Yuk ke Istana Bogor, Siapa Tahu Beruntung Bertemu Presiden Jokowi

Istana BogorBila Anda berkesempatan berkunjung ke Bogor, pasti tidak asing lagi dengan istana yang berada dalam lingkungan Kebun Raya Bogor. Yup, Istana Bogor yang merupakan salah satu dari enam istana di Indonesia ini kini menjadi kediaman dari Presiden RI, Bapak Jokowi. Serunya lagi, kemegahan Istana Bogor ini kini tidak hanya bisa dilihat dari luar pagar, tapi juga terbuka untuk umum, sehingga pengunjung dapat melihat-lihat apa yang ada di dalam istana ini.

Bangunan kolonial

Keunikan Istana Bogor memang tidak diragukan lagi. Bangunan peninggalan kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1745 oleh Baron Gustaf Willem Van Imhof, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, memiliki luas 28 hektar. Selain memiliki aspek historis dan kebudayaan, keberadaan rusa-rusa yang sengaja didatangkan dari Nepal, dengan jumlah sekitar enam ratus ekor tetap dibiarkan bebas berkeliaran di halaman istana yang diteduhi 346 jenis pohon.

Tata ruang

Sesampainya di luar istana, Anda masih diperbolehkan memotret, tapi saat di dalam ruangan istana tidak diperbolehkan mengambil foto dan diawasi oleh CCTV. Memasuki ruangan istana, pengunjung seakan disambut oleh patung dan lukisan karya seniman ternama, yang sebagian besar merupakan koleksi Presiden Soekarno.

Pengunjung yang datang secara rombongan akan didampingi oleh pemandu yang ramah dan mengantarkan sesuai rute dan obyek kunjungan. Dimulai dari masuk ke area Istana melalui security door, menuju gedung induk sayap kiri, masuk ke gedung utama melalui Ruang Film, Ruang Teratai, dan Ruang Garuda, masuk ke gedung induk sayap kanan lalu keluar melalui pintu samping kanan menuju halaman depan istana. Sempatkan juga untuk foto bersama di serambi depan gedung utama, sebelum keluar menuju halaman parkir.

Cermin seribu bayang

Sebelum masuk ke Ruang Garuda, pada dinding yang berseberangan menempel cermin yang sangat besar, dikenal sebagai cermin seribu bayangan. Area di antara kedua cermin tersebut merupakan titik kilometer nol Kota Bogor. Ruang Garuda sendiri berbentuk oval, dengan puluhan pilar beton tinggi, lampu kristal bersusun berukuran besar, dan patung Garuda berwarna keemasan.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Halaman belakang

Keluar dari Ruang Garuda, pengunjung akan sampai di teras belakang Istana Bogor yang memiliki halaman luas dan kolam, yang berbatasan dengan Kebun Raya Bogor. Selain dapat menikmati keindahan bunga teratai, terdapat juga patung reproduksi The Hand of God dan patung karya Patzay Pal asal Budapest yang dibuat pada tahun 1962.

Suvenir

Buat yang ingin membeli cindera mata seperti kaus, jaket, gantungan kunci, jam, payung, atau gelas, bisa berjalan ke arah kiri menuju toko yag sudah disediakan khusus. Puas berbelanja, langkahkan kaki ke gedung sayap kanan Istana Bogor yang dihiasi jendela-jendela tinggi. Masih banyak patung dan ukiran yang menghiasi ruangan dan halaman Istana Bogor, menambah keindahan istana yang bergaya arsitektur Eropa abad ke-19.

Nah untuk dapat memasuki Istana Bogor, pengunjung dapat mengajukan surat permohonan kunjungan ke istana, yang ditujukan kepada sekretariat atau kepala istana di Bogor. Surat ini berisi daftar nama pengunjung sebanyak minimal dua puluh lima orang, yang disertai dengan fotokopi kartu identitas, dan harus dikirimkan seminggu sebelumnya. Nantinya Anda akan mendapatkan balasan kurang lebih tiga hari setelah menyerahkan surat, untuk mengetahui hasilnya.

