Indahnya Kota Tua Jakarta, Tempat Wisata Sarat Nilai Historis Yang Wajib Dikunjungi

Ibu kota Jakarta tak hanya menawarkan jenis wisata dengan wahana yang menerapkan peralatan canggih  ataupun wisata belanja yang menghamburkan uang. Namun, bagi Anda pecinta sejarah, Jakarta juga memiliki tempat wisata bersejarah yang wajib Anda kunjungi. Ya, Kota Tua namanya. Tempat wisata Kota Tua Jakarta  ini dulunya merupakan  kawasan penting di era penjajahan. Kawasan Kota Tua mencakup sebagian wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa sampai Museum Bank Indonesia. Tak berbeda dengan kawasan kota lama di beberapa kota di Indonesia bahkan dunia, Kota Tua Jakarta ini dialihfungsikan sebagai tempat wisata bersejarah dengan memanfaatkan bangunan lama menjadi museum yang menyimpan segudang informasi berharga tentang sejarah kota. Saat berkeliling di Kota Tua Jakarta, Anda bisa menikmati beberapa obyek wisata sambil mengenal sejarah. Berikut diantaranya:

Pelabuhan Sunda Kelapa 

Pada jamannya, Pelabuhan Sunda Kelapa adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk yang digunakan untuk kegiatan jual beli dalam perdagangan internasional. Pelabuhan ini menjadi saksi bisu masa kejayaan Jakarta dan Batavia di masa lalu. Di pelabuhan kuno inilah para pedagang dari Cina, Arab serta India berkumpul dan melakukan transaksi jual beli dengan menukar barang dagangan yang dibawa dari negeri masing-masing dengan uang atau rempah-rempah.

Saking tuanya, Pelabuhan Sunda Kelapa bahkan disebut-sebut telah beroperasi sejak berdirinya Jakarta. Berkat keberadaan pelabuhan ini, bagsa Indonesia  khususnya  Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Demak merasakan kemakmuran yang luar biasa. Pelabuhan ini juga menjadi saksi kedatangan Bangsa Portugal serta awal penjajahan Belanda di Indonesia.

Kini, pelabuhan Sunda Kelapa tak lagi dijadikan sebagai pusat perdagangan melainkan menjadi tempat ‘parkir’ kapal nelayan setempat. Alih fungsi ini tak lantas menjadikan pelabuhan ini kurang menarik lho. Jika Anda datang di waktu yang tepat, terutama saat sore hari menjelang senja, Anda akan dapat menyaksikan pemandangan yang indah yang tercipta dari perpaduan siluet kapal-kapal nelayan ini dengan cahaya jingga matahari yang akan tenggelam. Penorama yang menawan ini bisa Anda jadikan obyek foto yang menarik.  

Museum Fatahillah

Kawasan Kota Tua Jakarta juga menawarkan obyek wisata yang berupa museum, yakni museum Fatahillah. Museum ini juga dikenal dengan sebutan Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta. Museum ini memiliki koleksi benda bersejarah sekitar 25.000 buah yang dipajang di tiga lantai. Bila Anda ingin melihat-lihat furnitur, meriam, keramik, prasasti serta artefak unik yang mengiringi perkembangan kota Jakarta maka di meseum inilah tempatnya.Tak mahal, Anda hanya cukup merogoh kocek sebesar 2000 rupah saja untuk bisa memasuki  Museum Fatahillah. Museum ini dibuka untuk umum mulai Selasa hingga Minggu mulai pukul 9 hingga 3 sore.     

Ternyata, gedung ini tak murni dibangun untuk ruang pamer benda-benda bersejarah saja. Dulunya, Museum Fatahillah pernah digunakan sebagai balai kota, pengadilan bahkan mempunyai penjara bawah tanah. Musem ini memiliki beberapa tempat paling penting, salah satunya adalah lapangan yang ada di luar gedung yang digunakan penjajah untuk mengeksekusi tahanan.

 

Baca Juga : Taman Mini Indonesia Indah Jakarta (TMII), Kawasan Wisata Untuk Keluarga

 

Museum Bank Indonesia

Salah satu tempat wisata Kota Tua Jakarta yang paling menyedot perhatian wisatawan adalah Museum Bank Indonesia. Bangunan tempat museum ini berdiri dulunya merupakan Binnen Hospital. Lambat laun, bangunan ini berganti menjadi De Javasche Bank di tahun 1828 dan Bank Indonesia di masa mendatang.

Bagi pecinta fotografi, Mesuem Bank Indonesia menawarkan banyak obyek menarik untuk diabadikan. Tak ayal bila tempat ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke kota tua. Museum Bank Indonesia bisa Anda kunjungi setiap Selasa hingga Kamis mulai pukul 08.00 sampai 14.30, Jumat, mulai pukul 08:00 sampai 11:00 serta Sabtu dan Minggu, antara pukul 9:00 hingga  16:00. Asyiknya, pengunjung bisa masuk ke museum ini tanpa membayar sepeserpun alias gratis.

Toko Merah

Satu lagi bangunan unik yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Tua adalah Toko Merah. Bangunan unik ini dirikan oleh Baron Van Imhoff, gubernur jendral VOC, yang juga penggagas bangunan Istana Bogor. Bangunan ini bisa menjadi tempat wisata Kota Tua Jakarta yang menarik dengan suguhan suasana dan perabotan khas zaman colonial Belanda yang masih terjaga keasliannya yang bisa Anda rasakan dan lihat begitu memasuki bangunan.    

Sayangnya, tak sembarang orang bisa bebas keluar masuk Toko Merah karena status bangunan peninggalan colonial ini yang tidak terbuka untuk umum. Hanya bagi mereka yang mengantongi ijin dari pihak berwajib saja yang bisa masuk ke dalam bangunan Toko Merah. Nanun, Anda jangan berkecil hati. Anda tetap bisa menikmati suasana kuno yang dihadirkan oleh Toko Merah ini dengan berkeliling di kawasan sekitar bangunan. Anda juga bebas befoto di sekitar lokasi Toko Merah.

Nah, itu tadi beberapa spot menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di tempat wisata Kota Tua Jakarta. Bila Anda benar-benar tertarik mengunjunginya, usahakan tak datang di akhir pekan karena tempat ini bakal dipadati pengunjung baik dari dalam maupun luar Jakarta. Di sini, Anda juga bakal menemui berbagai macam klub fotografi ibukota yang berburu obyek indah untuk menambah portofolio mereka. Atau bisa jadi Anda juga salah satu di antara mereka? Selamat berlibur di tempat wisata Kota Tua Jakarta.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.