Bumbu Rempah Berlimpah, Cicipi 5 Masakan khas India yang Bikin Mood Bahagia

Apakah Anda termasuk dari salah satu pecinta India? India terkenal akan film yang penuh tarian dan nyanyian. Film-film India juga sangat digemari masyarakat Indonesia sejak lama sehingga tak kalah dari film barat.

Budayanya juga unik, pantas saja film atau drama dari India sering ditampilkan di layar kaca Indonesia. Sebagian besar masyarakat memang tertarik akan budaya, baju, serta makanan India yang cukup berbeda dari Indonesia.

Bicara soal makanan India, kreasi kuliner India ternyata bervariasi antar daerahnya, lho! Makanan India memiliki cara penyajian yang cukup unik dan berbeda dari negara lainnya.

Masakan India kaya akan rempah sehingga sedikit mirip dengan kuliner Indonesia yang terkenal karena rempahnya yang khas. Apa saja? Simak berikut ini!

1. Dhokla

Yang pertama adalah Dhokla, sebuah camilan gurih dari India dengan bahan vegetarian. Cocok banget bagi Anda yang ingin diet namun suka nyemil.

Dhokla terbuat dari campuran buncis dan nasi. Cara pembuatannya ialah adonan beras yang sudah difermentasikan akan dicampur dengan buncis yang kemudian dikukus.

Setelah itu, Dhokla akan diberi hiasan dari ketumbar serta biji sesawi.

Bagi Anda yang sedang diet atau ingin nyemil camilan sehat, Dhokla bisa menjadi pilihan Anda. Kabarnya, Dhokla adalah hidangan pelopor dari segala macam masakan vegetarian di India.

2. Tunde ke Kabab

Sudah pernah makan kebab? Untuk kebab yang satu ini merupakan daging cincang yang terkenal akan bahannya yang kaya akan rempah, bahkan mencapai 150 rempah yang berbeda, lho!

Kebab tuned ini terbuat dari daging kerbau, namun banyak varias lain yang menggunakan daging ayam serta daging kambing.

Tunde ke Kabab ini sangat terkenal di India akan kelezatannya. Masakan ini juga menjadi hidangan utama dari bermacam masakan Awadhi yang terkenal akan rasanya yang lezat.

3. Vada Pav

motherindiavegetarian.com.au

 

Kalau dilihat-lihat, bentuknya seperti burger pada umumnya. Namun, tentu saja masakan ini cukup berbeda.

Jika Anda berkunjung ke daerah Maharashtra, India maka Anda wajib mencoba Vada Pav yang dijual di sekitar jalanan tersbeut.

Vada Pav sendiri terdiri atas patty kentang, cabai, serta rempah lainnya yang diapit dengan pav atau roti gulung. Selain enak, Vada Pav juga menjadi camilan popular di India.

Makanan sederhana ini juga dibandrol dengan harga yang murah. Jika Anda menemukan penjual Vada Pav, maka Anda wajib mencoba masakannya!

4. Beef Roast and Parotta

Tahukah Anda, orang-orang Kerala di India merupakan penikmat masakan yang menggunakan bahan daging sapi. Adanya bahan daging sapi di dalam masakan Kerala kini menginspirasi beragam hidangan terbaik yang sangat menggugah selera.

Salah satunya adalah daging sapi panggang yang paling utama dan terkenal.

Roti Kerala yang dipadukan dengan daging sapi panggang serta parotta merupakan kominasi terbaik yang wajib Anda coba.

Baca juga:

Bukan Foto Editan, Pantai Berpasir Pink dan 7 Destinasi Keren di Kepulauan Nias

 

5. Rogan Josh

TheFoodMarket.com

 

Dari daging sapi, kini kita beralih ke hidangan berbahan daging domba. Salah satunya adalah Rogan Josh, hidangan kari domba yang berasal dari Kashmir, India. Hidangan ini ternyata juga memiliki akar asal dari masakan Persia.

Di dalam kari domba ini terdapat beragam rempah, jahe, tomat, hingga bwang putih. Rasanya yang luar biasa membuat hidangan lezat ini digemari hingga kes eluruh negeri.

Resepnya memang bervariasi antar daerah lainnya. Namun, inti dari masakan ini tetap sama jadi jangan bingung ketika menemukan versi kari yang berbeda.

***

Masakan India sangat khas dan tidak jauh berbeda dari Indonesia. Apalagi dengan menggunakan beragam macam rempah di dalamnya.

Rasanya? Tentu saja masakan ini akan menggoyang lidah Anda dan seketika membuat suasana hatimu semakin bahagia.

Setelah menggemari film dan budayanya, kini saatnya Anda untuk mencoba masakan kaya rempah yang menggiurkan. So, masakan mana dulu yang ingin Anda coba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.