Meriahnya Festival Chand Raat untuk Sambut Lebaran di India

Tradisi lebaran di Indonesia memang cukup beragam di setiap daerahnya. Apalagi mayoritas masyarakatnya yang muslim membuat tradisi lebaran semakin meriah dimana-mana.

Tradisi dan budaya yang beragam di Indonesia juga menjadi salah satu factor pendukung beragamnya tradisi lebaran yang ada di Indonesia. Tradisi apa yang biasanya dilakukan di tempat tinggal Anda?

Selain Indonesia, ternyata beberapa negara lain juga memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan lebaran. Salah satunya yang tak jauh berbeda dengan negara kita adalah India.

India sendiri merupakan negara yang menyimpan berbagai tradisi serta budaya. Bahkan penduduk dengan agama yang berbeda-beda bisa Anda temukan di India.

Sebagian dari penduduk India juga banyak yang beragama Islam dan tinggal berdampingan bersama penganut agama lain.

Pantas saja jika India memiliki tradisi lebaran yang khas dan tak jauh berbeda dari yang ada di Indonesia. Waktu di penghujung Ramadhan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu.

Waktu inilah yang menjadi puncak kemenangan umat muslim yaitu hari raya Idul Fitri. Hari yang sangat dinantikan seusai berpuasa sebulan penuh lamanya. Apa saja tradisi lebaran yang bisa Anda temukan di India? Simak berikut ini.

1.    Berbagai Instansi Berhenti Beroperasi Saat Lebaran

Sama halnya seperti Indonesia, toko-toko yang ada di India akan tutup sementara ketika hari lbaran. Tak hanya itu, berbagai kantor instansi Pemerintah, kantor pos, hingga bank juga akan berhenti beroperasi.

Beberapa dari mereka ada yang mengurangi jam buka sehingga tetap merayakan lebaran dengan suka cita. Dengan begitu, seluruh karyawan terutama yang memeluk agama islam bisa berkumpul Bersama keluarga tanpa perlu memikirkan pekerjaan.

2.    Festival Chand Raat

Ternyata, India memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan lebaran. Salah satunya adalah penggelaran festival bernama Festival Chand Raat.

Festival ini menandai berakhirnya bulan Ramadhan sekaligus mengakhiri waktu puasa wajib di bulan Ramadhan. Festival Chand Raat digelar di malam sebelum hari raya Idul Fitri.

Ketika festival berlangsung, semua orang terutama umat muslim akan berkumpul bersama sembari berbelanja makanan untuk menyambut bulan Syawal.

Di festival ini juga akan digelar bazaar yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.

Bazaar ini memamerkan berbagai jenis barang mulai dari pakaian, perhiasan, barang fashion, henna, hasil kerajinan, hingga barang seni.

Jika Anda merayakan hari lebaran di India, maka bazaar ini adalah tempat yang wajib Anda datangi.

3.    Tradisi Mudik

Selain Indonesia, tradisi mudik juga dimiliki oleh beberapa negara lainnya termasuk India. Umat muslim di India juga akan kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga sembari merayakan hari raya lebaran.

Tradisi mudik di India juga dilaksanakan setiap tahun seperti di negara kita. Selain mudik, kebiasaan orang India dalam menyambut lebaran adalah membeli baju baru untuk hari raya Idul Fitri.

Tradisi yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

4.    Sholat Ied Berjamaah dan Pembayaran Zakat Fitrah

Di pagi harinya tepatnya tanggal 1 Syawal tahun islam, umat muslim di India akan berkumpul di masjid-masjid untuk melaksanakan Sholat Ied berjamaah. Masjid-masjid di India akan dipenuhi oleh umat muslim.

Selain itu, umat muslim di India juga akan melaksanakan pembayaran Zakat Fitrah yang dibayar tidak dalam bentuk beras atau uang seperti Indonesia.

Namun dengan barley (biji jelai), kismis, kurma, tepung terigu, atau uang yang harganya setara dengan bahan makanan tersebut.

Baca juga:

Bumbu Rempah Berlimpah, Cicipi 5 Masakan khas India yang Bikin Mood Bahagia

5.    Makan Bersama Keluarga

Seusai melaksanakan sholat Idul Fitri, waktunya masyarakat muslim di India untuk menyiapkan makanan atau hidangan Bersama keluarga.

Tradisi ini memang sudah wajib ada di setiap hari lebaran. Setelah makan Bersama, mereka akan saling mengunjungi anggota keluarga sembari memberikan kartu ucapan.

Bahkan, orang dewasa juga akan memberikan mainan atau permen kepada anak kecil.

Itulah beberapa tradisi dalam merayakan lebaran di negara India. Bagaimana? Tidak jauh berbeda dari negara kita, bukan?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.