Jam operasional

Serunya lagi, kunjungan masyarakat umum ke Istana Bogor ini tidak dipungut biaya apapun, dan anak-anak yang berusia minimal sepuluh tahun pun diperbolehkan masuk ke dalam Istana Bogor. Waktu berkunjung dibatasi pada hari Senin hingga Kamis mulai jam 09.00-14.00, sedangkan untuk hari Jumat mulai jam 09.00-11.00 dan dilanjutkan pada 14.00-16.00.

Rute

Pengunjung akan masuk melalui pintu gerbang III Istana Bogor, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda No 1, Bogor, di samping Gereja Zebaoth. Untuk memarkirkan kendaraan roda empat dan dua dapat mengambil tempat di halaman Istana Bogor, sedangkan bus disediakan tempat di halaman parkir bus pariwisata atau terminal bus Damri Baranangsiang Bogor.

Tips berkunjung ke Istana Bogor

***

Berkunjung ke kediaman orang nomor satu di Indonesia yang berada di kota hujan, Bogor, akan memberikan sensasi pengalaman unik yang tiada duanya. Maklum saja, Istana Bogor milik presiden ini memiliki persyaratan yang cukup detail kepada setiap pengunjung. Apa saja ya? Berikut ini infonya…

1. Menulis surat permohonan

Berkunjung ke Istana Bogor para wisatawan diminta untuk menulis surat permohonan yang ditujukan kepada Sekretariat Presiden RI, beralamat di Jl. Veteran No 16 jakarta 10110 atau Kepala Istana Bogor, di Jl. Ir. H. Juanda No 1 Bogor

  1. 4 rangkap lampiran nama-nama rombongan
  1. biodata lengkap ketua rombongan
  1. minimal rombongan berjumlah 25 orang
  1. surat permohonan yang diajukan boleh dari kalangan instansi, sekolah, dari swasta atau pemerintah.
  1. surat permohonan dilegalisir oleh pejabat wilayah misalnya seperti pejabat di kantor kelurahan.
  1. rombongan yang memakai jasa agen travel wisata menggunakan kop dari pemohon, bukan dari kop travel.
  1. usia pengunjung minimal 10 tahun
  1. surat permohonan diajukan paling lambat satu minggu sebelum kedatangan.

2. Waktu Kunjungan

  1. Hari Kerja (Senin s.d.Jumat) mulai pukul 08.00 s.d 14.00 WIB
  2. Hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya tidak melayani tamu kunjungan

3. Ketentuan/Persyaratan

  1. Memakai busana sopan dan rapi atau tertutup bagi wanita, dan bersepatu. Bagi pria, memakai ikat pinggang dan celana panjang.
  2. Dilarang memakai busana santai seperti celana pendek, celana ketat, celana jeans, celana olahraga, kaos, T-shirt, dan sandal.
  3. Tak diperkenankan memotret pada bagian yang sudah diberi tanda larangan memotret.
  4. Anda tidak diperkenankan membawa senjata api atau senjata tajam (harus diperiksa melewati detector)
  5. hendaknya tidak diperkenankan membawa makanan masuk ke dalam Istana Bogor
  6. Tidak diperkenankan mengadakan acara atau kegiatan di dalam Istana Bogor misalnya reuni sekolah, arisan, pengajian, dan sebagainya.
  7. Pimpinan rombongan memegang tanggung jawab penuh atas rombongan yang dibawa.
  8. Jika pengunjung kedapatan melanggar peraturan yang berlaku, maka kunjungan dibatalkan dan kunjungan berikutnya tidak akan dilayani.
  9. Pengunjung dapat diproses secara hukum apabila melakukan tindakan yang membahayakan tingkat keamanan atau keselamatan di dalam Istana Bogor.

Jadwal kunjungan bisa dibatalkan sewaktu-waktu apabila ada acara kenegaraan yang lebih mendesak.

***

Bagi yang akan mengunjungi Istana Bogor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya berpakaian sopan, rapi, bersepatu, serta tidak menggunakan pakaian berbahan denim. Selain itu tas dan bawaan lainnya disarankan untuk disimpan di kendaraan atau ditinggal di tempat penitipan barang yang disediakan oleh pihak istana. Tapi yang terutama adalah ikut menjaga ketertiban dan sopan santun, sehingga kunjungan berjalan aman dan nyaman.

Kapan lagi bisa memasuki Istana Bogor dan merasakan bagaimana kehidupan presiden di dalamnya. Yuk rencanakan bersama teman-teman atau keluarga besar. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *