ini, Anda pasti akan terpesona akan pemandangan laut yang indah.

Ada banyak nelayan juga yang memancing di tepi jembatan dengan duduk di tepi dermaga. Anda bisa mencoba beberapa jajanan di pinggir jembatan seperti sandwich ikan, simit, dan misir.

Jika Anda turun ke bawah jembatan, Anda akan menemukan berbagai restoran dan café yang sering dikunjungi para turis.

3. Maiden’s tower

cctinvestments.com

Selain Galata Tower, Turki juga memiliki salah satu Menara lainnya bernama Maiden. Menara ini berada di sebuath pulau kecil di selat Bospurus, Istanbul, Turki.

Dulunya, Menara Maiden digunakan sebagai Menara pengawas, lalu berubah menjadi mercusuar, hingga sekarang menjadi restaurant dan café.

Maiden’s Tower terletak di pulau yang sangat kecil dengan permukaan yang datar tanpa pepohonan atau bangunan yang terlihat mencolok.

Oleh karena itu, Menara ini menjadi bangunan yang paling mencolok di pulau kecil ini. Menara Maiden bahkan terlihat mengapung antara pemandangan selat bospurus.

Uniknya, Menara ini sering muncul di pemandangan langit kota, bahkan film dan drama.

4. Aya Sofya atau Hagia Sophia, Istanbul

Bangunan museum yang dulunya adalah sebuah gereja dan juga masjid. Keunikan dari bangunan ini terletak pada desain arsitektur Byzantine.

Aya Sofya terletak di kota Istanbul serta menjadi bangunan ikonik yang ada di Istanbul. Aya Sofya adalah bangunan yang dibangun oleh kaisar Bizantin, Justinian antara tahun 532-537.

Bangunan ini dirancang oleh 2 ilmuan yang berasal dari Yunani. Aya Sofya berubah menjadi masjid setelah kota Konstantinopel jatuh ke kekuasaan kekaisaran Ottoman.

Setelah kejadian itu, masjid utama di kota ini adalah Aya Sofya yang setelahnya dibangun juga masjid dengan ukuran lebih besar di sebelahnya dengan nama Blue Mosque.

Fungsi masjid dari Aya Sofya selesai pada tahun 1931 lalu ditutup sementara hingga 4 tahun lamanya. Tahun 1935, bangunan inipun dibuka lagi menjadi museum oleh presiden pertama Republik Turki.

Baca juga:

Pesona Alam Pantai Ciputih yang Indah Alami

5. Topkapi Palace

istanbultouristpass.com

Kawasan yang satu ini merupakan kompleks istana bekas rumah Sultan Otoman Turki. Tempat ini lalu dijadikan museum. Kompleks ini sudah dibangun selama lebih dari 400 tahun. Topkapi sudah menjadi pusat pemerintahan dimana pejabat pemerintahannya juga ikut tinggal di kompleks tersebut.

Selain rumah dan bangunan pemerintahan, kawasan ini juga dilengkapi dengan asrama, sekolah, perpustakaan, taman, masjid, rumah sakit, hingga tangka air.

Spot yang paling menarik perhatian dari Topkopi adalah bangunan dapur istana yang cukup besar dan panjang. Bangunan ini juga dilengkapi cerobong asap di setiap atap yang memanjang. Bahkan, bangunan ini sudah bisa menyerupai pabrik.

***

Bersiap melancong untuk liburan selanjutnya. Pastikan hanya Jari Adventure yang menjadi mitra perjalanan wisata Anda. Hubungi nomor HP : 0812-22279979 atau WA : 0877-78906999 untuk pemesanan atau info selanjutnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.