Ide Agustusan untuk Meningkatkan Konversi Penjualan Merek

Agustus adalah bulan yang meriah bagi warga negara Indonesia karena bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaannya pada tanggal 17.

Hari kemerdekaan, yang juga disebut Tujuh Belas, biasanya dirayakan dengan mengadakan upacara pengibaran bendera oleh pihak sekolah atau lembaga pemerintah.

Upacara dan perayaan diadakan di seluruh negeri untuk merayakan hari nasional ini, termasuk upacara pengibaran bendera yang dilakukan secara nasional dan di instalasi diplomatik Indonesia di luar negeri, kompetisi komunitas lokal, dengan parade patriotik dan budaya.

Diskon ditawarkan oleh pusat perbelanjaan atau bisnis yang memang ingin berpartisipasi. Pada tanggal 16 Agustus, Presiden Indonesia berpidato di depan DPR.

Selain perayaan formal, lingkungan setempat biasanya menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam bentuk permainan di luar ruangan seperti panjat pinang atau lomba makan krupuk dan parade, di mana para peserta mengenakan kostum patriotik, berbaris di sekitar kota.

Momentum ini sekaligus memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis untuk menawarkan promosi guna terlibat dalam perayaan tersebut. Berikut beberapa ide yang dapat dipertimbangkan oleh merek atau perusahaan Anda.

 

  1. Selenggarakan acara yang mengusung merek.

Perusahaan atau merek biasanya menyelenggarakan konser dan bazar untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, sambil menawarkan produk atau layanan mereka, dan mungkin barang edisi terbatas.

Meskipun acara offline belum diizinkan karena pandemi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengadakan pertemuan ini secara online. Merek mulai dari fashion hingga otomotif mengadakan konser, bazar virtual, dan lainnya secara daring.

Selain itu, mengadopsi tujuan sosial, seperti yang berorientasi membantu sesama warga dan veteran juga dapat sejalan dengan perayaan Hari Kemerdekaan serta pembangunan bangsa.

 

  1. Pentingnya melakukan penawaran.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945, sehingga angka 17, 8 dan 45 menjadi identik dengan Hari Kemerdekaan.

Merek pada umumnya menggunakan angka-angka ini dalam menawarkan diskon terkait hari kemerdekaan (diskon 17%) atau penawaran khusus (semua item seharga Rp8.000).

Beberapa bahkan menawarkan Beli 4 dapat 5, untuk melambangkan 1945. Perhatikan juga bahwa tahun ini adalah peringatan 76 tahun kemerdekaan Indonesia.

Yang berarti, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan nomor 76 dalam promo hari kemerdekaan.

Sementara pedagang offline dapat menawarkan diskon tetap di toko fisik mereka, pedagang online dapat mengadakan penjualan kilat selama tanggal tersebut.

Pertimbangkan untuk memasukkan nomor terkait hari kemerdekaan ke dalam flash sale Anda, seperti menawarkan harga khusus terbatas untuk 45 item.

 

baca juga:

Potret Perayaan 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia

 

  1. Produk bertema Hari Kemerdekaan.

Bisnis dapat memanfaatkan perayaan dengan meluncurkan produk edisi terbatas yang menangkap semangat Hari Kemerdekaan.

Tema bernuansa Hari Kemerdekaan Indonesia menampilkan garis merah dan putih, yang mewakili bendera nasional.

Jika Anda berada di sektor mode, pertimbangkan untuk menawarkan item edisi terbatas yang menampilkan skema warna tersebut.

Hari Kemerdekaan juga merupakan perayaan keragaman budaya Indonesia, serta sering diwakili oleh berbagai masakan lokal yang disajikan di seluruh nusantara.

Jika Anda berada di sektor F&B, pertimbangkan untuk menyajikan menu edisi terbatas yang berbalut hidangan lokal.

 

  1. Optimalkan promosi demi meningkatkan koversi penjualan.

Meskipun mengorganisir promosi dapat meningkatkan penjualan, pastikan bisnis Anda cukup siap untuk acara tersebut dan mampu meningkatkan potensi penjualan.

Pasalnya, dengan e-niaga dan transaksi online, tingkat pengabaian isi keranjang atau penurunan pembayaran bisa mencapai 70%.

Ini menjadikannya penting bagi bisnis untuk mengatasi dan mengurangi gesekan guna meningkatkan pengalaman pembayaran pelanggan mereka serta meningkatkan pendapatan.

Saat Anda menyambut lonjakan pelanggan yang melakukan pembelian, mungkin sulit untuk merekonsiliasi kumpulan data dalam jumlah besar.

Terutama terjadi jika Anda mengoperasikan pasar atau platform, dengan banyak lokasi, saluran, atau outlet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang mampu mengintegrasi website dengan pelaporan secara langsung.

Aplikasinya sendiri bisa ditemukan di banyak platform di internet, di mana akan memudahkan Anda melakukan riset.

Penting untuk diingat, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang diberikan platform tersebut. Anda harus membaca ulasan-ulasan dari pelanggan terdahulu.

Jika berhasil mengoptimasi keempat rekomendasi kegiatan di atas, niscaya konversi penjualan merek akan mengalami peningkatan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.