Perpaduan Seni dan Romantisme, Mengagumi Istana Megah di India

Salah satu negara di asia yang memiliki sejumlah istana kerajaan yang masih terjaga dengan baik. Bahkan, beberapa istana telah berubah menjadi museum, hotel atau masih ditinggali oleh keturunan bangsawan.

Nah, kalau kalian ingin berkunjung ke istana ini dan merasakan menjadi bangsawan sehari bisa lho kamu jadikan tujuan wisata saat di India.

 

City Palace, Jaipur

Tour My India

Menjadi salah satu istana di India yang sudah populer dan menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Berada di Jaipur, Rajasthan dan telah berdiri sejak tahun 1732 hingga saat ini.

Dulunya tempat ini ditinggali oleh Maharaja Sawai Jai Singh II dari Jaipur. Istana yang bergaya arsitektur perpaduan antara Rajput, Mughal dan Eropa ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Di dalamnya sendiri terdapat pavilion, kuil dan kebun, uniknya di salah satu bagian paling menarik dalam istana adalah pintu masuk yang berdesain seperti ekor burung merak.

 

Rambagh Palace, Jaipur

trip101

Rambagh Palace ini dibangun pada abad ke-19 dan memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan saat selesai berburu di masa pemerintahan Maharaja Jaipur.

Memiliki banyak ruangan yang indah dan artistik serta kebun yang menarik dan koridor yang terpenuhi oleh perabotan marmer membuat istina ini cukup menawan.

Sayangnya, sekarang Rambagh Palace menjadi hotel mewah yang bertarif puluhan juta per malam dan tentunya servis ini sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

 

baca juga:

Selain Paris, Ada 9 Kota Terindah di Perancis yang Bisa Dijelajahi

 

City Palace, Udaipur

pickyourtrail

Nggak cuma Jaipur saja yang memiliki istana yang megah bernama City Palace. Udaipur pun memiliki City Palace yang dibangun di abad ke-16 yang berlokasi di atas tebing dengan pemandangan yang sangat indah.

Yaitu, Danau Pichola dan Pegunungan Aravalli sehingga wajar banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke istana ini.

Istana ini mengusung gaya arsitektur Mughal dan Rajasthani, dimana dulunya menjadi tempat tinggal keluarga Dinasti Mewar.

Ketika memasuki istana ini, kamu akan menemukan istana-istana kecil, kuil, infinity pool dan danau. Dengan interior istana yang indah dan  tak kalah menarik serta dilengkapi dengan lukisan dinding, perabotan marmer, cermin hingga kerajinan perak.

 

Lake Palace, Udaipur

traveltriangle

Istana ini cukup unik karena berada di tengah Danau Pichola yang indah. Lake Palace berada di Udaipur, Rajasthan dan dibangun pada abad ke-18 atas di masa pemerintahan Maharaj Jagat Singh II.

Istana ini dulunya berfungsi sebagai istana musim dingin pada dinasti Mewar. Fasilitas di dalam istana ini pun tak kalah mewah meskipun terletak di tengah danau.

Kini Lake Palace telah berubah menjadi hotel mewah yang memiliki 83 kamar dan suites.

 

Umaid Bhawan Palace, Jodhpur

traveltriangle

Salah satu istana yang layak dikunjungi ketika berada di India. Bergaya Indo-Saracenic dengan luas bangunan sekitar 105 meter.

Dulunya menjadi tempat tinggal Maharaja Gaj Singh, dimana di dalamnya terdapat museum yang berisi mobil klasik, koleksi jam, memorabilia, fotografi hingga macan tutul yang sudah diawetkan.

Namun saat ini telah menjelma menjadi museum dan kamar yang ada di dalamnya menjadi hotel.

 

Mysore Palace, Mysore

karnatakatourism

Berbicara soal istana di India berarti belum lengkap kalau tidak berkunjung ke Mysore Palace yang berada di kota Mysore di Negara bagian Karnakata.

Mysore Palace ini terlihat megah dan menakjubkan karena bergaya arsitektur Hindu, Muslim, Gotik dan Rajput.

Dibangun tahun 1897 dan memiliki tiga tingkat yang terdiri dari 2 durbar hallo, 12 kuil Hindu, pavilion boneka antic, galeri foto.

Istana ini ditinggali oleh keluarga kerajaan Mysore dan sekarang mulai dibuka untuk umum.

 

baca juga:

Bikin Fobia Ketinggian! Menapaki Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia

 

Lakshmi Vilas Palace, Vadodara

outlookindia

Berada di Gujarat, Negara bagian barat tepatnya di kota Vadodara. Dan dikenal dengan nama Lakshmi Vilas Palace, dibangun pada tahun 1890 di atas lahan seluas 2 kilometer.

Sekarang istana ini dibuka untuk umum sebagai museum dan sebagian wilayah menjadi hotel sedangkan dulunya Istana Lakshmi ditinggali oleh keluarga kerajaan Vadodara.

 

Jai Vilas Palace, Gwalior

fabhotels

Tak kalah megah dengan istana lainnya yang dibangun pada abad ke-19 oleh Maharaja Sayajirao dari Gwalior yang berada di negara bagian Madhya Pradesh.

Memiliki luas istana sekitar 117 ribu meter persegi dengan gaya bangunan ala Eropa. Istana ini berdiri dari tiga tingkat dengan gaya arsitektur berbeda.

Lantai satu memiliki gaya Tuscan, lantai dua bergaya Italian Doric dan di lantai 3 bergaya Corinthian.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.