Ingin Menjernihkan Pikiran? 6 Wisata Danau di Bandung Ini Bisa Jadi Pilihan

Bekerja sepanjang minggu atau kuliah penuh dengan tekanan dan tugas yang bikin kamu lembur kerap memicu stres. Stres jangan dibiarkan berlarut – larut. Dalam kondisi yang parah, bisa menjadi depresi hingga akhirnya pikiran dan tindakan tidak sinkron. Jernihkan pikiranmu dengan berlibur ke 6 danau di Bandung yang bening dan sejuk ini. Setiap orang pasti ingin melepaskan segala jenuh dari aktivitas sehari – hari dengan menikmati pemandangan alam yang sejuk dan indah.

Tidak perlu bingung, panorama alam kota wisata Bandung selalu siap menyambut kehadiran pelancong dari segala kalangan tak peduli usia. Destinasi danau di Bandung berikut wajib kamu sambangi untuk segera menghapuskan segala penat dan stres yang selama ini mendera. Siapkan tasmu dan berangkat ke 6 danau di Bandung yang sejuk dan cocok untuk menenangkan pikiran berikut:

1. Situ Cukul

staticflickr.com

Tidak terlalu sulit menemukan danau yang indah ini. Lokasinya ada di Desa Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat. Situ Cukul terbuat dari cekungan alami sejak jutaan tahun yang lalu. Airnya jernih dan bening menyegarkan badan. Bersumber dari pepohonan dan lingkungan hutan yang berada di sekelilingnya. Melihat kesejukan dan asrinya Danau Cukul, tidak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung pada akhir pekan untuk melepaskan stres. Berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl dengan hawa yang cukup menyegarkan.

Menyaksikan panorama alam sekitar Situ Cukul, mata akan dimanjakan dengan perkebunan teh terhampar di sejauh mata memandang. Perkebunan teh ini berada di kontur tanah perbukitan yang lebih landai dan berjajar. Sangat cantik dan cocok dijadikan tempat menghabiskan liburan. Tersedia juga beberapa villa dan homestay di sekitar lokasi yang diperuntukkan bagi pengunjung. Bila ingin lebih lama menikmati keindahan Situ Cukul dan bermalam, ada juga Villa Cukul yang bergaya Mediterania nan megah untuk alternatif pilihan.

2. Situ Sanghyang

kesiniaja.com

Memiliki keelokan panorama alam di Desa Cibalanarik dan Desa Cilolohan, Kec. Tanjungjaya, Kab. Tasikmalaya, Situ Sanghyang merupakan sebuah danau alami yang mengagumkan. Airnya tidak pernah surut dengan sumber mata air alami dari pegunungan di hutan sekitarnya. Masyarakat lokal umumnya juga sering mengandalkan wisata Danau Shanghyang sebagai mata pencaharian tambahan dari para pengunjung. Tidak ada salahnya, mendirikan tenda dan berkemah di sekitar lokasi danau yang menyejukkan mata ini.

3. Situ Ciburuy

blogspot.com

Sejak era 80-an, Danau Ciburuy sudah mulai dibuka untuk masyarakat umum. Oleh karena itu, warga asli Bandung pasti sudah mengenal dan familiar dengan Situ Ciburuy. Lokasi danau alami yang asri ini berada di Desa Ciburuy, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat. Bila dari Jakarta, bisa melewati Padalarang dari sisi jalan raya Bandung – Jakarta.

Baca juga:

3 Wisata Kuliner di Bandung Kekinian dan Tak Bikin Kantong “Bolong”

4. Situ Cileunca

www.arumsilviani.com

Panorama indah yang menyejukkan hati ditawarkan oleh Situ Cileunca. Berlokasi di Pangalengan yang menawarkan camping ground dan arung jeram yang menantang adrenalin. Kebanyakan pengunjung merupakan keluarga dan rombongan petualang yang terdiri dari kalangan mahasiswa atau kawula muda. Tidak hanya berkemah, mereka juga kadang berkunjung untuk berburu foto – foto panorama alam yang menakjubkan dari Situ Cileunca.

Terlebih, ketika malam hari. Panorama eksotis semakin bersinar dan wisatawan dapat berkeliling di sekitar area danau untuk menyaksikan keindahannya di siang atau sore hari. Yang tak kalah unik, pengunjung dapat mencoba atraksi wisata berupa memetik sendiri strawberry dan arbei.

5. Situ Patengan

www.tempat.me

Berada di ketinggian sekitar 1.600 meter dpl, tak akan sulit bagi wisatawan menyaksikan keindahan alam danau Patengan yang berpadu dengan panorama alam sekitarnya. Sudah pasti hawa sejuk dan menyegarkan badan terasa di kulit. Eksotisme ini berada di Desa Patengan, atau dekat dengan lintasan jalan raya Ciwidey dan Rancabali. Menenangkan diri atau berkontemplasi sangat ideal dilakukan mengingat lokasi alam yang asri dan perairan jernih membentang di depan mata.

6. Situ Cipanunjang

www.satulensa.com

Sesuai namanya, danau ini memang sengaja dibuat untuk menunjang irigasi masyarakat setempat. Selain itu, panorama alam yang begitu menyejukkan pikiran juga bisa segera diperoleh hanya menempuh perjalanan sekitar 44 km dari Alun –alun Bandung.

***

Pas banget, kan? Saat butuh refreshing dan menyegarkan pikiran ada 6 danau di Bandung yang ideal untuk berwisata. Pastikan liburan ke Bandung sudah terencana dengan baik dan profesional. Serahkan urusan liburan pada ahlinya, agen travel wisata di Bandung, Jari Adventure yang berlokasi di Jalan Sarimanah Bandung.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.