Ini Dia 15 Keunikan Sungai Gangga di India yang Belum Pernah Kamu Ketahui

Bagi orang India, Sungai Gangga merupakan denyut jantung dan nadi yang membuat New Delhi tetap hidup. Tanpa aliran Sungai Gangga, bisa dikatakan seolah semua kehidupan juga ikut nyaris mati.

Tidak hanya sekadar aliran sungai biasa, Sungai Gangga sudah melintasi India sejak ratusan abad silam.

Membawa sebuah semangat baru di setiap aliran airnya. Meskipun, berair keruh, akan tetapi bagi masyarakat Hindustan, aliran Sungai Gangga merupakan aliran sungai suci yang membawa keberkahan.

Warga lokal menyambut setiap tetesan air Sungai Gangga bagaikan pemujaan terhadap kemewahan. Tak ubahnya seperti harta karun terbesar di muka bumi. Mereka mandi di sana, mencuci pakaian, melakukan ritual – ritual agama khusus. Bahkan yang paling kontroversial adalah menghanyutkan mayat dan abu jenazah setelah upacara pembakaran mayat. Wow… apa saja hal – hal unik tentang Sungai Gangga yang ternyata belum kamu ketahui? Simak selengkapnya ya…

 

  1. Sungai sepanjang 2.524 km yang menjadi sungai terbesar ketiga di seluruh dunia.
 
sungai gangga
sungai gangga
  1. Mengalir dari pegunungan Himalaya sebelah barat hingga ke India, dan Bangladesh. Muara terakhir berada di Teluk Bengala.
 
  1. Sungai yang dianggap keramat dan suci bagi warga lokal ini ternyata menjadi sungai paling kotor dan tercemar nomor 5 di dunia. Tidak hanya limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai, tetapi juga dipakai masyarakat untuk keperluan MCK (mandi, cuci, kakus).
 
  1. Yang paling parah, adalah pembuangan abu jenazah mayat. Terkadang, abu ini tidak bisa hancur sepenuhnya dan masih menyisakan tulang belulang yang sulit dihancurkan oleh alam. Umumnya masyarakat yang dari kalangan menengah ke bawah, tidak punya cukup uang untuk membeli kayu bakar pembakaran mayat.
 
  1. Untuk menuruni sungai, dibuat teras atau anak tangga yang disebut Ghat.
 
  1. Di tepi Ghat, masyarakat memberikan sesaji, mandi, dan melakukan aktivitas ritual, termasuk beribadat untuk memuja dewi Gangga. Di sekitar Sungai Gangga banyak orang yang melakukan aktivitas cuci dan jemur pakaian.
 
  1. Sepanjang pinggiran Sungai Gangga juga mudah dijumpai kalangan pendeta atau orang yang sedang melakukan ritual tertentu untuk memuja dewi Gangga.
Baca juga:
  1. Pembakaran jenazah juga dilakukan di sisi Sungai Gangga. Akan tetapi, sudah disediakan Ghat khusus agar tidak bercampur dengan aktivitas peribadatan lain. Jadi, tak heran apabila Ghat lain tampak bersih, maka di permukaan Ghat ini justru terlihat hitam legam.
 
  1. Masyarakat Hindustan menganggap bahwa agar suatu roh atau arwah orang meninggal bisa naik ke surga maka harus dibuang ke Sungai Gangga. Ibaratnya Sungai Gangga adalah jembatan antara bumi dan surga. Setelah jenazah dibakar maka abu mayat akan segera dibuang ke Sungai Gangga. Bagi masyarakat yang miskin dan belum punya ongkos ke Sungai Gangga, abu jenazah akan disimpan sementara waktu.
 
  1. Kota Varanasi atau Benares adalah kota yang paling populer dengan keindahan warna – warni Ghat. Selain itu, ada kota lain yaitu Prayag dan Haridwar.
 
  1. Warga India meyakini bahwa dengan berendam dalam air Sungai Gangga yang suci, dapat menghapus segala dosa – dosa. Karena itu setiap hari banyak orang yang berendam dan mandi di Sungai Gangga.
 
  1. Tidak sedikit pula kaum hawa yang membawa semacam kendi untuk mengambil air, kemudian ditumpahkan lagi ke Sungai Gangga. Sebagai penghormatan kepada Dewi Gangga yang terkenal cantik jelita.
 
  1. Pada hari – hari raya tertentu, tidak jarang masyarakat Hindustan memberikan persembahan. Dengan menghanyutkan piring sesaji yang diisi kelopak bunga – bunga warna – warni. Dan lilin atau lentera yang dinyalakan.
 
  1. Sebagai oleh – oleh, tak lupa para peziarah di Sungai Gangga membawa pulang sedikit air Sungai Gangga yang dianggap air suci penuh berkah untuk ritual. Kemudian, akan diciprat – cipratkan ke sekitar rumah dan perlengkapan ritual sehari – hari.
 
  1. Untuk tujuan komersil ini pula, banyak anak – anak dan pedagang air Sungai Gangga yang ditempatkan dalam wadah eceran jerigen. Agar lebih mudah para peziarah untuk membeli air dan tidak perlu mengambil sendiri ke Sungai Gangga.

 

***

Gimana, kamu juga tertarik ke Sungai Gangga?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *