Indahnya Nuansa Warna Pelangi Air Terjun Curug Cimahi

Curug CimahiTekanan pekerjaan dan rutinitas harian bisa membuat seseorang mengalami frustasi dan stres. Untuk mengatasinya, coba deh ambil waktu luang untuk menikmati keindahan alam. Salah satunya Curug Cimahi yang namanya sekarang sedang tenar, tidak hanya di kawasan Jawa Barat, tapi juga ke luar Pulau Jawa, Malaysia, dan Singapura. Tidak heran jika foto-foto selfie dengan latar air terjun ini pun banyak menghiasi media sosial.

Lokasi Curug Cimahi

Curug yang terletak di Cisarua, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat  ini dibuka untuk umum pada tahun 1992 hingga 2010, kemudian dilakukan pembenahan oleh pihak Perhutani, dengan memberikan konsep dan penataan yang baru. Nama Curug Cimahi yang berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya ini, kemudian berubah menjadi Curug Pelangi atau The Rainbow Waterfalls, yang diresmikan oleh Ir Ellan Barlian MM, selaku Kepala Perhutani Divre Jabar, pada Desember 2014.

Keputusan memoles curug ini memang tidak salah, karena terjadi peningkatan pengunjung terutama saat pergantian tahun, hari raya keagamaan, dan musim liburan. Keindahan alam memang menjadi magnet utama Curug Pelangi ini. Dengan ketinggian 87 meter, air terjun ini dikelilingi tebing berbatu yang ditumbuhi lumut, sehingga menambah kesan asri dan alami. Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki air terjun lainnya, yaitu dilengkapi dengan dua tempat layaknya balkoni, yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Pesona Curug Cimahi

Selain memanjakan mata dan menikmati hawa dinginnya, Anda juga bisa bermain air dan menyegarkan tubuh di bagian bawah air terjun. Namun hati-hati saat menelusuri bebatuan yang tersusun di sekitar air terjun, karena cukup licin. Ada baiknya persiapkan pakaian ganti, karena tubuh dijamin basah saat berdekatan dengan lokasi hempasan air terjun.

Tidak seperti curug lainnya yang dibatasi jam buka hingga sore hari, Curug Cimahi atau Pelangi ini justru buka hingga pukul sembilan malam, dimana Anda bisa melihat gemerlap lampu berbagai warna yang muncul dari balik curahan air terjun. Tampilan warna pelangi inilah yang membuat Curug Cimahi ini kini dikenal dengan nama Air Terjun Pelangi.

Pelangi di balik air terjun

Hal ini ternyata terinspirasi dari air terjun Colorado, AS, yang memiliki permainan cahaya warna-warni. Bedanya hanya letak penempatan lampu, jika air terjun Colorado memasangnya di depan air, curug ini meletakkan lampu di belakang air. Pemandangan ini akan menjadi jelas, ketika pengunjung menuruni anak tangga mendekati air terjun.

Baca juga: Pulau Sangiang, Surga Tersembunyi di Banten

Lokasi ini juga masih terjaga keasriannya. Jika beruntung para wisatawan yang datang kesini dapat melihat kera ekor panjang yang bermain di sekitar hutan yang mengelilingi air terjun. Jangan khawatir, kera-kera ini tidak lagi buas atau liar karena sudah terbiasa dengan para pengunjung yang datang.

Rute transportasi

Jika penasaran ingin membuktikan keindahan air terjun ini, tak perlu ragu untuk datang karena letaknya yang relatif dekat dan akses menuju lokasinya pun cukup baik. Ada banyak jalur yang bisa dipilih, mulai dari arah Cimahi, pusat Kota Bandung, atau dari Lembang. Namun akses yang paling mudah adalah melalui jalur Lembang – Parongpong, satu arah dengan keberadaan Dusun Bambu. Cukup ikuti jalur tersebut, hingga sampai ke terminal angkot Cisarua. Pintu masuk Curug Cimahi berada persis di sebelah terminal angkot Cisarua, sehingga mudah ditemukan.

Apabila memutuskan menggunakan angkotan umum, para pengunjung dapat menaiki angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong. Dari terminal Ledeng yang terletak di Jalan Setiabudi, lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan jurusan Parongpong-Padalarang, sekitar dua kilometer, dan turun di terminal angkot Cisarua.

Akses dari gerbang menuju lokasi air terjun cukup terawat. Anda tinggal menyusuri tangga kurang lebih 15 hingga 20 menit perjalanan. Walau anak tangga yang terdapat di curug tersebut cukup banyak, yaitu sebanyak 587 anak tangga, tersedia shelter atau tempat peristirahatan jika Anda merasa terlalu capek.

Fasilitas pengunjung

Fasilitas yang ada di curug ini pun cukup lengkap, bersih, dan terawat. Mulai dari jalan setapak, area piknik, tempat sampah, pusat informasi, pos jaga, mushola, dan kamar kecil. Selain itu juga terdapat warung-warung warga yang menjual makanan dan minuman, yang biasanya buka pada akhir pekan dan liburan.

Untuk masuk dan menikmati keindahan Curug Cimahi ini, Anda cukup membayar lima belas ribu rupiah per orang. Area parkir untuk kendaraan roda empat dan dua pun cukup luas, sehingga dapat menampung pengunjung yang datang dari segala penjuru. Nah tunggu apalagi, segera ajak anggota keluarga atau teman-teman untuk berkunjung ke Curug Cimahi. (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.